Berbagai Jenis Uang yang Perlu Kamu Pahami!

jenis uang
jenis uang

Memahami berbagai jenis uang tentunya penting jika kamu ingin melakukan transaksi atau apabila kamu tertarik kepada dunia finansial. Perkembangan teknologi yang semakin canggih memang telah mempermudah proses transaksi jual beli antara manusia, namun sebelum terjun lebih jauh kepada jenis uang. Yuk, pahami dulu pengertian lebih mendasar tentang uang.

Definisi Uang

Sebelum terjun ke jenis uang, ada baiknya kamu memahami lebih dulu tentang apa itu uang. Secara umum, uang adalah segala sesuatu yang kamu atau orang lain gunakan sebagai alat tuka ekonomi. Sementara, alat tukar ekonomi memiliki makna segala sesuatu yang diterima oleh masyarakat dalam jumlah besar atau secara luas sebagai alat proses pertukaran barang dan jasa.

Pengertian uang di atas lebih kepada pengertian uang secara klasik. Dalam ilmu ekonomi modern, uang telah mengalami perluasan makna. Uang kini bisa juga mengacu kepada benda yang diterima secara umum sebagai alat pembayaran transaksi jual beli serta kekayaan atau aset berharga lainnya, juga bisa digunakan untuk pembayaran utang.

Dengan dua perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa uang merupakan suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat di suatu wilayah guna mengukur, menukar dan membayar sebuah barang atau jasa.

Fungsi Uang

Sebelum memahami apa itu jenis uang, guna melengkapi pengetahuan kamu tentang uang. Ada beberapa fungsi uang yang harus kamu pahami yaitu:

Sebagai satuan hitung: Melihat pengertian di atas, tentu kamu sudah memahami bahwa inti dari uang adalah satuan yang disepakati. Uang menunjukkan nilai sebuah barang dan jasa yang dilibatkan dalam proses jual beli, sebagai ukuran untuk menunjukkan besar kekayaan hingga kalkulasi besar kecilnya pinjaman. Dengan pengertian ini, uang memiliki fungsi untuk memperlancar alur aktivitas pertukaran.

Sebagai penyimpanan: Keberadaan bank ada hubungannya dengan fungsi yang satu ini. Keunikan dari fungsi ini adalah uang dapat mengalihkan daya beli di masa sekarang dengan mendatang. Hasil penjualan barang yang kamu dapatkan bisa digunakan untuk membeli sesuatu di masa mendatang.

Jenis Uang

Nah, setelah mengetahui pengertian uang dan fungsi uang, kini giliran kamu mengetahui apa saja jenis uang yang ada berdasarkan peredarannya.

Uang Kartal: Jenis uang pertama yang dibagi dari peredarannya adalah uang kartal. Jenis uang kartal adalah uang yang kamu pegang sehari-hari atau yang umum beredar di masyarakat. Kartal adalah alat pembayaran yang digunakan untuk ekonomi masyarakat sehari-hari.

Uang Giral: Jenis yang kedua menurut peredarannya adalah uang giral. Hampir sama dengan uang kartal, giral juga umum ada di masyarakat namun tidak wajib digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Uang giral biasanya dimiliki oleh kalangan masyarakat tertentu karena berbentuk simpanan yang ada di bank.

Nah, itu dia pengertian uang termasuk jenis dan fungsi uang yang harus kamu pahami. Pelajari lebih lanjut tentang uang dan dunia finansial lainnya di blog Ajaib Indonesia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait