Emas, Investasi, Investor Pemula

Kenali Bentuk Fisik Emas Sebelum Mulai Investasi

bentuk fisik emas

Jika bahasa Inggris adalah bahasa Internasional maka emas adalah standar keuangan global. Emas yang digunakan sehari-hari memiliki bentuk fisik emas batangan ataupun perhiasan. Dan yang umum digunakan untuk berinvestasi adalah bentuk fisik emas batangan karena lebih profit.

Saat ini untuk pembelian emas bisa dibantu dengan perantara. Bisa dalam e-commerce atau aplikasi resmi khusus untuk membeli emas. Jika kamu berencana melakukan investasi emas Kenali dulu berbagai jenis emas.

Berikut beberapa jenis emas yang perlu kamu ketahui:

Emas Perhiasan

Jenis emas perhiasan umumnya akan lebih mudah kamu temui sehari-hari. Bisa di toko perhiasan, di leher sebagai kalung, di tangan sebagai gelang, di jari sebagai cincin di telingan sebagai anting dan lain sebagainya.

Bentuk fisik emas perhiasan cukup berbeda-beda. Meskipun sama-sama cincin, memiliki bentuk yang sangat beragam. Harga dari emas perhiasan umumnya ditentukan berat dan kadar karatnya. Semakin tinggi kadar karatnya makan semakin mahal.

Tidak hanya itu saja. Jika kamu akan membeli emas perhiasan. Kamu juga akan dibebani biaya pengolahan emas menjadi perhiasan. Namun bila kamu menjualnya lagi ke toko emas, umumnya pihak toko tidak mau membayar ongkos pengolahannya.

Untuk menyiasati hal tersebut. Supaya lebih aman dalam berinvestasi dan tetap mendapatkan profit. Sebaiknya kamu memilih emas dengan perhitungan harga jualnya tidak jauh berbeda dengan berat jenis emas batangan yang tanpa pengolahan.

Emas Batangan

Emas batangan dengan bentuk fisik kotak, di produksi oleh beberapa perusahaan. Perusahaan tersebut diantaranya adalah King Halim oleh PT King Halim, UBS Gold oleh PT Untung Bersama Sejahtera, HWT oleh PT Hartono Wira Tanik dan Antam oleh PT Aneka Tambang.

Emas batangan dari perusahaan-perusahaan di atas. Emas dengan merk LM (Logam Mulia). Yang di produksi PT Aneka Tambang atau Antam dibuat dengan kadar kadar emas 99,99%. Untuk tanda keaslian emas tersebut akan dibuktikan dengan sertifikat emas.

Sertifikat tersebut memiliki nomor seri yang sesuai dengan nomor seri dalam emas batangan. Selain memiliki kadar emas yang sangat tinggi hampir 100%. Antam memiliki layanan untuk menyimpan emas batangan dengan baik dan pastinya aman.

Antam Mengantungi Akreditasi Internasional LBMA

Selain itu, Antam juga memiliki akreditasi internasional LBMA yang membuat emas batangan dari Antam bisa dijual ke luar negri. Jadi dengan begitu kamu tidak perlu lagi ragu akan kualitas emas dari Antam. Karena sudah terpercaya dan memiliki sertifikat resmi.

Jika kamu sudah mulai memahami emas batangan. Apakah kamu juga mengerti tentang emas London? Emas London merupakan emas batangan juga yang berasal dari luar negri. Untuk pecahannya umumnya per 1 Kg. Emas London juga memiliki stempel perusahaan yang mengeluarkannya.

Sedangkan emas batangan lokal, yaitu jenis emas batangan yang tidak memiliki cap stempel dari perusahaan juga tidak memiliki sertifikat. Bentuk fisiknya biasanya lonjong sedikit penyok dan tersedia dalam ukuran gram.

Emas batangan jenis lokal ini umumnya dijadikan sebagai mahar perkawinan. Beberapa perusahaan juga sudah menyediakan emas jenis ini dengan berbagai motif dan ukiran yang mengandung filosofis kelanggengan hubungan rumah tangga.

Motif Emas dengan Kearifan Lokal

Salah satu contoh motif emas lokal adalah emas motif batik truntum. Motif tersebut berasal dari batik yang dibuat Ratu Kencono yang merupakan permaisuri Paku Buwono III sebagai simbol cintanya kepada suami saat menatap bintang di langit yang bercahaya.

Dulu sebelum adanya bursa emas online, emas lokal tersebut juga banyak disimpan oleh investor.

Jika kamu sudah memiliki emas batangan sebagai investasi di kemudian hari. Pasti kamu juga ingin menyimpannya pada sebuah tempat yang tetap aman dalam jangka waktu lama dan yang pasti hanya kamu saja yang mengetahui tempat dan cara mengambilnya.

Tips Menyimpan Emas

Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat hendak menyimpan emas batangan. Berikut beberapa hal dalam menyimpan emas:

  • Jangan pelit dengan modal jika kamu menginginkan penyimpanan yang sesuai dengan standar. Menyediakan uang untuk investasi keamanan merupakan hal baik untuk rencana jangka panjang.
  • Saat kamu melindungi barang berharga seperti emas. Lakukanlah upaya supaya barang tersebut tidak hilang, karena jika sudah hilang kemungkinan akan kembali sangat kecil.
  • Antara emas yang dipakai sehari-hari dengan emas untuk investasi haruslah dipisah. Hal tersebut untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Untuk menyimpan investasi emas tempat yang paling aman yakni di pegadaian atau Bank. karena di pegadaian atau Bank memiliki SDB atau Safe Deposit box. SDB merupakan fasilitas untuk para nasabah yang ingin menyimpan dokumen berharga atau emas.

Kegunaan Safe Deposit Box

SDB ini mampu memberikan perlindungan dari tidak pencurian. Selain itu, SDB juga memberikan perlindungan dari resiko kebakaran karena memiliki ruangan khusus, menggunakan pemindai sidik jari dan kunci pengamanan ganda.

Berbagai fasilitas keamanan sangat cocok untuk menyimpan emas dan biaya yang harus kamu keluarkan untuk mendapatkan keamanan tersebut yakni sekitar Rp20 ribu tiap 100 gram emas setiap bulan.

Biaya yang dibebankan untuk SDB tersebut cukup mahal dan memiliki jangka waktu antara 6 sampai dengan 12 bulan dan bisa diperpanjang otomatis. Memang tiap Bank atau pegadaian memiliki harga yang bervariasi, tergantung ukuran dan kebijakan yang diterapkan.

Dengan biaya yang ditetapkan tersebut, bisa jadi total dari biaya simpan emas mu lebih mahal dari profit emas yang kamu dapatkan. Oleh karena itu jika emas simpananmu masih bernilai kecil, menyimpan di SDB bisa kamu pertimbangkan.

Itulah beberapa informasi terkait emas batangan dan cara menyimpannya agar tetap aman dari tindak kejahatan atau bencana seperti kebakaran atau banjir. Memang biaya yang dibebankan cukup lumayan, namun keamanan adalah hal yang utama.

Bacaan menarik lainnya:

Benepe, R. And Deshpande, A. (2010). Investing In Gold. Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait