Menabung di Pegadaian Dapatnya Emas, Apa Bisa?

menabung emas di pegadaian
menabung emas di pegadaian

Semua orang diajari menabung sejak dini. Tujuannya adalah bisa mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu. Biasanya orang menabung di celengan atau bank namun kini ada inovasi lebih baik dengan cara menabung di pegadaian. Istimewanya adalah menabung lewat lembaga gadai ini akan memberi imbal hasil berupa emas batangan.

Apakah mungkin? Jawabannya jelas mungkin dengan mengikuti program menabung emas di pegadaian. Bahkan produk keuangan ini menjadi salah satu cara investasi emas aman dan tepercaya karena melalui salah satu Badan Usaha Milik Negara. Tentu saja cara ini akan jauh lebih praktis dan bermanfaat bagi kondisi keuanganmu.

Misalnya saja kamu tak perlu takut kalap menghabiskan uangmu untuk hal yang tak bermanfaat dengan uang tabunganmu. Kebanyakan orang salah mengalokasikan dana tabungannya sehingga jerih payahnya berlama-lama itu tidak ada hasilnya. Misalnya malah pergi liburan atau belanja sepuasnya dengan uang tabungan.

Menabung di pegadaian akan menghindarkanmu dari masalah yang dimunculkan dari kebiasaan belanja impulsif tersebut. Bahkan kamu tak perlu repot mengisi formulir pembukaan rekening sebagaimana di lembaga perbankan. Menabung emas di Pegadaian bisa dilakukan secara online dengan minimal uang sebesar Rp50.000.

Sejak dahulu kala, emas menjadi instrumen paling menggiurkan dalam rencana keuangan di masa depan. Intinya, emas adalah aset penting untuk menyimpan kekayaan yang kamu punya. Sering perkembangan zaman, cara menabung emas semakin praktis, kamu tidak perlu bolak-balik ke toko untuk membeli emas. Sekarang, bisa dilakukan secara digital melalui Pegadaian yang memiliki fitur Tabungan Emas Pegadaian.

#Apa itu Tabungan Digital Emas?

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menabung emas di pegadaian, kamu harus mengetahui dulu apa itu Tabungan Digital Emas? Tabungan ini merupakan layanan penitipan saldo emas yang mempermudah kamu dalam melakukan investasi emas. Produk Tabungan Emas ini memungkinkan kamu dalam melakukan investasi emas secara mudah, murah, aman, dan tepercaya.

Sehingga, dengan memanfaatkan tabungan emas digital ini kamu bisa membeli emas secara menyicil dengan harga terjangkau. Tabungan emas digital pun menyediakan fasilitas menjual emas yang kamu beli secara online bahkan kamu bisa mencairkan dana; baik dari dana tabungan atau hasil penjualan emas kamu.

#Menabung Emas di Pegadaian

Hal wajib yang perlu kamu ketahui adalah Tabungan Emas merupakan emas batangan yang dimiliki pemilik rekening berdasarkan perjanjian jual beli emas dan penitipan emas yang disetujui oleh Pegadaian dan Pemilik Rekening. Dengan kata lain, tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titip. Jika kamu bertanya, apakah Pegadaian membeli emas fisik ketika terjadi transaksi di Tabungan Emas? Jawaban iya, Pegadaian membeli emas fisik dan menitipkan untuk kamu.

Untuk menabung tabungan emas di pegadaian, kamu bisa melakukan pembukaan rekening tabungan emas mulai dari 0,01 gram dan maksimal 100 gram per CIF (Customer Information File) per hari. Untuk membuka rekening, kamu bisa langsung datang ke outlet pegadaian atau membuka tabungan emas lewat aplikasi Pegadaian digital.

Untuk membuka rekening di sini, kamu diharuskan membayar biaya administrasi sebesar Rp30 ribu sebagai biaya fasilitas titipan selama 12 Bulan dan pembelian saldo awal sebesar Rp70.000. Biaya pembukaan dan saldo awal ini harus dibayar sebelum tabungan emas bisa dibuka.

Biaya pembukaan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital paling murah dibandingkan pembukaan di outlet Pegadaian atau via agen Pegadaian. Selain mudah, pembukaan online juga lebih murah.

Beli dan Jual emas melalui Tabungan Emas dilakukan berdasarkan harga beli dan harga jual yang ditetapkan oleh Pegadaian. Tidak bisa menggunakan referensi harga lain, selain yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Harga emas beli dan jual setiap hari bisa dilihat di aplikasi Pegadaian Digital.

#Top Up via Aplikasi

Menabung emas atau top up bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian digital yang di dalamnya terdapat fasilitas di tabungan emas. Minimal pembelian Rp50.000 dan maksimal Rp10 juta per hari.

Saldo tabungan emas bisa dicairkan menjadi uang tunai dengan cara saldo titipan emas dijual kembali (buyback) melalui aplikasi Pegadaian Digital. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0,1 gram dan biaya transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital dikenakan Rp2.500 untuk biaya administrasi bank.

Saldo di tabungan emas bisa dipindahkan antar rekening lewat fasilitas transfer saldo emas. Transfer saldo Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan minimal transaksi sebesar 1 gram. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0,1 gram. Biaya transfer melalui aplikasi Pegadaian Digital Rp 0.

Fisik logam mulia bisa diperoleh cukup mudah dengan nasabah datang langsung ke outlet pegadaian dan meminta pihak pegadaian mencairkan tabungan emas untuk dicetak dalam bentuk emas. Kamu, sebagai nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, hingga 100 gram.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, di bawah ini Ajaib akan memberikan beberapa poin yang harus kamu ketahui mengenai kelebihan dan kekurangan investasi emas. Apa saja itu?

Kelebihan Menabung di Pegadaian Selain Dapat Emas Batangan

Menabung di pegadaian memberikanmu banyak kelebihan dibanding sekedar menyimpan uang di rumah atau rekening bank. Berikut kelebihannya untuk menjadi salah satu pertimbanganmu.

1 Pembelian Emas Dengan Harga Terjangkau

Jika biasanya kamu harus mengumpulkan dana hingga minimal seharga emas saat ini, mungkin kamu butuh waktu beberapa bulan untuk membeli emas. Nah, ini tidak terjadi lagi dengan investasi emas. Di mana, hanya dengan Rp10.000, kamu bisa membuka rekening tabungan emas. Dan jika jumlahnya dirasa cukup sesuai dengan emas yang ingin kamu beli, kamu bisa melakukan pencairan tabungan tersebut dan meminta pihak pegadaian untuk mencetak emas yang telah kamu simpan pada rekening tersebut.

2 Pilih Emas Bersertifikasi

Saat ini banyak sekali kasus pembelian emas. Hal ini dikarenakan sulitnya orang membedakan mana emas asli atau palsu, belum lagi mereka harus memastikan berapa gram emas tersebut. Jika kamu tidak teliti, bisa saja kamu terkena tipu oleh pihak ‘nakal’. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa membeli emas yang bersertifikat, seperti produk Antam atau Pegadaian.

3 Mudah dan Cepat Dicairkan

Tabungan emas bersifat likuid, sehingga kapanpun kamu butuhkan tabungan ini mudah dicairkan dan digunakan. Skala kemudahannya bahkan lebih tinggi dibanding jenis investasi lain seperti tanah atau properti.

Jika kamu sudah mendapatkan emas secara fisik atau tabungan kamu sudah mencukupi dan emas menjadi milik kamu, dengan begitu kamu bisa menjualnya kembali atau menggadaikan emas tersebut di pegadaian. Di mana, nantinya kamu akan mendapatkan nominal harga taksir dan jual yang sesuai dengan kebijakan pegadaian. 

4 Lebih Aman

Untuk berinvestasi emas batang atau logam mulia, kamu perlu menyimpannya dengan aman di dalam safety deposit box di bank. Namun, dengan Pegadaian kamu tidak perlu bingung lagi masalah keamanannya. Karena kamu bisa meminta Pegadaian untuk menyimpannya dengan lebih aman.

5 Transaksi Mudah

Tidak perlu lagi datang ke bank atau ke lembaga atau bahkan toko emas. Dengan Pegadaian, kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah secara online, kapan dan di mana saja melalui transfer bank. Kamu juga bisa melakukan Top up saldo tabungan emas melalui ATM ataupun channel perbankan, seperti internet Banking, mobile banking, virtual account, dan sebagainya. 

6 Bebas Pajak dan Aturan

Untuk berinvestasi emas, kamu tidak akan dibebankan pajak atas kepemilikan tabungan emas. Sebanyak dan seberat apapun emas yang kamu miliki, tidak ada pajak maupun peraturan yang mengikat. Hal ini akan berbeda jika kamu melakukan tabungan berbentuk uang tunai. Bukan hanya pajak, kamu juga tidak akan dibebankan administrasi setiap bulannya.

Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian 

Menabung di pegadaian dan kemudian mendapatkan emas sebagai hasil akhirnya memang belum umum di masyarakat. Sebagai suatu inovasi investasi baru, tentu saja ada kekurangannya yang perlu kamu pertimbangkan. Agar lebih berimbang, berikut ada minus dari cara menabung baru ini.

1 Berat Minimal untuk Dicairkan

Untuk mencetak atau mencairkan tabungan emas menjadi emas batangan, logam mulia, ataupun koin emas, kamu harus memiliki saldo dengan jumlah minimal emas batangan 5 gram. Selain itu, untuk membuka rekening tabungannya, kamu harus memiliki saldo minimal 0,1 gram.

2 Terdapat Kurs Beli dan Jual

Dalam Pegadaian kamu akan mengenal kurs beli dan kurs jual emas, sehingga jika kamu menjaminkan tabungan emas, maka akan terjadi selisih yang dikarenakan perbedaan kurs.

3 Hanya ada di Cabang Tertentu

Untuk mendaftar atau membuka tabungan emas di Pegadaian, kamu harus datang terlebih dahulu ke cabang pegadaian terdekat dengan membawa KTP lalu melakukan registrasi. Namun, sebelum datang ke sana, kamu harus mengecek terlebih dulu apakah cabang tersebut memiliki program Tabungan Emas atau tidak. Karena tidak semua cabang Pegadaian memiliki program ini. Cek cabang Pegadian yang memiliki program ini di Pegadaian.co.id/jaringan-cabang.

Selain itu, untuk mencetak tabungan emas kamu hanya bisa melakukannya di tempat kamu membuka rekening tersebut.

4 Ada Biaya Administrasi dan Biaya Fasilitas Titipan

Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya cetak ketika ingin mencetak emas yang kamu miliki pada tabungan emas tersebut.

5 Belum Bisa Daftar Online

Untuk saat ini, kamu hanya bisa membuka Tabungan Emas dengan mengunjungi outlet Pegadaian secara langsung. Belum ada fasilitas daftar secara online. Sebelum datang ke outlet terdekat, siapkan dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku.

Sekarang, kamu tunggu apalagi. Segera menabung emas di Pegadaian untuk menambah pundi-pundi kekayaan kamu. 

Kenapa Harus Investasi Emas?

Banyak investor pemula yang memilih investasi emas. Kenapa harus emas? Padahal masih ada investasi lainnya seperti reksa dana ataupun saham? Di bawah ini adalah beberapa hal yang sering menjadi alasan oleh investor pemula lebih memilih investasi emas

a. Investasi Emas Tidak Akan Mengalami Kebangkrutan

Kita anggap saja investasi emas ANTAM. Investasi ini bisa dibilang tidak akan pernah mengalami kebangkrutan. Emas batangan tidak seperti saham perusahaan atau usaha lain yang bisa saja tiba merugi dan mengalami kebangkrutan. Ketika sudah terjadi kebangkrutan, biasanya orang yang berinvestasi di perusahaan atau saham tersebut akan mengalami kerugian dalam jumlah yang besar.

Namun tidak berlaku bagi investasi emas. Di mana, uang yang kamu investasikan sudag dialihkan pada emas batangan dan emas tersebut tidak akan menyusut atau menghilang. Berbeda dengan saham atau produk investasi lain, uang dialihkan dalam bentuk kepemilikan yang ditandai dengan adanya dokumen sebagai bukti kepemilikan atas saham. Kamu tidak akan memegang produk investasi tersebut secara langsung dalam bentuk fisik, namun hanya melalui dokumen yang ada, tanpa dokumen kamu tidak bisa membuktikan kepemilikan atas saham tersebut.

Sedangkan, ketika kamu berinvestasi emas, kamu bisa memilikinya secara fisik, berapa pun harganya di masa depan, kamu masih bisa menjual emas dan mendapatkan uang. Itulah kenapa orang-orang sering menyebut emas batangan merupakan produk investasi aman.

2. Harga Emas Jauh Lebih Terjangkau

Kini, untuk bisa berinvestasi emas, kamu tidak perlu menunggu uangmu cukup untuk membeli emas minimal 1 gram di toko langsung atau beli emas secara online. Sekarang, kamu bisa membeli emas secara online, seperti di Pegadaian. Ini tentu bisa dilakukan kamu kapan dan di mana saja. Selain itu, investasi emas online juga memungkinkan kamu membeli emas d ngan enominal kecil, sehingga kamu tidak perlu lagi menunggu uangmu cukup untuk membeli emas per 1 gram. Karena di Pegadaian, kini kamu sudah bisa membeli emas minimal 0.01 gram. Hal ini tentu mempermudah kamu bukan?

Meski membeli secara digital dan tidak langsung dimiliki, bukan berarti kamu tidak memiliki emas batangan. Kamu hanya menitipkan emas dan jumlah emas dicatat di akun milikmu. Kemudian, ketika kamu ingin memilikinya secara fisik, kamu bisa meminta pihak pegadaian untuk mencetaknya dan mengirimkan emas tersebut ke alamat yang kamu cantumkan..

3. Emas Tahan Terhadap Inflasi

Emas juga dipercaya dapat bertahan dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Saat nilai uang semakin turun, harga emas batangan justru semakin tinggi. Hal ini tentu sangat menguntungkan bukan? Inflasi merupakan situasi yang bisa menakutkan bagi banyak orang dan di saat itulah mereka akan memilih alternatif lain untuk mengamankan uang dan harta mereka, salah satunya dengan beralih ke emas batangan. Permintaan yang tinggi tersebut akan membuat harga emas batangan naik.

4. Emas Batangan Memiliki Risiko yang Kecil

Bukan berarti tidak memiiki risiko, investasi emas memiliki risiko namun tidak sebesar investasi lainnya. Risiko investasi emas bisa kamu perkirakan dengan mudah. Kamu bisa menghitung selisih nilai beli dan jual emas atau biaya lain yang mungkin mengurangi total uang yang kamu keluarkan saat beli emas tersebut. Sedangkan ini tidak berlaku ketika kamu membeli saham.

Namun, jika kamu menjual emas setelah menyimpannya setelah beberapa waktu, kemungkinan harga emas telah naik dan sekalipun ada potongan tidak terlalu besar. Dengan begitu, kerugian yang akan kamu terima bisa lebih diminimalkan dan kamu tidak akan kehilangan uang, dan bisa mendapat keuntungan.

5. Investasi Emas Mudah Dicairkan

Ketika kamu berinvestasi deposito berjangka, biasanya kamu akan dikunci dengan jangka waktu yang telah ditentukan di awal. Jika dicairkan lebih cepat, kamu bisa saja mendapat kerugian atau denda yang harus dibayarkan. Namun, jika emas batangan, kamu bisa menjualnya kapan pun dan mendapatkan uang saat itu juga. Selain itu, kamu juga bisa menjual emas batangan di berbagai tempat, dan kamu bisa membandingkan harga jual kembali untuk mencari keuntungan.

6. Tidak Memerlukan Pengetahuan Khusus

Ketika kamu ingin bermain saham, tentu kamu harus belajar saham dengan baik agar tidak salah memilih perusahaan atau emiten yang ingin kamu danai. Nah, ini tidak perlu ketika ingin berinvestasi emas. Kamu tidak perlu belajar analisis pasar atau ilmu khusus lainnya, kamu hanya perlu beli emas saat harga turun, simpan hingga beberapa tahun, dan jual saat kamu butuhkan atau saat harga emas mencapai titik tertinggi.

7. Proses Beli yang Mudah

Seperti halnya konsep investasi yang mudah, kamu juga bisa beli emas di banyak tempat. Untuk memastikan kamu mendapat emas batangan yang asli, sebaiknya beli emas di tempat terpercaya, seperti butik ANTAM, Pegadaian, atau tempat yang memang menjadi reseller resmi ANTAM. Dengan begitu, kamu sudah bisa meminimalkan risiko kerugian. Jadi, usahakan selalu membeli emas di tempat yang memang direkomendasikan dan terkenal akan keamanannya.

8. Bisa Dikelola Sendiri

Kamu tidak lagi membutuhkan manajer investasi. Dengan membeli emas, pengelolaan investasi ini sangat mudah dan tidak akan menyulitkan siapa pun investornya. Karena tidak memerlukan ilmu dan pengetahuan khusus, kamu bisa mengelola emas batangan sendiri. Kamu hanya perlu menyediakan tempat penyimpanan emas yang aman, dan cobalah periksa emas batanganmu secara berkala sebelum akhirnya kamu jual untuk mewujudkan tujuan investasi.

Itulah beberapa fakta mengenai investasi emas dan cara menabung di Pegadaian. Jadi, dari beberapa penjelasan di atas apa kamu tertarik memulai investasi emas? Atau mungkin lebih tertarik dengan saham? Mungkin jika saat ini kamu kurang tertarik dengan investasi emas dan takut memulai investasi saham, kamu bisa memulainya dengan investasi reksa dana.

Dengan investasi reksa dana, kamu tidak perlu menyimpan emas dengan aman di rumah. Kamu hanya perlu menyimpan dana di suatu aplikasi seperti Ajaib yang telah tersertifikasi OJK dan tentukan tujuan investasimu. Dengan begitu, manajer investasi tepercata akan membantu kamu mengelola dana tersebut sesuai dengan return dan risiko yang kamu inginkan. Jadi tunggu apalagi? Apapun investasi yang kamu pilih, jangan tunda lagi, mulai investasi sekarang juga!

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait