Inspirasi Bisnis dan Pekerjaan Part-Time untuk Mahasiswa

part-time untuk mahasiswa

Berstatus mahasiswa memberikan kesempatan untuk mulai melakukan banyak hal secara mandiri termasuk dalam hal finansial. Meskipun kerap masih ditopang oleh orang tua banyak yang melakoni kerja paruh waktu agar bisa menghasilkan uang sendiri. Apalagi banyak jenis pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang bisa dilakoni tanpa harus menganggu jadwal kuliah.

Mahasiswa biasanya berkeinginan untuk bekerja atau merintis bisnis sendiri karena berbagai motif. Ada yang memang sekadar mengisi waktu luang dengan hal yang produktif, mencari tambahan uang jajan, atau sekadar menekuni insting dengan membuka bisnis bersama teman-teman. Tentu saja ini merupakan hal yang baik karena bisa menjadi bekal skill dirimu sebelum benar-benar memasuki dunia kerja usai kuliah nanti.

Jika beberapa waktu lalu pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa biasanya berkisar dengan menjadi guru les bahasa inggris atau menjadi pelayan toko maka sentuhan dunia digital sudah menawarkan profesi yang berbeda. Kini salah satu pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang banyak dibutuhkan ialah menjadi admin media sosial online shop. Banyak pula yang menjadi driver online jika memiliki waktu luang yang cukup banyak.

Mahasiswa juga sekarang bisa dengan mudah memanfaatkan internet untuk mencari pekerjaan, lebih hemat waktu, uang dan tenaga. Dengan pilihan yang lebih beragam dan kemudahan ini tentu saja kamu bisa lebih leluasa menjatuhkan pilihan. Namun tetap saja masih banyak yang bingung dan belum memahami benar prospek bisnis atau pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang potensial untuk menghasilkan uang tambahan.

Rekomendasi Bisnis dan Pekerjaan Part-Time Untuk Mahasiswa, Alternatif Tambah Uang Jajan

Meskipun beban SKS di kampus sangat banyak, banyak mahasiswa yang mau menyempatkan waktunya untuk bekerja part-time atau freelance. Sejalan itu, banyak perusahaan yang memang membuka lowongan kerja part-time untuk mahasiswa.

Untuk kemudahan mencari pekerjaan part-time sendiri tergantung bidang yang dipilih. Bidang pelayanan ritel adalah yang paling mudah untuk masuknya. Biasanya cukup dengan bukti kelulusan SMK/SMA, kamu sudah selangkah lebih dekat dengan pekerjaan sampinganmu.

Dengan perkembangan perekonomian saat ini, peluang pekerjaan part-time untuk mahasiswa juga lebih terbuka lebar. Untuk menjadi inspirasimu, berikut adalah pekerjaan yang bisa kamu lakukan untuk menambah tebal isi dompetmu ya.

  • Barista Kedai Kopi

Pekerjaan paruh waktu yang populer belakangan ini adalah menjadi barista kedai kopi. Menjamurnya kedai kopi di seluruh Indonesia memberi kesempatan bagi banyak mahasiswa. Kedai-kedai kopi ini biasanya menerapkan sistem kerja shift. Kamu bisa membuat kesepakatan dengan manager dan karyawan lainnya dalam menentukan jadwal bekerja.

Tanpa kualifikasi yang sangat tinggi kamu bisa menjadi barista kapan saja. Satu hal yang sangat penting, barista diwajibkan memiliki pengetahuan tentang produk-produk kopi dan metode pembuatan. Jangan takut dan malu untuk meminta diajarkan seniormu.

  • Penerjemah atau Ilustrator

Jika kamu kurang suka bertatap muka dengan orang, menjadi penerjemah atau ilustrator lepas adalah pilihan yang tepat. Untuk yang satu ini mungkin tidak semua bisa dilakukan. Untuk menjadi penerjemah dibutuhkan minimal penguasaan dua bahasa yang kuat.

Selain itu kamu harus mengerti ranah dan konteks materi yang diberikan klien. Bahkan ada klien yang meminta pekerja paruh waktu untuk menguasai perangkat lunak tertentu. Dalam komunitas ilustrator paruh waktu terdapat istilah komisi (comission). Komisi adalah permintaan gambar/ilustrasi sesuai visi klien.

Karena membutuhkan kemampuan spesifik, tidak semua orang bisa menjadi ilustrator. Semakin banyaknya ilustrator membuat persaingan menjadi ketat. Terkadang perang harga tidak terelakkan.

Pada akhirnya, tidak semua klien memilih jasa yang lebih murah. Masih ada di antara mereka yang lebih mementingkan ciri khas sang ilustrator. Menggambar dan menerjemahkan bisa memakan waktu yang banyak.

Jadi, manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan. Jangan sampai kamu lalai menyelesaikan tugas kuliahmu.

  • Membuka toko online

Rekomendasi yang terakhir adalah membuka toko online. Jika kamu bingung ingin menjual apa, kamu bisa perhatikan tren makanan, fashion, dan gawai (gadget) di sosial media atau kampus. Tipe bisnis dropship sangat dianjurkan untuk mereka yang memiliki modal kecil.

Modal utama bisnis dropship adalah kemampuanmu memasarkan produk penyuplai (suplier) kepada calon konsumen. Karena dalam tipe bisnis ini kamu tidak diwajibkan memiliki barang fisik, dana awalnya sangat murah.

Jika sudah merasa percaya diri dengan kelancaran bisnis dropship-mu, kamu bisa naik level dengan menjadi toko partai besar. Tanggung jawab dan modal yang dibutuhkan pun semakin besar serupa dengan potensi keuntungan dan kerugiannya.

Karena bisnis dropship mencakup kegiatan kirim-mengirim barang, kamu harus selalu sedia di dekat gawai. Tugas lainnya sebagai dropshipper adalah memastikan barang kiriman dari penyuplai sampai dengan selamat di tempat tujuan. Semakin banyak konsumen, interaksi melalui gawai akan semakin intens. Kebijakan dalam manajemen waktu sangat diperlukan.

Menjadi mahasiswa di zaman sekarang bukan sekadar masalah belajar. Mahasiswa harus berani mengambil langkah ke depan untuk masa depannya. Tugas orangtua akan terasa lebih ringan jika tiap mahasiswa mulai sadar dalam bertanggung jawab atas kelangsungan dirinya sendiri


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait