Investasi

Lembaga Keuangan Bukan Bank, dari Bursa Efek sampai Koperasi

Lembaga Keuangan Bukan Bank, dari Bursa Efek sampai Koperasi

Lembaga keuangan bukan bank (LKBB) adalah semua lembaga atau badan yang melakukan aktivitas keuangan, baik secara langsung maupun tidak langsung menghimpun dana dari masyarakat dengan menerbitkan surat-surat berharga, dan menyalurkan dana untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan.

Macam-macam LKBB di antaranya adalah perusahaan asuransi, Perum Pegadaian, pasar modal (Bursa Efek Indonesia), dana pensiun (Taspen), koperasi simpan pinjam, perusahaan sewa guna (leasing), perusahaan anjak piutang, pasar uang, modal ventura, dan lain-lain. Berikut penjelasan mengenai beberapa lembaga keuangan bukan bank yang biasa kita temui:

Perusahaan asuransi

Perusahaan asuransi menghimpun dana dari peserta dengan tujuan memberikan perlindungan dari risiko kerugian. Misalnya, asuransi kendaraan yang menanggung biaya jika mobil mengalami kerusakan tertentu. Contoh lainnya, asuransi jiwa yang memberikan biaya santunan bagi keluarga yang pencari nafkahnya meninggal dunia.

Pegadaian

Perusahaan pegadaian memberikan fasilitas pinjaman dengan jaminan atau tanpa jaminan. Siapa pun dapat memperoleh pinjaman dana dengan menjaminkan emas, bukti kepemilikan kendaraan, atau rumah. Salah satu perusahaan pegadaian terbesar dan tepercaya di Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara PT Pegadaian (Persero).

Perusahaan dana pensiun

Perusahaan ini mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan dana pensiun. Misalnya, Pegawai Negeri Sipil yang sudah pensiun akan memperoleh dana pensiun setiap bulan melalui PT Taspen (Persero). Dana pensiun diperoleh dari sebagian kecil gaji yang disisihkan selama masih bekerja.

Koperasi simpan pinjam

Seperti namanya, koperasi ini melaksanakan kegiatan simpan pinjam bagi para anggota. Simpan pinjam diterapkan dengan prinsip gotong-royong dan kekeluargaan untuk membantu sesama anggota demi kesejahteraan. Koperasi simpan pinjam bisa ditemui dalam bentuk Koperasi Unit Desa (KUD), Koperasi Serba Usaha (KSU), dan Koperasi Pasar.

Perusahaan leasing

Perusahaan leasing atau pembiayaan keuangan menawarkan pembiayaan kredit atau tunai untuk barang-barang tertentu. Tak hanya untuk perorangan, tawaran pembiayaan juga diberikan untuk perusahaan. Contoh perusahaan leasing misalnya PT Adira Dinamika Multi Finance, PT Summit Oto Finance, PT Astra Credit Companies, dan sebagainya.

Pasar modal

Pasar modal memiliki kegiatan berupa penawaran dan perdagangan efek, dan menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli modal. Penjual tersebut adalah perusahaan yang membutuhkan modal (emiten), sedangkan pembelinya adalah pihak yang ingin membeli modal di perusahaan yang dianggap menguntungkan (investor atau trader). Lembaga yang menjalankan aktivitas pasar modal adalah Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan anjak piutang

Kegiatan perusahaan anjak piutang meliputi pengambilalihan tagihan suatu perusahaan dengan fee dan pembelian piutang perusahaan dengan harga sesuai kesepakatan. Selain itu, perusahaan ini juga mengelola usaha penjualan kredit suatu perusahaan.

Itulah tadi beberapa contoh lembaga keuangan bukan bank yang ada di sekitar kita. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasanmu untuk makin cerdas dalam mengelola keuangan.

Bacaan menarik lainnya:

Sirri, E. R., & Tufano, P. (1998). Costly search and mutual fund flows. Journal of finance, 1589-1622.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait