Milenial

8 Buku Terlaris di Indonesia, Sudah Membacanya Belum?

buku terlaris di indonesia

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini adalah deretan buku terlaris di Indonesia yang bisa menjadi referensi. Ada apa saja? yuk simak ulasan berikut ini.

Buku seringkali dianggap sebagai jendela dunia pengetahuan. Dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan. Lalu, apa saja buku terlaris di Indonesia?

Saat ini, banyak orang yang bingung ketika memilih buku. Biasanya, mereka tidak bisa memilih apa buku yang tepat dan menarik untuk dibaca.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memilih buku terlaris atau best seller di Indonesia. Buku best seller sering dicari oleh banyak orang, terutama pecinta buku.

Kamu bisa membeli buku dengan berbagai genre di toko fisik maupun online. Selain itu, banyak juga penulis baru yang bermunculan dengan karya-karya terbaiknya. Tentunya, hal itu semakin membuat kamu bingung ketika memilih buku.

Sebenarnya, kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini adalah deretan buku terlaris di Indonesia yang bisa menjadi referensi:

Daftar Buku Terlaris di Indonesia

1. Segala-galanya Ambyar

Seperti yang diketahui, manusia hidup di zaman yang cukup menarik. Dalam sisi material, hidup ini jadi terasa lebih bebas, sehat, dan melimpah dibanding zaman dahulu.

Namun, semuanya seperti rusak dan sulit untuk diperbaiki. Dengan kehadiran teknologi, edukasi hingga komunikasi, banyak orang yang merasa putus asa.

Sebenarnya, apa yang terjadi? Jika kamu tidak tahu jawabannya, maka bisa bertanya kepada Mark Manson. Ia merupakan penulis buku berjudul “Segala-galanya Ambyar”.

Buku ini mengajak para pembaca untuk menganalisa sosial manusia dan makna kehidupan dengan cara pikir yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Mark Mason dalam bukunya menjelaskan beberapa alasan dari kerasnya dunia ini ke seluruh generasi. Selain itu, ia juga menggunakan filosofi moral, ilmu pengetahuan, dan kata-kata bijak yang mengandung humor.

Buku ini dapat membuatmu tertawa dan mengubah hidupmu.

2, Atomic Habits

Buku Atomic Habits membahas salah satu pertanyaan penting, yaitu “Bagaimana cara kita untuk hidup lebih baik?” Kita telah mengetahui kebiasaan baik untuk memperbaiki, namun cara tersebut malah mudah dilupakan begitu saja.

Lalu, apa yang membuat beberapa kebiasaan menjadi lebih mudah diikuti dibanding kebiasaan lainnya? Kamu bisa menemukan jawabannya melalui buku yang satu ini.

Buku Atomic Habits berisi tips untuk memperbaiki dirimu sendiri berdasarkan ilmu sains, kemudian terdapat cara mengubah hal kecil yang dapat memberikan hasil baik.

3. How to Win Friends and Influence People

Buku berjudul “How to Win Friends and Influence People” diterbitkan pada 1936 silam dan sudah terjual lebih dari 15 juta buku. Salah satu buku terlaris di Indonesia ini telah mempengaruhi beberapa sosok terkenal, seperti Charles Manson dan Warren Buffett.

Buku ini menjelaskan kunci dari suatu relasi sesama manusia. Kemudian, buku ini juga dipenuhi wawasan dan tips agar sukses berinteraksi dengan sesama, terutama bisnis dan kehidupan sehari-hari.

“How to Win Friends and Influence People” menjadi pedoman bagi banyak orang, seperti bagaimana cara memberikan kesan pertama yang baik, trik melakukan percakapan, dan cara berurusan dengan orang lain.

4. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Selama bertahun-tahun lamanya, kita seringkali mendengar pepatah “pikiran positif merupakan kunci dari kebahagiaan dan kekayaan dalam hidup”.

Buku “Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat” karya Mark Manson ini, mengajak kamu untuk jujur terhadap diri sendiri. Sebab, manusia adalah makhluk yang sempurna.

“Tidak semua orang bisa menjadi luar biasa, ada dari kita yang menang dan kalah. Hal itu tidak adil dan bukan salah kita.” Artinya, banyak masalah yang tidak perlu kamu pedulikan agar dapat berfokus pada hal penting.

5. Guru Aini

Secara menyedihkan, kita terseret oleh arus deras sungai rutinitas dan basa-basi dari birokrasi, kemudian tunduk pada sistem yang buruk.

Konon katanya, idealisme generasi muda yang baru lulus dari perguruan tinggi bertahan paling lama empat bulan. Selanjutnya, mereka akan tumbuh sebagai pengeluh, mencari kambing hitam, dan penggerutu.

Jika benar begitu, seberapa bisa Desi mempertahankan idealismenya sebagai guru matematika di sekolah pelosok? Salah satu buku terlaris di Indonesia karya Andrea Hirata ini mengambil tema dunia pendidikan di Indonesia.

Kecintaannya terhadap sains dan matematika telah membawanya untuk menulis buku “Guru Aini”, yaitu kisah seorang guru matematika yang mempertahankan idealismenya dalam mengajar muridnya.

6. Rich Dad, Poor Dad

Buku “Rich Dad, Poor Dad” merupakan karya dari Robert Kiyosaki. Buku ini akan mempengaruhi pikiran kamu untuk memperbaiki pengelolaan keuangan yang selama ini masih berantakan.

Selain itu, kamu juga akan diajak untuk melihat aset yang menguntungkan dan hanya menghasilkan pengeluaran semata.

“Jangan membeli barang mewah sebelum Anda menciptakan aset yang dapat menutupi biaya barang mewah tersebut,” ujar Robert Kiyosaki dalam bukunya.

7. Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa

“Iya, uang bikin senang. Uang adalah kebutuhan. Uang bisa memberi kita kesempatan untuk membeli ini-itu, dan mencoba pengalaman baru. Tetapi, sampai jadi arti kebahagiaan? Sampai menjadi pemberi rasa tenang di hati? Rasanya sudah kelewatan.”

Buku berjudul “Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-apa” berisi berbagai kutipan untuk menyemangati orang yang putus asa dan khawatir mengenai masa depannya.

Alvi Syahrin mengajak kamu untuk bersikap bodo amat terhadap standar sukses yang menjadi ekspektasi, yaitu mulai mencari arti kebahagiaan menurut diri sendiri. Kita akan menjadi sesuatu, tanpa harus mengikuti kriteria.

8. Kamu Gak Sendiri

Buku terlaris di Indonesia berjudul “Kamu Gak Sendiri” mengajak kita untuk lebih jujur saat menghadapi perasaan, seperti lelah, kecewa hingga tidak tahu kapan waktu untuk beristirahat.

Seluruh perasaan tersebut harus diterima dan dilepaskan. Takut dalam hidup memang wajar, namun kamu tidak sendirian dalam menghadapi masalah kehidupan.

Itulah deretan buku terlaris di Indonesia yang bisa menjadi bahan referensi. Dengan begitu, kamu hanya tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan. Banyak wawasan yang akan kamu dapatkan ketika membaca buku di atas.

Artikel Terkait