Rumah Tangga Masa Kini

Cara Pasang Baru PLN Online dan Biaya yang Dikenakan

Cara Pasang Baru PLN Online dan Biaya yang Dikenakan
JIBI/Bisnis/Paulus Tandi Bone PENJUALAN LISTRIK Teknisis Pengerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) mengerjakan perawatan jaringan listrik di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (2/4). PT Perseroan Listrik Negara (Persero) akan terus melakukan efi siensi untuk menekan beban usaha seiring dengan meningkatnya harga energi primer. Saat ini kontrak pembelian listrik rata-rata sebesar US$4 sen—US$5 sen per kWh atau lebih hemat sekitar US$1 sen—US$2 sen.

Kini, kamu bisa pasang baru online untuk pemasangan listrik PLN. Sebelum PT PLN (Persero) meluncurkan listrik pintar, masyarakat menggunakan energi listrik selama satu bulan terlebih dahulu. Kemudian, membayar di bulan berikutnya. Hal itu disebut dengan sistem pembayaran listrik pascabayar. Untuk proses pengerjaannya, setiap bulan petugas PLN akan berkeliling dari satu rumah ke rumah lainnya untuk mencatat angka di meteran rumah. Mereka akan menghitung dan menerbitkan jumlah tagihan listrik PLN yang harus dibayar oleh pelanggan.

Selain pascabayar, ada sistem pembayaran prabayar. Sistem ini hadir berkat kehadiran listrik pintar atau listrik token.  Cara kerjanya, pelanggan harus membayar sejumlah biaya untuk membeli energi listrik yang akan dipakai. Sistemnya kurang lebih mirip dengan membeli pulsa ponsel. Setelah membeli pulsa listrik dari penjual, nomor atau kodenya akan dimasukkan ke Meter Prabayar (MPB) yang sudah terpasang melalui sistem token atau stroom di rumah kamu.

Dengan sistem token, kamu bisa membatasi pengeluaran listrik per minggunya. Misalnya, kamu membatasi penggunaan listrik sebesar Rp100.000 per minggunya. Hal itulah yang membuat masyarakat beralih menggunakan listrik prabayar dibanding pascabayar. Listrik token umumnya sudah terpasang di rumah-rumah baru. Jika ingin menggunakan listrik pascabayar, kamu harus melakukan pergantian atau peralihan pasang baru PLN. Saat ini, pasang baru PLN bisa dilakukan secara online. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara pasang baru PLN on line, yuk simak dulu ulasannya di bawah ini :

Panduan atau Prosedur Pasang Listrik Baru PLN

Salah satu keunggulan dari listrik pintar adalah kamu tidak perlu lagi berurusan dengan pencatatan meter yang dilakukan setiap bulan. Kamu juga tidak terikat dengan jadwal pembayaran listrik per bulannya. Buat kamu yang ingin melakukan pemasangan listrik baru PLN, berikut ini adalah prosedur yang harus dipenuhi.

a. Mendatangi Kantor Pelayanan PLN dan Membawa Dokumen yang Dibutuhkan

  • Fotokopi identitas pribadi, seperti KTP atau SIM (masih berlaku).
  • Bawa denah atau peta lokasi rumah agar memudahkan proses survei di lapangan.
  • Membawa surat kuasa jika ingin diwakilkan.

b. Pihak PLN akan Melakukan Survei Lapangan

Setelah proses pengajuan pemasangan listrik diproses, maka pihak PLN akan datang ke rumahmu untuk melakukan survei. Pihak PLN nantinya bakal mengukur jarak tiang listik dan hal-hal penting lainnya di lapangan.

c. Membayar Biaya Administrasi

Setelah survei lapangan selesai dilakukan, selanjutnya kamu diwajibkan untuk membayar proses administrasi biaya pasang listrik baru di Kantor PLN. Kamu harus menyiapkan uang untuk membayar biaya jaminan, materai, dan token listrik. Biaya yang dikenakan sekitar Rp50.000.

d. Menandatangani SPJBTL

Supaya prosesnya sah, kamu juga diharuskan untuk menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) di Kantor PLN.

Biaya Pasang Listrik Baru PLN

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 31 dan 33 Tahun 2014, bahwa sejak 2015 terdapat 13 golongan tarif baru yang telah diberlakukan. Ada juga biaya tambahan yang harus dikeluarkan ketika melakukan pemasangan listrik baru yang meliputi: Biaya Penyambungan, Uang Jaminan Langganan, dan lainnya. Dilansir dari situs resmi PLN, berikut ini adalah beberapa biaya yang harus dipersiapkan:

  • Biaya Penyambungan (BP).
  • Uang Jaminan Langganan (UJL).
  • Biaya materai.
  • Membeli token listrik perdana minimal Rp5.000.

Untuk total biaya pasang listrik baru adalah Rp1.218.000 yang sudah termasuk dengan biaya-biaya di atas (kecuali token perdana). Tidak hanya itu, ada juga biaya tambahan lain yang harus dipersiapkan, yaitu instalasi yang diberikan ke pihak PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN). Biaya yang kamu keluarkan pun tergantung dari daya listrik yang dipilih. Daya listrik yang kamu pilih harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Pendaftaran Pasang Listrik Baru PLN Melalui Online

PLN mengeluarkan sebuah inovasi terbaru yang bisa dinikmati oleh masyarakat, yaitu pemasangan listrik melalui online. Kamu bisa melakukan pemasangan listrik baru melalui online dengan PC atau smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Mengunjungi situs resmi PLN di www.pln.co.id.
  • Untuk mendaftar pemasangan baru, kamu bisa klik menu “Pasangan Sambungan”.
  • Tunggu beberapa saat muncul tampilan formulir untuk mengisi data diri dan blangko pendaftaran listrik baru online.
  • Membaca syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah membaca, kamu bisa scroll ke bagian bawah dan klik “Setuju”.
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan benar yang dan sesuai identitas pribadi.
  • Mengisi sheet data pemohon dan centang di bagian “Copy Berdasarkan Data Pelanggan”.
  • Setelah mengisi seluruh data, scroll hingga bagian bawah untuk mengisi jumlah tarif atau daya baru. Isilah dengan benar sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya, klik menu “Hitung Biaya” untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang harus dikeluarkan.
  • Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Call Center PLN di nomor 123.

Konfirmasi Pemasangan Listrik Baru PLN

Setelah melakukan pendaftaran melalui online, maka kamu akan diminta untuk memasukkan kode konfirmasi melalui situs resmi PLN sebagai konfirmasi. Sebelum memasang sambungan listrik prabayar dan pascabayar, pastikan dan sesuaikan dulu dengan kebutuhanmu.

Selain melakukan penyambungan atau pemasangan listrik baru, kamu juga bisa melakukan perubahan daya listrik secara online dengan kunjungi website resmi PLN di http://www.pln.co.id.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait