Bunga KPR BTN untuk Beli Rumah Seken

Bunga KPR BTN

Ada banyak pertimbangan yang menghambat ketika ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Mulai dari bingung memilih developer perumahan yang tepercaya, khawatir rumah yang dibangun nanti mengecewakan, sampai bunga pinjaman yang tinggi.   

Solusi yang bisa diambil salah satunya adalah dengan membeli rumah seken tanpa perantara developer. Lagi pula, banyak rumah seken yang masih sangat baik kondisinya dan layak huni. Sedangkan pembiayaannya bisa mengajukan KPR dari Bank BTN.

Bunga KPR BTN sendiri berlaku sama baik untuk rumah seken, rumah baru maupun belum jadi atau inden.

Salah satu yang bisa digunakan yakni KPR BTN Platinum. BTN menetapkan bunga 10,0% dengan sejumlah persyaratan.

Bunga KPR BTN juga bersifat fixed hingga 1 tahun baru kemudian diberlakukan suku bunga berjalan. Fixed artinya jumlah yang dikenakan sama selama rentang waktu tersebut.

Pinjaman ini digunakan untuk seluruh developer atau pengembang baik yang berbadan hukum maupun perseorangan. Selain itu, bunga KPR BTN ini juga ramah bagi kamu para freelancer yang penghasilannya tidak menentu tiap bulannya.

Hanya saja, nasabah yang tidak memiliki penghasilan tetap per bulan wajib mengendapkan uang hingga dua kali angsuran selama masa kredit. Sedangkan yang berpenghasilan tetap hanya perlu mengendapkan uang sebanyak satu kali angsuran.

Selain itu, untuk rumah seken biasanya bank hanya akan mengucurkan dana maksimal 80%. Sisanya harus kamu siapkan sendiri dari kantong pribadi, ya.

Secara umum, proses pengajuan KPR untuk rumah seken juga relatif sama dengan rumah baru. Hal lain yang harus diperhatikan adalah lokasi dan kualitas rumah bekas tersebut.

Selain kondisi rumah tersebut kemudian akan berpengaruh pada kualitas hunianmu, hal itu juga berdampak pada appraisal bank.

Appraisal adalah proses penilaian pihak bank kepada objek yang akan dibiayai, dalam hal ini rumah. Karena itu, aspek material bangunan, lokasi, harga, dan legalitasnya juga sangat penting.

Pastikan semuanya aman sebelum mengajukan KPR BTN agar appraisal berjalan lancar. Setelah disetujui pihak bank maka tahap selanjutnya menyelesaikan perjanjian dan tanda tangan akad.

Jika kamu sudah mantap mengajukan pinjaman untuk membeli rumah bekas, jangan lupa siapkan dokumen lainnya seperti:

  1. Form aplikasi kredit.
  2. Fotokopi KTP pemohon.
  3. Fotokopi KTP suami/istri.
  4. Fotokopi Kartu Keluarga.
  5. Fotokopi surat nikah/cerai.
  6. Fotokopi NPWP.
  7. Fotokopi rekening koran atau tabungan.
  8. Pasfoto pemohon dan pasangan apabila sudah menikah.

Selain penjelasan di atas, tips dan trik lain yang harus kamu pahami adalah menegosiasikan harga rumah tersebut.

Lebih baik jika kamu bisa menawar rumah seken incaran dengan harga terbaik sebelum mengajukan appraisal kepada bank. Dengan demikian, jumlah pinjaman yang harus diajukan juga bisa ditekan hingga seminimal mungkin.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait