Grafik Reksa Dana Naik Turun, Begini Cara Menghadapinya

grafik reksa dana
grafik reksa dana

Memilih melakukan investasi reksa dana sedini mungkin bukanlah sesuatu yang salah. Karena dengan begitu, kamu sudah mempersiapkan masa tuamu mendatang. Grafik reksa dana naik turun memang membuat ketar-ketir bagi siapapun yang melakukan investasi disitu.

Jika grafik tidak stabil dan cenderung menurun. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi situasi seperti itu. Kamu bisa menjualnya dan mengalami kerugian, mendiamkan saja sehingga merugi atau malah menambah nilai investasi.

Memang kondisi pasar yang naik dan turun akan terus terjadi dalam investasi karena hal tersebut merupakan siklus ekonomi. Namun sudahkah kamu mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya.

Kinerja Reksa Dana

Ketika grafik reksa dana menurun tajam. Apakah kamu sudah melihat beberapa tahun kebelakang. Karena investasi bersifat jangka panjang, kamu harus melihatnya dalam periode yang cukup panjang semisal lima tahun untuk hasil lebih akuratnya.

Jadi jika kamu melihatnya dalam lima tahun kebelakang. Akan terlihat apakah grafik saat ini benar-benar turun dari titik awal atau justru turun dalam dua atau tiga tahun terakhir saja namun masih menguntungkan.

Strategi Saat Grafik Reksa Dana Turun

Penurunan grafik saham memang membuat ketar-ketir bagi pemilik saham. Hal tersebut karena investor akan mengalami kerugian lebih besar jika dibiarkan. Namun apabila terjadi penurunan grafik saham reksa dana. Ada beberapa strategi yang bisa kamu lakukan Sebagai berikut:

Lihat Lagi Tujuan Keuanganmu

Cek lagi tujuan keuanganmu. Apakah pemilihan instrumen sudah sesuai dengan jenis investasi. Karena dengan tujuan yang jelas kamu bisa menentukan jenis reksa dana apa yang akan kamu beli atau kamu jual dengan tingkat resiko yang berbeda-beda.

Tujuan keuangan akan membawamu dalam menentukan jangka waktu sebuah investasi. Bisa dua bulan, satu tahun lima tahun, 10 tahun bahkan 20 tahun lebih. Jangka waktu tersebut diputuskan sesuai dengan tujuanmu.

Jika tujuanmu untuk menyekolahkan anak sampai sarjana yang kira-kira perlu waktu 10-15 tahun lagi. Penurunan grafik reksa dana tidak perlu kamu khawatirkan. Karena biasanya dalam jenjang waktu 1-2 tahun, hal tersebut akan pulih dan memungkinakan harganya lebih tinggi.

Namun jika tujuanmu untuk membayar dalam jangka pendek seperti membayar DP. Kamu perlu mempertimbangkan langkah-langkah untuk antisipasi selanjutnya.

Mengubah Komposisi Investasi Reksa Dana

Mengubah komposisi investasi harus kamu lakukan jika dana yang saat ini kamu gunakan untuk reksa dana saham akan dibutuhkan untuk waktu dekat. Jual dan ganti ke instrumen yang lebih aman seperti deposito atau reksa dana pasar uang.

Mengubah komposisi investasi reksa dana sebenarnya tidak perlu kamu lakukan jika sedari awal sudah menentukan tujuan keuangan. Namun kebanyakan orang tergoda akan return tinggi sehingga membuat memilih instrumen yang tidak sesuai dengan tujuan keuangan.

Ketika return reksa dana saham sedang cemerlang. Banyak orang memindahkan dana pendidikan ke reksa dana saham tanpa berpikir lebih jauh lagi seperti resiko atau cocok tidaknya dengan tujuan keuangan dan mungkin menganggap return tinggi akan selamanya.

Memang return  reksa dana pasar uang dan Deposito kecil tapi itu lebih aman. Untuk investasi jangka pendek keamanan merupakan prioritas utama yang harus kamu ingat. Jika kamu berharap grafik pasar saham akan naik lagi, itu menandakan kamu enggan melepaskannya.

Rasa bersalah untuk melepasnya merupakan penghambat ketika kamu akan mengambil keputusan keuangan. Namun lebih baik mengambil keputusan yang pahit namun tepat dibandingkan dengan berandai-andai.

Menambah Nilai Investasi

Tambahkan nilai investasi mu jika tujuan keuangan sudah kamu tentukan meskipun keadaan grafik sedang menurun. Tingkatkan terus setiap bulan dan jangan dijual. Dengan syarat tujuan dari investasimu diatas lima tahun. Karena gejolak tersebut akan mereda 1-2 tahun saja.

Langkah tersebut hanya untuk kamu dengan tujuan investasi jangka panjang minimal lima tahun. Jika melihat dulu tahun 2008. Krisis besar melanda bursa saham dan diperlukan setidaknya dua tahun untuk memulihkan harga saham hingga lebih tinggi dari sebelum krisis.

Bayangkan jika kamu panik dan ingin segera menjualnya padahal dana belum terlalu dibutuhkan. Kamu pasti akan mengalami kerugian dan gagal menikmati harga saham yang sedang naik.

Pada dasarnya harga saham yang sedang menurun akan tetap naik meskipun tidak tahu kapan pastinya. Namun daripada kamu pusing melakukan analisa kapan waktu yang tepat untuk membeli, lebih baik melakukan investasi dengan rutin.

Harga yang sedang murah karena grafik menurun adalah kesempatan dan jika semakin murah, itu pertanda bagus untuk memborongnya karena nanti akan melambung lagi. Yang terpenting dana tersebut digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Mengatur Pengeluaran

Mengatur keuangan adalah langkah yang cukup efektif dalam kondisi penurunan ekonomi. Karena banyak yang dananya ditanam pada instrumen yang nilainya sedang turun sehingga membuat nilai investasinya rendah. Namun ada kebutuhan mendesak yang harus segera diselesaikan.

Jika kamu mengalami hal seperti itu. Melakukan penghematan adalah langkah terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menutupi kerugian dalam berinvestasi.

Kesimpulan

Kondisi grafik reksa dana naik turun memang menimbulkan rasa khawatir. Terutama jika kamu memiliki uang di saham ataupun reksa dana. Namun semuanya tetap bisa diatasi. Ingatlah untuk tidak terburu-buru menjualnya atau menjual dalam keadaan panik. Ingatlah kembali tujuan keuangan yang kamu lakukan, terlebih jika untuk tujuan jangka panjang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait