Milenial

10 Situs untuk Buku Rekomendasi Terbaik, Mana Favoritmu?

buku rekomendasi

Ajaib.co.id – Mencari buku rekomedasi terbaik untuk masa-masa seperti ini? Ingin membaca buku-buku tentang topik yang kamu minati atau melihat apa yang baru atau sedang tren di dunia buku? Ada banyak tempat untuk mencari rekomendasi buku di internet. 

Sebagian besar situs memberikan tampilan yang sederhana dan bacaan buku gratis dan yang terbaik dari semuanya. Buku-buku rekomendasi akan membantu mencegah perasaan menyesal setelah membaca, ketika kamu pulang dari toko buku atau perpustakaan dan menyadari bahwa kamu baru saja membuang-buang waktu.

Mungkin saja kamu menyesal telah menghabiskan uang kamu yang diperoleh dengan susah payah untuk sebuah buku yang buruk yang baru saja kamu beli, di mana kamu tidak tertarik lagi untuk membacanya.

Sebelum membeli buku atau membacanya, ada baiknya kamu mengecek-nya di situs-situs ini:

1. Goodreads

Goodreads lebih dari sekadar situs untuk buku-buku rekomendasi terbaik; ini juga merupakan komunitas online untuk ulasan buku dan penilaian buku. Goodreads akan membuat rekomendasi berdasarkan apa yang sudah kamu baca atau apa yang teman kamu baca. 

Goodreads juga menyoroti apa yang sedang tren dan rilis baru yang keluar. Bangun rak buku, daftar, berpartisipasi dalam diskusi buku dan kadang-kadang bahkan penulis melakukan sesi Tanya Jawab secara online.

2. LibraryThing

LibraryThing sudah ada sejak lama. Bahkan, telah dianggap sebagai klub buku terbesar di dunia dengan lebih dari dua juta member-nya yang telah terdaftar. 

Tambahkan buku ke katalog kamu dan dapatkan rekomendasi dari sistem LibraryThing berdasarkan apa yang sedang kamu baca atau pilih “members recommendation” atau “rekomendasi anggota” untuk mendapatkan alternatif bacaan yang berbeda. 

Kamu dapat berpartisipasi dalam kelompok dan diskusi tentang sebuah buku, dan melihat penulis banyak baru dan buku-buku yang sedang tren juga.

3. What Should I Read Next

Salah satu hal terbaik tentang What Should I Read Next adalah kamu tidak perlu akun untuk masuk. Kamu cukup mengetik buku yang kamu sukai atau yang sudah kamu baca, dan mengisi daftar buku yang serupa. Ada tautan ke situs pembelian untuk setiap buku. 

Jika kamu memilih untuk mendaftar akun, kamu dapat membuat daftar buku yang telah kamu baca atau buku bacaan favorit untuk dijadikan dasar rekomendasi situs. Situs ini memiliki tampilan yang sederhana dan mudah diakses.

4. Bookish

Bookish memiliki salah satu platform yang paling menarik. Kamu bisa mendapatkan buku-buku rekomendasi khusus dengan memasukkan beberapa buku yang sudah kamu baca atau jelajahi berbagai genre. Ada artikel dan wawancara penulis, daftar buku dan ulasan. Kamu juga dapat membuat rak buku sendiri.

5. Google Play Books

Google Play Books adalah layanan distribusi digital ebook yang dioperasikan oleh Google, bagian dari lini produk Google Play. Pengguna dapat membeli dan mengunduh ebooks dan buku audio dari Google Play, yang menawarkan lebih dari lima juta judul, dengan Google mengklaimnya sebagai “koleksi ebooks terbesar di dunia”.

Buku itu dapat dibaca di bagian Buku khusus di situs web Google Play, melalui penggunaan aplikasi seluler yang tersedia untuk Android dan iOS, melalui penggunaan pembaca elektronik terpilih yang menawarkan dukungan untuk Adobe Digital Editions, melalui browser web dan membaca melalui Google Home.

Pengguna juga dapat mengunggah hingga 1.000 ebooks dalam format file PDF atau EPUB. Google Play Books tersedia di 75 negara.

6. Amazon

Dan berbicara tentang Amazon, jika kamu mencari buku yang telah kamu baca atau dengar dengan audio-book, bagian ” Customers who read this book also read” di bagian bawah, dapat menawarkan beberapa saran judul yang bagus. 

Rekomendasi mungkin terbatas, tetapi di sisi positifnya, ada ulasan editorial, ulasan pelanggan, dan contoh atau beberapa lembar sampel yang bisa kamu baca. Kamu juga dapat melihat daftar di samping kiri dan mencari berdasarkan genre yang kamu minati.

7. BookBub

BookBub berbeda karena situs ini bukan layanan rekomendasi buku seperti yang lainnya. Apa yang BookBub lakukan adalah merekomendasikan buku gratis atau sangat murah (biasanya dalam kisaran harga $0,99 – $2) berdasarkan minat dan buku yang sudah kamu baca. 

BookBub mengirimi kamu email setiap hari dengan penawaran buku untuk hari itu, sering kali di bawah judul yang mungkin kamu lewatkan.

8. Olmenta

Jika kamu tidak ingin membuat daftar buku atau rak atau mendaftar untuk membuat akun, Olmenta mungkin menjadi solusi sederhana untuk kamu. Situs ini akan merekomendasikan buku untuk kamu berdasarkan popularitas umum dan kurasi serta preferensi orang-orang yang bekerja untuk situs ini. Kamu dapat menelusuri genre juga. 

Tidak ada rintangan untuk dilewati, tetapi rekomendasinya juga tidak dipersonalisasi. Ini sederhana dan mendasar, tetapi jika kamu hanya mencari beberapa ide buku baru, Olmenta mungkin tidak akan cocok untuk kamu.

9. Whichbook

Whichbook tidak seperti situs lain, yang tidak didasarkan pada apa yang sudah kamu baca atau pada genre tertentu. Rekomendasi didasarkan pada emosi dan unsur-unsur buku ini. 

Ada serangkaian skala slider, seperti Happy-Sad, Gentle-Violent, Short-Long, Expected-Unpredictable, Easy-Demanding, dll. Kamu juga dapat menjelajahi daftar buku dan penulis, atau membuat daftar buku kamu sendiri. Whichbook mengambil pendekatan yang menyenangkan dan unik.

10. Riffle

Riffle disebut sebagai Pinterest versi buku! Lebih kecil dari Goodreads, Riffle adalah alternatif yang memiliki nuansa seperti Pinterest. Cara kerjanya adalah: kamu memberi tahu Riffle kategori yang kamu sukai, dan memasukkan beberapa buku yang telah kamu baca, lalu Riffle akan memberi saran untuk kamu, orang-orang yang bisa kamu ikuti. 

Jika kamu menyukai buku-buku yang daftarnya bagus, kamu tetap bisa mengikuti pengguna tersebut, jika tidak, kamu selalu bisa berhenti mengikuti mereka. Ketika kamu menggunakan situs lebih banyak, kamu dapat menambahkan lebih banyak daftar untuk mengikuti dan berbagi daftar kamu sendiri. 

Meskipun tidak menawarkan rekomendasi buku tertentu, itu memungkinkan kamu untuk menelusuri galeri buku-buku bacaan yang belum pernah kamu baca sebelumnya.

Nah, itu dia 10 situs untuk buku rekomendasi terbaik yang bisa kamu jadikan bahan refrensi sebelum kamu mulai membaca atau membeli buku. 

Artikel Terkait