Bagaimana Cara Menabung Emas di Pegadaian?

menabung emas di pegadaian
menabung emas di pegadaian

Menabung emas di pegadaian menjadi salah satu cara investasi emas aman dan terpercaya karena melalui salah satu Badan Usaha Milik Negara. Menabung emas di Pegadaian dilakukan secara online dengan minimal uang sebesar Rp50.000.

Sejak dahulu kala, emas menjadi instrumen paling menggiurkan dalam rencana keuangan di masa depan. Intinya, emas adalah aset penting untuk menyimpan kekayaan yang kamu punya.

Sering perkembangan zaman, cara menabung emas semakin praktis, kamu tidak perlu bolak-balik ke toko untuk membeli emas. Sekarang, bisa dilakukan secara digital melalui Pegadaian yang memiliki fitur Tabungan Emas Pegadaian.

Menabung Emas di Pegadaian

Hal wajib yang perlu kamu ketahui adalah Tabungan Emas merupakan emas batangan yang dimiliki pemilik rekening berdasarkan perjanjian jual beli emas dan penitipan emas yang disetujui oleh Pegadaian dan Pemilik Rekening. Dengan kata lain, tabungan emas merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titip.

Jika kamu bertanya, apakah Pegadaian membeli emas fisik ketika terjadi transaksi di Tabungan Emas? Jawaban iya, Pegadaian membeli emas fisik dan menitipkan untuk kamu.

Menabung emas di pegadaian secara online lewat aplikasi Pegadaian digital dikenakan biaya biaya Fasilitas Titipan selama 12 Bulan Rp. 30.000 dan Pembelian Saldo Awal sebesar Rp. 70.000. Biaya pembukaan dan saldo awal harus dibayar sebelum tabungan emas bisa dibuka.

Biaya pembukaan secara online lewat aplikasi Pegadaian Digital paling murah dibandingkan pembukaan di outlet Pegadaian atau via agen Pegadaian. Selain mudah, pembukaan online juga lebih murah.

Beli dan Jual emas melalui Tabungan Emas dilakukan berdasarkan harga beli dan harga jual yang ditetapkan oleh Pegadaian. Tidak bisa menggunakan referensi harga lain, selain yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Harga emas beli dan jual setiap hari bisa dilihat di aplikasi Pegadaian Digital.

Top Up via Aplikasi

Menabung emas atau top up bisa dilakukan secara online lewat aplikasi Pegadaian digital yang di dalamnya terdapat fasilitas di tabungan emas. Minimal pembelian Rp50.000 dan maksimal Rp10 juta per hari.

Saldo tabungan emas bisa dicairkan menjadi uang tunai dengan cara saldo titipan emas dijual kembali (buyback) melalui aplikasi Pegadaian Digital. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0.1 gram dan biaya transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital dikenakan biaya administrasi bank Rp 2.500.

Saldo di tabungan emas bisa dipindahkan antar rekening lewat fasilitas transfer saldo emas. Transfer saldo Tabungan Emas melalui aplikasi Pegadaian Digital dengan minimal transaksi sebesar 1 gram. Saldo rekening minimal untuk transaksi jual kembali atau transfer adalah 0,1 gram. Biaya transfer melalui aplikasi Pegadaian Digital Rp 0.

Fisik logam mulia bisa diperoleh cukup mudah dengan nasabah melakukan order cetak logam mulia via online di aplikasi.

Nasabah dapat melakukan order cetak dengan pilihan keping  1, 2 , 5, 10, 25, 50, hingga 100 gram. Sekarang, kamu tunggu apa lagi. Segera menabung emas di Pegadaian untuk menambah pundi-pundi kekayaan kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait