Cara Kerja Bisnis Asuransi yang Perlu Kamu Ketahui

cara kerja bisnis asuransi
cara kerja bisnis asuransi

Cara kerja bisnis asuransi sepertinya belum diketahui oleh banyak orang. Yang mereka ketahui pada umumnya adalah perusahaan asuransi menyediakan perlindungan bagi pihak individu dan perusahaan yang membayarkan premi kepada penyedia jasa asuransi tersebut. Premi yang dibayarkan bisa diklaim atau diambil ketika terjadi kerugian terhadap sesuatu yang diasuransikan itu.

Ketika mendaftar sebuah asuransi, kamu sebaiknya berpikir dulu apakah kamu benar-benar akan membutuhkan asuransi ini. Dan pelajari juga dulu bagaimana aturan-aturan yang berlaku pada asuransi. Apakah ketika asuransi yang tidak diklaim bisa dikembalikan atau malah jadi hangus di dalam tempo waktu tertentu. Karena setiap perusahaan asuransi memiliki aturan yang berbeda-beda.

Sudah Menjadi Bagian dalam Kehidupan

Memang tidak dipungkiri asuransi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat masa kini. Asuransi yang paling umum sering dibeli produknya adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan dapat membantu kamu untuk melakukan pengobatan yang memerlukan biaya cukup besar dan juga mencakup rawat inap, rawat jalan, dan berbagai macam fasilitas lainnya. Cukup banyak manfaat asuransi ini yang bisa didetailkan lagi.

Asuransi juga tidak selamanya mahal karena banyak perusahaan asuransi yang menyediakan premi asuransi sesuai dengan target pasar yang sudah ditentukan olehnya. Jumlah premi asuransi itu juga disesuaikan dengan jumlah klaim yang didapatkan oleh polis asuransi ketika mengalami kerugian dalam menghadapi risiko.

Setiap Hal Memiliki Risiko

Asuransi ada karena segala kegiatan yang kita kerjakan itu memiliki risiko dan asuransi eksis untuk memberikan perlindungan padanya. Misalnya ketika kamu mendirikan sebuah bangunan yang dijadikan tempat bisnis restoran, bangunan tersebut bisa diasuransikan untuk asuransi kebakaran. Ketika misalnya kebakaran terjadi, maka kerugian yang didapat karena kebakaran tersebut dapat ditanggung oleh pihak asuransi.

Jadi, sebenarnya memiliki sebuah asuransi itu bermanfaat bagi siapa saja. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, seperti asuransi perjalanan, asuransi usaha, asuransi yang digabungkan dengan investasi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya individu, perusahaan non asuransi juga mendaftarkan asetnya ke asuransi demi perlindungan yang lebih terjamin.

Untuk lebih jelasnya. Berikut ini adalah cara kerja bisnis asuransi dari awal kamu mendaftar polis asuransi sampai bisa melakukan klaim asuransi ketika asuransi tersebut diperlukan.

Mendaftar Asuransi

Kamu bisa langsung mendatangi kantor perusahaan yang menyediakan asuransi. Biasanya setelah berada di kantor tersebut, kamu akan dilayani oleh salah satu pegawai kantor asuransi yang nantinya akan menjadi mitra-mu dalam melaksanakan asuransi ini. Nanti kamu akan ditanya ingin mendaftar asuransi di produk apa. Usahakan sebelum mendatangi kantor asuransi, kamu harus tahu dulu ingin mendaftar di asuransi produk yang mana. Dengan begitu kamu akan tahu tentang manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mendaftar asuransi tersebut. Jangan sampai kejadian kamu malah mendaftarkan untuk asuransi kendaraan bermotor padahal kamu sendiri tidak memiliki kendaraan bermotor. Jadi, daftar asuransi harus sesuai dengan kebutuhan.

Lalu, nanti kamu harus mengisi data berupa nama pemegang polis asuransi, nama yang tertanggung, jumlah premi yang harus dibayar per bulannya, ahli waris. Di beberapa asuransi ada yang asuransi tersebut bisa dialihkan kepada ahli waris, biasanya hal ini adalah asuransi jiwa. Dan juga kamu akan diberi tahu jumlah uang yang akan diterima ketika mengalami risiko tersebut. Pastikan semuanya dicek dengan benar karena hal ini termasuk penting.

Lalu, bagian terpenting lainnya adalah biasanya di dokumen untuk polis asuransi akan dijelaskan hal-hal yang termasuk pengecualian. Contohnya misal ketika kamu mendaftar asuransi kesehatan, untuk pemasangan kawat gigi tidak dapat ditanggung oleh asuransi. Ini harus sudah kamu ketahui sejak awal agar nantinya tidak terjadi kesalahpahaman.

Dan yang harus diketahui pemegang polis selanjutnya adalah, cara dan aturan dalam melakukan klaim asuransi. Ini harus dilihat betul dan disimpan dengan baik.

Pembayaran Asuransi

Ketika sudah mendaftar asuransi, pastikan kamu membayar sesuai dengan ketentuan. Biasanya diawal pendaftaran akan diberitahukan berapa jumlah premi asuransi yang harus kamu bayar dan batas waktu pembayaran setiap bulannya. Ini harus diingat dengan baik agar kamu tidak terlambat melakukan pembayaran. Peraturan berbagai macam perusahaan asuransi biasanya berbeda-beda. Ada yang menerapkan denda ketika seseorang terlambat membayarkan asuransinya. Ada juga yang langsung menghanguskan asuransi tersebut sehingga kamu pun tidak bisa melakukan klaim. Jadi, aturan ini pun harus diperhatikan dengan cara saksama dari awal mendaftarkan diri di sebuah polis asuransi.

Melakukan Klaim Asuransi

Ketika risiko yang tidak diinginkan terjadi, akhirnya malah terjadi, kamu bisa melakukan klaim asuransi. Klaim asuransi ini bisa saja diterima, dan bisa saja ditolak. Dan tentu kamu inginnya klaim asuransi ini bisa diterima karena kamu sudah membayar asuransi sesuai dengan perjanjian, maka seharusnya kamu berhak mendapatkannya.

Namun penolakan klaim asuransi ini bisa saja dikarenakan data-data yang kamu ajukan kurang lengkap. Dan setelah pengajuan klaim asuransi, biasanya pihak asuransi akan memeriksa apakah kamu benar-benar membutuhkan klaim asuransi tersebut atau dalam arti lain kamu tidak melakukan penipiuan. Jika dokumen bukti risiko terjadi dan data yang diajukan lengkap, maka kemungkinan diterimanya klaim asuransimu akan semakin besar.

Seperti itulah cara kerja bisnis asuransi. Perusahaan asuransi membantumu meringankan risiko atau beban yang kamu terima terkait dengan hal yang kamu asuransikan. Jadi, sudah sewajarnya jika pihak asuransi akan memberikan aturan yang sebaiknya kamu patuhi. Dan jangan lupa pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait