Analisa Saham

Bedah Saham IPO BSML, Jasa Logistik Terintegrasi

Sumber: Bintang Samudera Mandiri Lines

Ajaib.co.id – Hampir semua bahan baku yang kita terima berasal dari luar daerah kita tinggal, namun kita dapat mengakses semua itu dengan bantuan jasa logistik. Penggunaan jasa logistik dewasa ini menggunakan berbagai macam moda transportasi, namun yang paling populer adalah moda transportasi kapal laut.

Keunggulan moda transportasi kapal laut sebagai kendaraan logistik antar pulau adalah kapasitas nya yang besar serta efisien, walaupun secara waktu lebih lambat dibandingkan menggunakan pesawat, namun secara cost effective, kapal laut masih jauh lebih unggul.

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera kedatangan emiten yang bergerak dibidang logistik yang menggunakan transportasi kapal laut.

Profil Singkat Emiten

PT Bintang Samudera Mandiri Lines Tbk (BSML) merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2012, perseroan bergerak dibidang jasa pelayanan angkutan moda laut dan jasa logistik yang terintegrasi dengan sangat baik.

Jasa layanan angkutan yang dikerjakan oleh perseroan adalah angkutan barang komoditas tambang seperti batu bara, angkutan barang infrastruktur seperti semen, dan komoditas-komoditas lain seperti clinker.

Saat sebelum melaksanakan proses penawaran umum saham perdana, komposisi kepemilikan saham perseroan terdiri atas PT Goldfive Investment Capital (67,50%), Nengah Rama Gautama (17,50%), Pramayari Hardian Doktrianto (5,00%), Ariyanti Pelita Sari (5,00%), dan David Desanan Anan Winowod (5,00%)

Detail Rencana IPO Saham BSML

Perseroan melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perseroan menawarkan 370.045.000 saham atas nama dengan nominal Rp25 setiap lembar saham, atau sama dengan 20,00% dari total modal yang ditempatkan setelah proses penawaran umum perdana saham kepada masyarakat dengan harga penawarannya sebesar Rp117. 

Prakiraan struktur pemegang saham PT Goldfive Investment Capital (54,00%), Nengah Rama Gautama (14,00%), Pramayari Hardian Doktrianto (4,00%), Ariyanti Pelita Sari (4,00%), David Desanan Anan Winowod (4,00%), dan Masyarakat (20,00%)

Penjamin pelaksana emisi efek saham IPO BSML adalah PT Danatama Makmur Sekuritas.

Jadwal Penawaran Saham IPO BSML

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut:

  • Masa Penawaran Awal : 16 November – 25 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 6 Desember 2021
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum : 9 Desember 2021 – 14 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 14 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Distribusi Saham : 15 Desember 2021
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan di BEI : 16 Desember 2021

Rencana Penggunaan Dana IPO

Berdasarkan prospektus saham BSML, dana yang dihimpun dari kegiatan IPO, setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan berbagai hal, tepat nya sekitar 70% akan digunakan untuk modal kerja, sekitar 15% digunakan sebagai pinjaman yang ditujukan untuk anak usaha, dan sekitar 15% digunakan untuk pembayaran utang bank.

Kinerja Laporan Keuangan BSML

Prospektus saham BSML menunjukkan kinerja yang cukup positif. Terlihat kenaikan laba bersih pada periode 30 Juni 2021 dimana dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, terdapat kenaikan sebesar 18,45%, hal ini dikarenakan adanya dukungan pada peningkatan pendapatan.

Rasio Keuangan BSML

Berikut merupakan rangkuman rasio keuangan saham BSML selama bulan Desember 2018 hingga per Juni 2021:

Data di atas dapat disimpulkan bahwa BSML secara fundamental menunjukan pertumbuhan yang fluktuatif. Serta dari rasio pertumbuhan, rasio usaha hingga keuangan menunjukan pertumbuhan yang sangat positif.

Kebijakan Dividen BSML

Prospektus saham IPO BSML menuturkan bahwa pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian dividen, dengan skema yang akan ditentukan kemudian hari.

Prospek Bisnis BSML

Lokasi dan Rute Operasi Perseroan

Sumber: Prospektus Usaha

Persaingan dalam industri kapal cukup ketat, namun barrier of entry pada sisi industri cukup tinggi, dan diatur oleh regulator dengan difasilitasi Asosiasi Perusahaan Perkapalan, sehingga kondisi persaingan cukup kondusif.

Beberapa pesaing perseroan diantaranya : PT Pelita Samudera Shipping Tbk, PT Trans Maritim, PT Mitra Bahtera Segara Sejahtera Tbk, dan PT Bahtera Adhiguna. 

Berdasarkan jumlah aset yang beroperasi diantara perusahaan sejenis, saat ini BSML baru memiliki pangsa pasar sebesar 2%. BSML kedepannya membidik target pangsa pasar sebesar 6% melalui pengembangan aset dalam 5 tahun kedepan.

Adapun prospek kinerja BSML kedepan dapat ditinjau dari perkembangan industri tambang khususnya batu bara dan nikel yang semakin meningkat, terutama setelah pemerintah meningkatkan fokus pada perkembangan industri baterai di Indonesia yang membutuhkan supply akan komoditas nikel.

Kondisi ini akan semakin meningkatkan kebutuhan akan angkutan barang tambang tersebut.

Selain itu, peningkatan investasi smelter di Indonesia akan berpotensi meningkatkan kebutuhan transportasi barang tambang, Meningkatnya operasi pelabuhan baru memiliki potensi peningkatan pangsa pasar untuk jasa layanan pengurusan dokumen kapal dan atau general agency.

Kesimpulan

Berdasarkan kinerja pada laporan prospektus, saham BSML memiliki fundamental yang cukup bagus dan sangat menarik, walaupun liabilitas cukup tinggi, namun sebagian dana IPO digunakan untuk menurunkan liabilitas kinerja BSML dan menjaga kinerja keuangan tetap sehat.

Dengan target pasar yang prospect serta potensial target kinerja usaha kedepannya akan menjadi lebih jelas dan terarah.

Dengan prospek kinerja saham BSML yang bagus, maka perusahaan ini layak untuk dimasukan kedalam watchlist teman-teman.

DisclaimerInvestasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Artikel Terkait