Saham

Manfaat Investasi Saham Selain Dapat Keuntungan Berlipat

Ajaib.co.id – Terdapat banyak manfaat investasi saham selain bisa mendatangkan keuntungan. Mungkin tujuan investasi utamamu adalah mendapatkan profit yang tinggi, tapi hal-hal lain di bawah ini juga perlu kamu pertimbangkan. Investasi saham bukan sekadar penambah pemasukan, karena kamu juga akan menemukan sesuatu ketika memasuki dunia pasar modal.

Untuk bisa masuk ke dunia pasar modal memang tidak main-main. Ada waktu dan tenaga yang harus bisa kamu korbankan. Hal itu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Investasi saham dikatakan sebagai instrumen investasi yang paling menjanjikan. Karena dengan modal yang relatif sedikit, kamu akan mendapatkan keuntungan yang berlipat. Namun, keuntungan yang besar itu juga diimbangi dengan risikonya yang besar pula.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk terus belajar mengembangkan kemampuan dalam melihat peluang di dunia pasar modal.

Mungkin masih ada yang ragu untuk berinvestasi saham, karena banyak mendengar berita investasi bodong yang beberapa kali disebutkan di media. Tapi sebenarnya investasi yang aman adalah investasi yang legal.Berinvestasi di pasar modal sudah jelas aman karena dipantau dan diatur langsung oleh pemerintah.

Kini saatnya kamu mengetahui manfaat investasi saham lain yang akan kamu rasakan ketika memasuki dunia pasar modal.

1. Menjadi Pemilik Sebuah Perusahaan

Jika kamu ingin memiliki sebuah perusahaan, menjadi orang yang berinvestasi di perusahaan adalah salah satu solusi tercepat yang bisa dilakukan. Kamu dianggap sebagai pemilik perusahaan karena ikut berkontribusi juga dalam penambahan dan penanaman modal perusahaan.

Keberadaan dan pendapatmu dianggap penting. Bisa saja kamu dipanggil untuk mengikuti rapat umum pemegang saham yang sesekali dilakukan dengan tujuan tertentu demi kebaikan perusahaan.

2. Bisa Jadi Warisan dan Dana Pensiun

Tahukah kamu? Kalau saham juga bisa diwariskan seperti uang, rumah, emas atau properti.  Selain itu, manfaat investasi saham, lainnya adalah bisa menjadi simpanan untuk dana pensiun.

Contohnya adalah saat Steve Jobs, pendiri apple, meninggal dunia. Isterinya, Laurene Powell Jobs, menjadi perempuan terkaya karena mendapat warisan berupa saham Apple bernilai US$ 560 juta.

Hal ini pun juga berlaku di Indonesia, bahkan ada undang-undang yang melatarbelakanginya. Pasal 833 KUH Perdata berbunyi, “Ahli waris dengan sendirinya karena hukum memperoleh hak milik atas segala barang, segala hak, dan segala piutang si meninggal.”

Saat seseorang khawatir akan keberlangsungan hidupnya, ia tidak perlu khawatir untuk menjual seluruh sahamnya, karena pewarisan saham yang diperdagangkan di bursa atau tidak, telah diatur oleh Undang-Undang No 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal (UUPM) Pasal 87 dan Pasal 88.

Lalu bagaimana saham bisa menjadi dana pensiun?

Kamu pasti sudah tahu kalau saham yang disimpan bertahun-tahun akan menghasilkan capital gain yang signifikan. Tentunya, saat nanti tua, hal itu sangat berguna bagi kamu daripada hanya sekadar menabung dan tergerus inflasi.

3. Menambah Wawasan

Investasi saham bisa dilakukan dalam jangka panjang dan pendek. Semua tergantung kamu ingin memilih yang mana. Jika kamu ingin bersenang-senang di masa depan, kamu bisa memilih investasi jangka panjang.

Manfaat investasi saham yang pertama adalah kamu akan memiliki wawasan yang sangat luas.

Saat terjun menjadi investor saham, kamu akan mempunyai wawasan yang luas. Mengapa? karena kamu dituntut untuk lebih sensitif akan informasi-informasi yang ada di dunia. Caranya tentu dengan banyak membaca semua berita.

Dengan membaca dan mengetahui berita yang ada, kamu akan mendapat informasi-informasi seputar bisnis, industri ataupun politik yang bisa menjadi pemicu para investor dalam membeli saham.

Saat masuk ke dunia saham, membaca berita akan menjadi kebutuhan untuk kamu. Secara psikologis, kamu akan terus mencari tahu berita, karena ingin selalu menganalisis keadaan pasar, khususnya industri dari produk instrumen saham kamu.

4. Menambah Networking

Manfaat investasi saham berikutnya adalah kamu bisa menambah jaringan yang luas. Meskipun kamu pemilik modal, tapi kamu tidak bisa bekerja sendirian.

Ada orang-orang yang akan bersedia membantumu dalam mencapai tujuan. Perusahaan broker tidak akan ragu untuk memberikan nasihat-nasihat yang berguna bagimu.

Kamu juga disarankan memasuki komunitas saham yang bersedia berbagi ilmu dan informasi tentang saham. Di tempat-tempat itulah kamu akan menambah rekan yang bisa dipercaya yang bersama denganmu menggapai tujuan.

Meskipun kalian punya tujuan yang berbeda, tapi karena berjuang di jalan yang sama kamu tidak akan pernah merasa sendirian. Berada di tempat yang tepat akan memotivasi kamu juga untuk tidak menyerah.

5. Muncul Mental Wirausaha

Saat kamu membeli saham dari sebuah perusahaan, bisnis dari perusahaan tersebut akan memutar uang kamu. Namanya berbisnis, tentu tak selalu mulus. Ada saatnya berada di atas dan di bawah. Bisa menjadi untung ataupun rugi. Nah, perasaan tersebut juga bakal dirasakan para investor saham.

Manfaat investasi saham, kamu jadi memiliki mental wirausaha karena merasakan sebuah capital gain (keuntungan) atau pun capital loss (kerugian)

Seringkali hal ini bikin para investor spot jantung, apalagi jika sudah membeli saham tersebut dengan dana yang banyak. Ada kalanya nilai uang saham kita mengalami penurunan yang drastis. Angka persennya jadi warna merah menyala, dan portofolio bagaikan rapot dengan banyak nilai merah.

Awalnya memang membuat mental down, tetapi percayalah lambat laun kamu akan beradaptasi dengan itu.

Jika kamu berniat untuk terjun sebagai pengusaha, tentunya lebih siap mental dan tidak terlalu kaget saat mengalami kerugian.

6. Waktu yang Fleksibel

Manfaat investasi saham lainnya adalah kamu bisa melakukan hal tersebut sembari bekerja di kantor atau kegiatan lain. Pemantauan pergerakan saham yang bisa dilakukan di mana saja, dan kemudahan dalam akses transaksi yang kini bisa dilakukan secara online, membuatmu dapat memanfaatkan waktu yang ada sebaik-baiknya.

Tidak mengherankan saat ini banyak orang kantoran, mahasiswa, atau pengusaha yang terjun ke dunia pasar modal sembari mengerjakan kewajiban mereka yang lain. Kamu disarankan bisa membagi waktu saja.

Jika kamu mampu mengatur pekerjaan dan investasi saham dengan baik, tentu keuntungan yang akan didapatkan menjadi berkali lipat. Melakukan investasi dalam bentuk saham akan membawamu ke banyak hal baru, dan bisa menjadi pengalaman yang berharga.

Sudah tertarik berinvestasi saham? Kamu bisa memulainya dengan Ajaib. Karena sekarang, Ajaib kamu dapat bertransaksi saham dari berbagai sektor industri yang ada di IDX. Banyak fitur-fitur yang disediakan oleh Ajaib untuk memudahkan kamu yang masih pemula untuk memilih saham sesuai keinginan kamu. Jangan lupa membaca panduan membuka rekening saham di Ajaib, ya.

Artikel Terkait