Cara Membuat BPJS Kesehatan via Online, Praktis dan Mudah

cara membuat bpjs
cara membuat bpjs

Cara membuat BPJS Kesehatan sekarang mudah untuk dilakukan karena kamu tidak harus ke kantor BPJS, kamu hanya tinggal memanfaatkan dokumen dan koneksi internet saja.

BPJS Kesehatan  sebaiknya kamu miliki karena kamu akan mendapatkan banyak manfaat untuk kesehatanmu sendiri. Hampir semua penyakit pengobatannya di-cover oleh BPJS Kesehatan.

Selain itu untuk menggunakan layanan rawat inap pun kamu tidak perlu membayar lagi karena sudah ada BPJS Kesehatan yang menanggungnya. Karena itu setelah kamu mendaftar jadi anggota BPJS Kesehatan, pastikan kamu membayar iurannya secara rutin agar kamu mendapatkan hak yang sudah dijanjikan.

Di bawah ini adalah tahapan cara membuat BPJS Kesehatan secara online:

Masuk ke Website BPJS Kesehatan

Langkah pertama cara membuat BPJS Kesehatan secara online adalah kunjungi website BPJS Kesehatan. Sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya kamu membaca apa saja yang perlu kamu ketahui tentang BPJS Kesehatan ini. Ada aturan-aturan yang harus kamu patuhi. Setelah selesai membaca, barulah kamu lanjutkan ke sesi pendaftaran.

Mengisi Nomor KK

Cara membuat BPJS Kesehatan selanjutnya adalah isi nomor KK dengan benar.

Selanjutnya seluruh nama yang tercantum di KK akan bermunculan, kamu tinggal klik tombol lanjut.

Masukkan Data Pribadi

Setelah itu ada data pribadi yang harus kamu isi. Data pribadi ini mencakup nomor HP, alamat lengkap, dan NPWP. Pastikan semua yang kamu isi itu benar.

Memilih Faskes Tingkat I

Cara membuat BPJS Kesehatan selanjutnya adalah kamu memilih fasilitas kesehatan tingkat 1 yang biasa menjadi tempatmu melakukan pengobatan. Yang penting faskes ini terdaftar di database BPJS Kesehatan. Setelah selesai, kamu bisa melakukan tahap selanjutnya.

Upload Foto

Foto yang diupload hanya sebesar 50kb. Foto ini harus kamu perhatikan ukurannya. Jika kamu tidak memiliki foto dengan ukuran ini, pastikan kamu harus mengeditnya terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan yang ada.

Lengkapi Formulir Data

Tahapan cara membuat BPJS Kesehatan selanjutnya adalah mengisi nama peserta seluruh anggota keluarga, memilih kelas perawatan, masukkan nomor rekening bank dan nama pemilil rekening tersebut, masukkan nomor hp yang aktif, alamat email.

Konfirmasi Alamat E-mail

Jangan lupa konfirmasi alamat email. Kamu bisa melakukan konfirmasi dengan menekan link di email yang dikirim oleh BPJS Kesehatan. Setelah ini kamu akan mendapatkan nomor virtual account.

Pembayaran dan Cetak e-ID

Setelah itu kamu bisa melakukan pembayaran dan cetak e-ID sebagai kepemilikan BPJS Kesehatan. Jadi sekarang untuk punya kartu ini kamu tidak harus pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat. Kamu harus menyimpan e-ID ini dengan baik, jangan sampai hilang karena ketika hal itu terjadi kamu harus membuat laporan. E-ID ini yang harus kamu tunjukkan ketika akan melakukan pengobatan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait