Saham

Investasi Saham BRI, Saham Blue Chip yang Pas untuk Milenial

investasi saham bri

Ajaib.co.id – Memilih investasi saham BRI yang terdaftar dengan emiten BBRI merupakan salah satu pilihan saham yang disarankan bagi investor pemula.

Mengapa? Sebab, saham ini termasuk ke dalam kategori blue chip dan bersanding dengan emiten-emiten kelas kakap lainnya, seperti BBCA, UNVR, TLKM, dan lain-lain.

Salah satu kelebihan jika kamu membeli saham blue chip adalah harga saham yang cenderung stabil, serta mudah untuk diperdagangkan di pasar modal. Jadi, saham BBRI memang layak untuk dikoleksi oleh para investor pemula, khususnya generasi milenial yang baru mulai terjun berinvestasi di pasar modal (saham).

Gambaran Singkat Bank BRI (Saham BBRI)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan perusahaan keuangan milik pemerintah Indonesia yang berfokus pada kredit usaha mikro, kecil dan menengah. Bank BRI juga telah berdiri lebih dari 100 tahun lamanya, hal ini menjadi salah satu faktor yang menunjukkan kesehatan keuangan dan kinerja perusahaan ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sebab, saat ini Bank BRI menjadi salah satu bank yang masih berfokus pada pemberian pinjaman bagi UMKM di Indonesia, sedangkan bank-bank lainnya, memilih mundur dari layanan serupa di Indonesia. Jadi, boleh dikatakan saat ini Bank BRI memiliki minim sekali kompetitor di Indonesia.

Investasi Saham BRI untuk Jangka Panjang

Pilihan untuk berinvestasi saham BRI seringkali menjadi salah satu cara atau langkah finansial yang diambil oleh generasi milenial untuk membantu mereka mencapai tujuan finansialnya. Hal ini dirasa wajar, sebab, investasi saham merupakan keputusan finansial jangka panjang, yakni lebih dari 5 tahun.

Jika kita berkaca di tahun 2009 lalu, harga saham BRI untuk 100 lot atau 10.000 saham hanya membutuhkan dana Rp4.330.000, atau satu lembar saham BRI seharga Rp433/saham. Seiring dengan berkembangnya waktu, harga saham BRI pun terus merangkak naik setiap tahunnya.

Sejak 2017, saham BRI melakukan stock split dengan rasio 1:5. Di tahun ke-10, investasi saham BRI kamu bisa memperoleh keuntungan hingga 981,25%, dengan rincian harga saham BRI per 23 Januari 2019 di angka Rp3.770/saham.

Selanjutnya, kamu bisa mengkali Rp3.770 x 10.000 saham = Rp37.700.000. Serta dalam rentang waktu 10 tahun tersebut, Bank BRI pernah membagikan dividen sebesar Rp478,8/saham atau Rp4.788.000.

Secara keseluruhan, total investasi sahammu mencapai Rp4.788.000 + Rp 37.700.000 = Rp42.488.000, di mana tingkat keuntungan yang kamu peroleh setelah 10 tahun sebesar 981,25%.

Tentu saja, hal ini semakin menambah antusias dan semangatmu sangat ingin memburu keuntungan dari investasi saham pada tahun-tahun berikutnya.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, investor milenial dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan laporan CNBC Indonesia per 31 Oktober 2019, jumlah investor di pasar modal mencapai 2,2 juta. Dari angka tersebut, 60% adalah investor saham generasi milenial.

Namun, di lain sisi salah satu alasan mengapa generasi milenial ingin berinvestasi saham adalah untuk mempersiapkan hari tuanya nanti, yaitu pensiun dini. Jika, memang benar adanya, pilihan untuk investasi saham BRI menjadi salah satu opsi yang bisa kamu pilih dan pertimbangkan sebagai dana pensiunmu nanti.

Investasi Saham BRI, Apakah Masih Layak Dikoleksi bagi Milenial?

Setelah kamu melihat tingkat pengembalian dari saham BRI selama 10 tahun terakhir (23 Januari 2009 – 23 Januari 2019), yang telah Ajaib berikan pada poin sebelumnya, pasti akan timbul sebuah anggapan. Itu kan dulu, dan bagaimana dengan prospek harga saham BRI saat ini?

Tidak dapat dipungkiri, wabah virus corona, sangat berdampak terhadap seluruh sektor di Indonesia, tak terkecuali pasar modal (saham). Banyak emiten saham seperti BBRI, BBCA, dan lainnya, mengalami penurunan harga saham.

Bahkan berdasarkan Wartaekonomi.co.id, pada 3 April 2020, investor asing memilih untuk menjual kepemilikan sahamnya di Bank BRI dengan total transaksi mencapai Rp807,64 miliar. Hal ini membuat saham BRI mengalami penurunan harga hingga 10,53% dan berada di level Rp340/saham.

Hendra Martono, CEO dan FounderAra Hunter mengungkapkan, masih ada harapan bagi emiten-emiten bank untuk dikoleksi oleh investor, seperti saham BRI. Ia merekomendasikan investor membeli saham BRI jika menyentuh level Rp3.300/saham, dan menjualnya saat berada di Rp3.600/saham. (Dikutip dari CNN per 30/3/2020).

Tercatat harga saham BRI hari ini (3/4/2020), menunjukkan penguatan 0,70% dibanding hari sebelumnya setelah aksi buyback oleh investor asing, dan berada di level Rp2.890/saham.

Cara Beli Saham BRI Melalui Produk Reksa Dana

Jika kamu ingin membeli saham BRI, kamu bisa membelinya melalui perusahaan sekuritas, dengan perlu menyiapkan uang deposit dan juga rekening saham. Namun ada juga alternatif cara lainnya, untuk menabung saham BRI melalui pembelian produk reksa dana saham di Ajaib.

Lewat pembelian saham BRI melalui produk reksa dana saham yang ditawarkan oleh Ajaib, kamu bisa langsung berinvestasi bukan hanya saham BRI saja, melainkan juga banyak saham-saham perusahaan terbaik yang ada di Indonesia. Sebut saja TLKM, UNVR, BBCA, dll.

Dana yang kamu perlu siapkan untuk berinvestasi reksa dana di Ajaib, kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp10.000 saja. Kamu sudah bisa investasi saham BRI dan juga saham-saham terbaik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa berinvestasi jenis-jenis reksa dana lainnya di platform Ajaib.

Reksa dana saham sangat cocok sekali bagi generasi milenial yang memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai dalam jangka panjang, yaitu lebih dari 5 tahun.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib berikan terkait investasi saham di Bank BRI, selain berinvestasinya secara langsung, kamu juga bisa membeli saham BRI melalui produk reksa dana saham yang dijual di platform Ajaib.

Bacaan menarik lainnya:

Husnan, Suad. (2009). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisa Sekuritas di Pasar Modal. Yogyakarta : UPP STIM YKPN


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait