Saham

Harga Saham ANDI dan Alasan Saham Ini Memiliki Prospek

harga saham andi

Ajaib.co.id – PT Andira Agro Tbk (ANDI) adalah salah satu saham yang memiliki prospek untuk investasi jangka panjang. Mungkin kamu heran, mengingat harga saham ANDI ini betah di keluarga gocap atau senilai Rp50. Lalu, apa yang membuat saham Andira Agro (ANDI) ini memiliki prospek?

Profil Singkat PT Andira Agro Tbk

Untuk menjawabnya, kamu perlu mengenal jauh saham emiten kelapa sawit ini. Berdiri pada 28 April 1995, awal perdagangan PT Andira Agro Tbk (ANDI) bergerak pada sektor perkebunan. Mereka memiliki perkebunan dan juga mengoperasikan pabrik kelapa sawit di Sumatera Selatan.

Sekian lama berdiri, pada Agustus 2018 akhirnya Andira Agro melakukan Initial Public Offering atau IPO, itulah kali pertama mereka menjual saham pertamanya lewat kode saham ANDI. Perlu diketahui, saham perusahaan ini adalah emiten ke-32 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Harga Saham ANDI dari Waktu ke Waktu

Harga saham ANDI pada Agustus 2018 berada di nilai Rp340. Hanya berselang sebulan, tiba-tiba saja harga saham ANDI per 13 september 2018 meroket hingga Rp1.470 per lembar saham atau naik hingga 635%.

Tidak lama berselang, keesokan harinya saham ANDI di-suspend oleh BEI dengan tujuan cooling down demi kebaikan pasar tunai maupun pasar reguler. Pada tanggal 17 September, ANDI sudah dapat diperdagangkan lagi.

Saham perusahaan yang memprodusen minyak sawit ini lalu menjadi sorotan di tahun awal berdirinya Saat November, saham ANDI langsung mendapatkan pengawasan ketat dari Otoritas Jasa Keuangan) karena pergerakan harga saham ANDI yang sangat liar dan tergolong anomali dalam pergerakan saham. Pergerakan ini biasa disebut Unusual Market Activity (UMA).

Selang setahun, pada 23 Oktober 2019, terjadilah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang mengambil aksi korporasi stock split satu banding lima. Harga saham ANDI yang sudah terperosok jauh dari tahun sebelumnya, yaitu Di Rp100 per lembar, dilakukan pemecahan nominal menjadi Rp20.

Terpantau hingga 16 April 2020, harga saham ANDI masih betah bertengger di harga saham terendah sebesar Rp50 per lembar saham dan membuat ANDI masuk ke keluarga saham gocap di mulai dari beberapa bulan ke belakang. Perlu kamu ketahui, saham gocap adalah saham dengan nilai nominal Rp50. Nilai ini adalah yang terendah yang ditetapkan oleh BEI.

Prospek Saham ANDI

Meskipun harga saham ANDI kian merosot, bukan berarti saham ANDI tidak memiliki prospek. Kamu harus mengetahui bahwa Indonesia adalah salah satu produsen kelapa sawit terbesar di dunia, dan Andira Agro adalah salah satu pemain di dalamnya.

Kelapa sawit adalah industri yang menjanjikan untuk masa depan. Pasalnya, kelapa sawit menghasilkan Crude Palm Oil (CPO) sebagai energi yang terbarukan. Ke depannya, CPO ini diposisikan akan mengganti minyak bumi yang memang akan habis.

Selain itu, harga saham ANDI yang senilai Rp50 adalah yang paling aman untuk sekarang ini. Pasalnya, dalam wabah virus corona, harga saham menjadi begitu volatil. Tidak sedikit saham-saham yang mengalami penurunan drastis. Sedangkan harga saham ANDI sekarang ini ada di level terendah, tetapi dengan adanya probabilitas akan naik.

Mengapa dikatakan akan naik? Seperti yang tadi redaksi Ajaib jabarkan, kebutuhan akan minyak sawit tidak terelakkan lagi. Selain itu, menelisik dengan adanya kebijakan biodiesel dalam negeri yang semakin naik. Biodiesel ini adalah bahan bakar minyak di mana minyak sawit dipergunakan.

Oleh karena beberapa faktor ini, saham ANDI sangat memungkinkan untuk bisa melejit kembali. Kapan kira-kira harga saham ANDI akan meninggalkan keluarga gocap? Ada kemungkinan setelah laporan keuangan total telah dikeluarkan.

Bagi kamu yang memang memiliki jiwa trader atau investasi jangka pendek, pastinya saham ANDI memang tidak cocok. Namun, jika kamu investor yang memang ingin menabung saham, ANDI bisa jadi pilihan yang baik. Mengingat, harga satu lot saham ANDI bisa dibeli hanya Rp5000 saja.

Demikianlah pembahasan dari saham PT Andira Agro Tbk dan prospeknya untuk investasi jangka panjang. Jika menurut kamu investasi saham ANDI masih begitu berisiko, kamu juga bisa lho memulai investasi dengan instrumen lainnya yang lebih rendah risiko, salah satunya adalah investasi reksa dana.

Bisa dibilang, reksa dana adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah dengan keuntungan yang cukup besar. Karena itu, untuk investor pemula, ada baiknya kamu mencoba produk investasi reksa dana. Kini, investasi reksa dana juga lebih praktis karena hanya dengan bermodal smartphone saja, kamu sudah bisa memulainya.

Untuk lebih simpel dan anti ribet, kamu bisa gunakan aplikasi Ajaib untuk memulai investasi reksa dana. Yuk dicoba!

Bacaan menarik lainnya:

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait