Saham

Bentuk Candlestick Paling Menguntungkan dan Akurat

bentuk candlestick paling menguntungkan

Ajaib.co.id – Candlestick adalah chart harga saham yang membentuk satu pola untuk memprediksi naik turunnya harga saham. Ada banyak pola candlestick di dunia investasi, tetapi hanya ada beberapa bentuk candlestick paling menguntungkan. Bagaimana bentuk candlestick tersebut?

Jika kamu ingin menjadi trader saham, kamu benar-benar perlu memahami apa itu candlestick. Pada awalnya, mungkin candlestick ini terdedngar begitu asing dan sulit dipahami, tetapi jika sudah mengetahui dasar-dasarnya, kamu bisa ketagihan dengan metode membaca pergerakan saham ini.

Pengertian Candlestick

Jika diterjemahkan sesuai katanya, candlestick adalah batang lilin. Lalu apa hubungannya batang lilin dan investasi saham? Jadi, Candlestick ini adalah grafik atau chart yang memang bentuknya seperti batang lilin. Metode membaca pergerakan saham dengan candlestick ini diperkenalkan oleh Jepang kuno dan tetap digunakan hingga sekarang.

Metode candlestick pertama kali diperkenalkan oleh Munehisa Homma. Di mana, ia melihat pergerakan saham di dalam sebuah time frame yang berisi data-data seperti harga pembukaan, harga penutupan, garis konfirmasi, dan sebagainya. Candlestick ini menilai pergerakan saham berdasarkan moving average atau rerata gerakan dari saham itu sendiri.

Menganalisis saham dengan bentuk candlestick sendiri tergolong sebagai analisis disreksional, yakni analisis teknikal. Di mana, analisis ini mengedepankan intuisi dari trader terhadap pola pergerakan saham yang terjadi pada chart pada hari itu. Bilamana di dalam pola tersebut diprediksi akan ada tren naik, maka itu adalah saat yang pantas untuk membeli saham tersebut sebelum benar-benar naik.

Oleh karena itu, candlestick memang cocok untuk investasi jangka pendek yang mengambil keuntungan dari investasi hanya dalam hitungan jam, ataupun hari saja.

Bentuk Candlestick Paling Menguntungkan

Sebelum mengetahui bentuk candlestick paling menguntungkan, kamu perlu tahu bahwa candlestick ini ada dua tingkatan siaga, yakni sinyal dan konfirmasi. Sinyal ini dimaksudkan jika candlestick terlihat membentuk suatu pola yang bisa menunjukkan pergerakan naik turunnya saham. Di masa ini, trader sebaiknya menunggu konfirmasi dari pola yang terbentuk.

Nah, berarti kita sudah ada di tingkat selanjutnya, yakni tingkat konfirmasi. Seperti namanya, tingkat ini berarti pola candlestick tersebut terkonfirmasi dan besar kemungkinan arah pergerakan harganya akan sesuai prediksi. Oleh karena itu, trader sudah bisa memasang posisi.

Salah satu pola candlestick yang sederhana adalah candlestick bearish (pola bearish) ataupun candlestick bullish (pola bullish). Di mana pola bearish berarti tren akan turun, dan pola bullish berarti pola akan naik.

Namun, apakah candlestick bearish atau bullish adalah bentuk candlestick paling menguntungkan? Belum tentu, karena seiring berkembangnya zaman, sekarang ada begitu banyak pola candlestick. Untuk mengetahui bentuk candlestick paling menguntungkan, simak ulasan ini:

bentuk candlestick paling menguntungkan 1

Pola Pinbar

Pola Pinbar

Pola pinbar ini adalah bentuk cnadlestick paling menguntungkan yang sering dipakai baik untuk trading forex ataupun saham. Pasalnya, pola pinbar ini memang mudah untuk ditemui karena bentuk shadow-nya (garis panjang) yang lebih panjang daripada body (badan) dan juga nose-nya (garis pendek).

Membacanya cukup mudah, jika shadownya memanjang dibanding body dan nose-nya, maka probabilitas terjadinya reversal atau penerusan tren akan semakin tinggi.

Pola Evening Star dan Morning Star

Pola Evening Star dan Morning Star

Selanjutnya, pola yang dinilai cukup akurat adalah candlestick pola evening star dan morning star. Tanda dari pola ini bisa dikenali jika ada tiga batang candlestick yang berjajar. Bila ada yang seperti itu, maka terindikasi bahwa pelaku pasar sedang ragu. Jadi, candlestick atau batang ke-3 dari pola ini bisa memberikan konfirmasi di mana keraguan tersebut akan mengarah.

Jika kamu melihat tiga batang berjajar seperti contoh di atas, maka bisa dipastikan itu adalah pola evening star yang mengindikasikan tren akan turun dalam jangka waktu tertentu. Jika tiga batang berjajar tersebut naik, maka itu adalah pola morning star sebagai penanda tren bullish akan datang.

Pola Reversal Multi-Bar (Falling and Rising Three Methods)

pola falling dan rising three methods

Jika membicarakan keakuratan, pola reversal multi-bar yang terdiri dari pola pola Falling dan Rising Three Methods ini dipercaya paling akurat dibanding pola candlestick dengan jumlah batang yang sedikit.

Candlestick ini bisa dikenali dengan ciri khas tiga body yang terapit di tengah. Untu melihat candlestick falling three methods, kamu bisa mengkonfirmasinya jika closing bar (bodi yang menutuP lebih rendah dari opening bar. Sebaliknya pada Rising Three Methods, closing bar ditutup lebih tinggi dari opening bar.

Jika kamu ingin mencoba menganalisis pergerakan harga saham dengan chart candlestick ini, saran yang paling redaksi Ajaib tekankan adalah jangan terburu-buru. Pasalnya, kamu harus mempelajari dahulu tiap pola candlestick ini agar kamu tidak salah mengartikan pergerakan saham yang kamu incar.

Kamu pun tidak boleh terburu-buru melakukan aksi jual atau beli sebelum adanya konfirmasi yang muncul pada pola candlestick selanjutnya. Memang bila dicontohkan terlihat mudah, tetapi pada praktiknya, kamu akan melihat begitu banyak candlestick untuk diintepretasikan. Jangan sampai karena bentuknya yang hampir mirip, kamu salah mengartikannya.

Artikel Terkait