Benarkah Karir di PLN Sangat Menjanjikan? Simak Ulasannya

karir di PLN
karir di PLN

Tidak sedikit orang yang bercita-cita untuk memiliki karir di PLN yang notabenenya adalah perusahaan BUMN. Fasilitas yang bisa didapatkan antara lain jenjang karir yang terjamin, asuransi kesehatan yang sudah ditanggung, ritme kerja yang fleksibel, dan tentunya nilai gaji yang sangat bersaing.

Bahkan nilai gaji ini pun tidak kalah dengan perusahaan-perusahaan migas atau batu bara dan perusahaan lain yang resiko kerjanya lebih tinggi. Fasilitas-fasilitas menggiurkan inilah yang didapatkan karyawan dari perusahaan BUMN, termasuk PT PLN (Persero).

Diincar Milenial

Beberapa orang yang sedang mencari kerja menjadikan fasilitas-fasilitas tersebut sebagai motivasi untuk bisa memiliki karir di PLN, tidak terkecuali kaum milenial yang sedang mencari kerja. Walau banyak kaum milenial yang lebih memilih untuk kerja di perusahaan multinasional atau bahkan startup, tetapi tidak sedikit juga yang mengidamkan karir di PLN.

Selain itu, tidak hanya orang yang memang bercita-cita untuk meniti karir di PLN, banyak juga kaum milenial yang disarankan oleh orang terdekatnya untuk bekerja di PLN. Sentimen lama terhadap karir PLN yang sangat menjanjikan ini membuat pekerjaan tersebut menjadi idaman kebanyakan orang.

Namun, apakah benar karir di PLN benar-benar menjanjikan? Atau ini hanya opini beberapa orang saja karena sentimen yang telah beredar luas di masyarakat dalam jangka waktu yang lama?

Peluang Kerja di PLN

Kultur pada PLN telah berubah dari masa ke masa. Sekarang, PLN telah mengatur sistematik peningkatan karir sedemikian rupa sehingga pegawai PLN bisa saja dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi walau belum lama bekerja. Hal ini membuktikan bahwa jenjang karir benar-benar terjamin jika kamu ingin meniti karir di PLN.

Karyawan PLN dengan prestasi baik akan mendapatkan jabatan struktural dan mendapat kenaikan khusus yang dinilai dari besarnya prestasi tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa PLN sangat adil dalam menilai karyawannya. Setiap karyawan berhak mendapatkan promosi jabatan sesuai prestasi, bukan sesuai lamanya menjadi karyawan PLN.

Jenis Jenjang Karir di PLN

Secara keseluruhan PLN memiliki dua jenjang karir, yaitu jenjang fungsional (ekspertis) dan jenjang struktural. Jenjang karir fungsional terdiri dari enam level. Untuk para lulusan SMK, jenjang karir ini dimulai dari menjadi junior engineer sampai akhinya menjadi junior officer. Untuk para lulusan sarjana, jenjang karir ini dimulai dari assistant engineer atau assistant officer. Kemudian, jenjang karir struktural dimulai dari level supervisor dan manajemen.

Di setiap jenjang ada penilaian kompetisi sendiri yang disebut KPI Talenta. Penilaian ini dilakukan setiap enam bulan sekali melalui SIM KP atau Sistem Informasi Manajemen Kinerja Perusahaan. SIM KP merupakan sistem untuk mempermudah PLN memonitor kinerja para karyawan apakah sudah sesuai dengan pekerjaannya atau belum. Dari sistem ini akan didapatkan nilai KPI Talenta tersebut.

Apabila nilai yang dihasilkan bagus, maka karyawan bisa mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya. Tidak hanya pada perguruan tinggi di Indonesia tetapi PLN juga membuka kesempatan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri.

Program Sandwich

Bahkan ada pula program sandwich di mana adanya kesempatan untuk gabungan belajar di perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja masing-masing karyawan, PLN juga mengadakan EOC atau Employee of Choice. Selain untuk memperbaiki citra, hal ini juga dilakukan PLN untuk menunjukkan bahwa employee engagement perusahaan berjalan dengan baik.

PLN menawarkan kesempatan untuk peningkatan karir. Bentuknya berupa kesempatan sekolah, training, dan latihan. Pengelolaan karyawan yang memiliki kepandaian ini merupakan aset bagi PLN sendiri. Dengan ini, menjelaskan pula bahwa PLN tidak hanya menerima karyawan yang memiliki ijazah sarjana tetapi juga menerima karyawan dengan tingkatan vokasi atau di bawah lagi.

Untuk desas-desus gaji yang bersaing pun benar adanya. Seperti pada perusahaan BUMN lainnya, PLN tentu memprioritaskan karyawannya untuk memiliki kehidupan yang sejahtera. Hal ini diperkuat lagi dengan adanya perlindungan karyawan dalam kesehatan dan perlindungan hak kerja lainnya.

Minim PHK

Kasus PHK pun jarang terjadi di perusahaan BUMN ini sehingga kehidupan kamu bisa dibilang terjamin apabila benar-benar ingin meniti karir di PLN. Jarang bukan berarti tidak ada. Ada beberapa kasus PHK di PLN tetapi jumlahnya tidak terlalu besar. Kasus PHK ini pun berlandaskan alasan yang logis, seperti kinerja kerja yang sangat buruk atau pelanggaran aturan perusahaan secara terus menerus dan fatal.

Proses pemilihan karyawan yang dilakukan oleh PLN pun tidak sembarang dilakukan, yaitu melalui serangkaian tes yang juga melibatkan proses tes adaptif sehingga PLN dapat menilai calon karyawan apakah seorang konseptor atau eksekutor. Peran PLN sebagai perusahaan engineering menuntut kualifikasi yang spesifik.

Selain fasilitas dan jaminan yang diberikan di atas, ingat juga bahwa PLN adalah salah satu perusahaan BUMN. Artinya, dengan menjadi bagian dari PLN atau dengan memutuskan untuk meniti karir di PLN, kamu berarti juga turut ikut serta memajukan salah satu pilar negara. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut dan tentu saja ini merupakan kebanggaan bagi beberapa orang.

Penjaringan yang Ketat

Namun, untuk pekerjaan di PLN sendiri tidak bisa dilakukan dengan mudah. PLN memiliki standar yang cukup ketat mengenai kedisiplinan para pegawainya. Ada peraturan yang telah ditetapkan dan harus dipatuhi oleh siapapun yang memutuskan untuk memulai karir di PLN. Pelanggaran atas peraturan ini pun dapat memberikan sanksi yang berat terhadap siapapun yang melanggarnya.

Citra PLN sekarang pun mulai berubah. PLN mulai beradaptasi dan mengikuti pola serta tingkah laku kaum milenial dalam membangun citranya. PLN juga mengembangkan sayapnya dan lebih berani untuk tampil demi memperkenalkan dirinya secara lebih luas lagi. Maka itu, tidak heran apabila kita menemui PLN pada kegiatan career day atau bursa pencarian kerja. Ini adalah salah satu cara bagi PLN untuk bisa lebih dekat lagi dengan para pencari kerja, terlebih para milenial yang masih ragu untuk meniti karir di PLN.

Apakah kamu masih ragu untuk memiliki karir PLN? Memang, pola perilaku kaum milenial yang lebih suka bekerja di perusahaan multinasional atau startup sangat bertolak belakang dengan karir di PLN. Namun, kamu juga bisa menjadikan ini pertimbangan dalam meniti karir dan justru melihat ini sebagai kesempatan besar untuk memiliki kehidupan masa depan yang cerah. Selamat menentukan karirmu!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait