Ketahui Suku Bunga KPR BTN untuk Beli Rumah Seken Idamanmu

Bunga KPR BTN

Kadangkala ada banyak pasangan muda yang lebih memilih untuk membeli rumah seken dibandingkan rumah baru. Pertimbangannya beragam mulai dari lokasi, kemudahan sampai dengan kecocokan atas desain rumah yang sudah pernah ditempati itu. Kalau kamu tersebut salah satunya maka bisa memanfaatkan suku bunga KPR BTN yang ramah untuk pembelian rumah bekas.

Bank BTN alias PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk merupakan salah satu bank plat merah yang sudah terkenal sangat akomodatif untuk pengajuann kredit kepemilikan properti termasuk rumah. Tentu saja ini bukannya tanpa alasan misalnya bunga kredit terjangkau, uang muka kecil dan biaya yang terjangkau mulai dari biaya provisi sampai biaya administrasi.

Selain itu, kantor cabang bank ini juga banyak tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia sehingga memudahkan nasabah mengajukan pinjaman untuk pembiayaan apapun. Namun tak banyak yang mengetahui jika pengajuan KPR BTN tak hanya terbatas pada rumah baru saja namun juga pada rumah seken layak huni.

Suku bunga KPR BTN ini juga sama terjangkaunya. Khususnya bagi pasangan muda seperti kamu yang maish harus membagi penghasilan untuk banyak kebutuhan lainnya. Bahkan untuk tahun 2020 ini juga memberikan angin segar bagi para nasabah BTN yang ingin mengajukan kredit pembiayaan properti.

Pasalnya, Bank Indonesia telah melakukan penurunan suku bunga acuan dengan tujuan meningkatkan perekonomian nasional. Selain itu, BI juga meminta perbankan segera menurunkan suku bunga kredit. Pasalnya, bunga acuan sudah turun 100 basis poin sepanjang 2019. Tentunya saja sebagai bank negara, BTN juga akan ikut menurunkan suku bunga KPR BTN dalam waktu dekat.

Dengan demikian, impianmu untuk bisa membeli rumah seken idaman bisa segera terwujud. Kini saatnya mengetahui lebih jelas soal ragam produk KPR bank ini dan tingkat bunga KPR BTN.

Suku Bunga KPR BTN Terbaru, Angin Segar Agar Bisa Beli Rumah Idaman

Ada banyak pertimbangan yang menghambat ketika ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Mulai dari bingung memilih developer perumahan yang tepercaya, khawatir rumah yang dibangun nanti mengecewakan, sampai bunga pinjaman yang tinggi. Solusi yang bisa diambil salah satunya adalah dengan membeli rumah seken tanpa perantara developer.

Lagi pula, banyak rumah seken yang masih sangat baik kondisinya dan layak huni. Sedangkan pembiayaannya bisa mengajukan KPR dari Bank BTN. Bunga KPR BTN sendiri berlaku sama baik untuk rumah seken, rumah baru maupun belum jadi atau inden.

Bank BTN sendiri menyediakan cukup banyak produk pinjaman pembiayaan pembelian bangunan hingga 8 jenis. Namun khusus untukmu yang ingin membeli rumah seken maka salah satu yang bisa digunakan yakni KPR BTN Platinum. BTN menetapkan bunga mulai dari 8,88% dengan sejumlah persyaratan.

Bunga KPR BTN ini juga bersifat fixed hingga 1 tahun baru kemudian diberlakukan suku bunga berjalan. Fixed artinya jumlah yang dikenakan sama selama rentang waktu tersebut. Untuk lebih jelasnya, pinjaman dengan plafon maksimal Rp 250 juta akan dikenakan suku bunga fixed 2 tahun sebesar 9,49%. Sementara pinjaman sebesar Rp 250 juta sampai dengan Rp 1,5 miliar akan mendapatkan sistem fixed 2 tahun dengan suku bunga KPR BTN sebesar 8,88%.

Pinjaman ini digunakan untuk seluruh developer atau pengembang baik yang berbadan hukum maupun perseorangan. Bukan hanya rumah, suku bunga KPR BTN ini juga bisa dimanfatakan untuk membeli apartmen seken. BTN memahami minat milenial sekarang yang juga lebih suka hunian aparteen yang terasa lebih ringkas dan compact.

Selain itu, bunga KPR BTN ini juga ramah bagi kamu para freelancer yang penghasilannya tidak menentu tiap bulannya. Ketika bank lain terasa sulit menyediakan akses pembiayaan bagimu maka Bank BTN akan memberikan solusi agar kamu tidak terus-terusan tinggal mengontrak.

Hanya saja, nasabah yang tidak memiliki penghasilan tetap per bulan wajib mengendapkan uang hingga dua kali angsuran selama masa kredit. Sedangkan yang berpenghasilan tetap hanya perlu mengendapkan uang sebanyak satu kali angsuran. Selain itu,tidak diperlukan kepemilikan kartu kredit untuk mengakses pinjaman ini.

Kamu bisa mengajukan KPR rumah seken ini jika sudah berusia minimal 21 tahun dan bersedia menandatangani perjanjian kredit dan APHT (Akta Pembebanan Hak Tanggungan). Nantinya pembayaran angsuran secara auto debet dari rekening Pemohon yang bersangkutan di Bank BTN.

Adapula sejumlah dokumen yang harus disertakan saat mengajukan pinjaman. Hal yang membedakan dari pinjaman untuk rumah baru adalah untuk kredit ini kamu harus menyertakan fotokopi Sertifikat Hak Guna Bangunan/Hak Milik atau Strata Title dan Fotokopi IMB.

Jika kamu sudah mantap mengajukan pinjaman untuk membeli rumah bekas, jangan lupa siapkan dokumen lainnya seperti:

  1. Form aplikasi kredit.
  2. Fotokopi KTP pemohon
  3. .Fotokopi KTP suami/istri.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga.
  5. Fotokopi surat nikah/cerai
  6. .Fotokopi NPWP.
  7. Fotokopi rekening koran atau tabungan
  8. Pasfoto pemohon dan pasangan apabila sudah menikah.

Kalau sudah mengerti akan sistem suku bunga KPR BTN ini kamu bisa mengajukan pinjaman dengan datang ke kantor cabang BTN terdekat. Akan ada petugas yang membantumu dan memberikan solusi pembiayaan terbaik bagimu membeli rumah.

Setelah mengetahui suku bunga KPR BTN untuk membeli rumah seken yang kamu inginkan, ada baiknya kamu memahami tips dan trik dalam membeli rumah bekas. Misalnya saja, untuk rumah seken biasanya bank hanya akan mengucurkan dana maksimal 80%. Sisanya harus kamu siapkan sendiri dari kantong pribadi.

Mungkin saja jumlahnya lebih besar dibandingkan uang muka KPR untuk membeli rumah baru. Karena itu, sebaiknya negosiasikan harga rumah tersebut semaksimal mungkin. Semakin terjangkau harganya, tentunya beban pinjaman serta uang yang harus kamu keluarkan juga lebih sedikit.

Secara umum, proses pengajuan KPR untuk rumah seken juga relatif sama dengan rumah baru. Hal lain yang harus diperhatikan adalah lokasi dan kualitas rumah bekas tersebut. Selain kondisi rumah tersebut kemudian akan berpengaruh pada kualitas hunianmu, hal itu juga berdampak pada appraisal bank.

Appraisal adalah proses penilaian pihak bank kepada objek yang akan dibiayai, dalam hal ini rumah. Karena itu, aspek material bangunan, lokasi, harga, dan legalitasnya juga sangat penting. Pastikan semuanya aman sebelum mengajukan KPR BTN agar appraisal berjalan lancar. Setelah disetujui pihak bank maka tahap selanjutnya menyelesaikan perjanjian dan tanda tangan akad.

Setelah mendapatkan informasi akan suku bunga KPR BTN terbaru ini tentu kamu bisa segera memiliki rumah yang selama ini diinginkan. Selamat mengajukan kredit ya, semoga sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait