Cek Pajak Kendaraan DKI Beserta Cara Lengkapnya

cek pajak kendaraan
cek pajak kendaraan

Pajak kendaraan merupakan biaya yang harus dilunasi oleh pemilik kendaraan. Pembayaran pajak kendaraan dilakukan setahun sekali. Biasanya tanggal jatuh tempo bisa kamu cek di STNK kendaraan, namun saat ini ada cara lebih mudah untuk cara cek pajak kendaraan DKI maupun daerah lainnya.

Besaran nominal pajak tiap kendaraan pastinya berbeda. Hal tersebut ditentukan sesuai kepemilikan motor dalam peraturan daerah Nomor 2 tahun 2015 tentang perubahan peraturan daerah Nomor 8 tahun 2010 tentang pajak kendaraan bermotor.

Pada setiap kepemilikan kendaraan akan dikenakan denda 2% dari harga beli kendaraan, untuk kendaraan pertama. Lalu untuk kendaraan kedua dikenakan denda 2,5%. Untuk kendaraan ketiga sebesar 3% dan seterusnya.

Jika kamu penasaran ingin mengecek pajak untuk mempersiapkan nominal yang harus kamu siapkan. Berikut beberapa cara cek pajak kendaraan DKI dan daerah lainnya:

SMS Untuk Cek Pajak Kendaraan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek pajak kendaraan yaitu dengan SMS. kamu cukup menekan *368# melalui ponsel lalu tekan call. Setelah itu akan muncul pesan

DITLANTAS POLRI dengan dua pilihan. 1. POLDA METRO JAYA. 2. POLDA SUMUT.

Pilihlah nomor 1. Setelah itu akan muncul lagi beberapa pilihan seperti: info ranmor, info pajak ranmor, pajak reminder, info simling, info samling dan back. Untuk melihat pajak kendaraan maka kamu pilih info pajak ranmor di nomor 2.

Selesai memilih, nanti kamu diharuskan mengisi nomor kendaraan tanpa menggunakan spasi. Tunggu sebentar dan kamu akan mendapatkan SMS dari Polda Metro yang berisi informasi terkait pajak kendaraan yang harus kamu bayarkan.

Cara tersebut cukup mudah dilakukan. Data berupa pesan singkat tersebut bisa dibuka sewaktu-waktu jika kamu lupa dan tidak mungkin rusak atau hilang.

Cek Pajak Kendaraan Melalui Website

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengecek pajak kendaraan yaitu melalui website resmi di http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Untuk mengecek pajak kendaraan kamu tinggal memasukan nomor plat kendaraan beserta huruf belakang dan nomor NIK 16 digit.

Centang pada bagian I’m not a robot dan klik proses. Tunggu beberapa saat maka akan muncul informasi seputar pajak kendaraan mu. Kamu bisa melakukan screenshot untuk menyimpan informasinya agar lebih mudah untuk mengaksesnya sewaktu-waktu.

Cek Pajak Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya untuk mengecek pajak kendaraan yaitu menggunakan aplikasi berbasis Android yang bisa kamu download secara gratis di Playstore yang merupakan penyedia aplikasi resmi smartphone berbasis Android.

Untuk menggunakannya juga cukup mudah. Buka aplikasinya dan pilih PKB (Pajak Kendaraan Bermotor). Isikan informasi seperti nomor plat kendaraan. Jika sudah klik proses dan tunggu beberapa saat. Disitu akan muncul informasi terkait pajak kendaraan yang harus kamu siapkan.

Dengan menggunakan aplikasi e-samsat atau Samsat Online Nasional ini kamu bisa melakukan tunggakan pembayaran pajak kendaraan ataupun membayar pajak kendaraan di luar daerah tempat tinggal secara online.

Setelah melakukan pembayaran kamu akan mendapatkan tanda bukti pelunasan. Namun kamu tetap harus datang ke samsat sesuai domisili untuk mencetak STNK baru sebelum 30 hari. Jika terlewat, maka akan hangus dan harus mengulang dari awal lagi.

Cek Pajak Kendaraan Langsung Ke Samsat

Cara konvensional untuk mengecek pajak kendaraan adalah dengan datang langsung ke samsat. Beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan seperti KTP asli, STNK dan bukti pembayaran kendaraan terakhir.

Setelah semua dokumen sudah siap, kamu bisa mengunjungi samsat keliling atau kantor samsat di daerah tempat tinggalmu. Namun untuk pajak lima tahunan, samsat keliling tidak bisa melayani. Maka kamu harus datang langsung ke kantor samsat.

Isi formulir untuk pembayaran pajak kendaraan. Jika nama dalam STNK tidak sesuai dengan KTP, maka kamu harus mengambil formulir di loket khusus. Setelah selesai mengisinya, serahkan ke petugas beserta dokumen yang dibutuhkan dan tunggu sampai dipanggil.

Jika nama kamu atau nama dalam KTP yang kamu serahkan dipanggil, maju ke loket yang ditunjukkan dan kamu akan mendapatkan nominal pajak yang harus kamu bayar. Cek dan pastikan itu merupakan kendaraanmu. Jika salah, kamu bisa lapor ke petugas yang ada.

Untuk membayar pajak kamu bisa menuju loket pembayaran. Bawa bukti pembayaran untuk mendapatkan stempel bukti pembayaran sudah lunas dan kamu akan mendapatkan STNK baru. Jika pajak lima tahunan, kamu juga akan mendapatkan plat nomor baru.

Pembayaran Pajak

Untuk pembayaran pajak kendaraan, kamu bisa melakukannya di samsat keliling yang sudah tersebar cukup banyak di beberapa lokasi. Keberadaan samsat keliling ini cukup membantu karena mengurangi antrian di kantor samsat sendiri.

Yang harus kamu ingat agar tidak salah tempat. Samsat keliling tidak bisa melayani pajak kendaraan untuk lima tahun. Karena saat pajak lima tahunan, kamu akan mendapatkan plat nomor baru. Sedangkan pajak tahunan hanya mengganti STNK saja.

Jika kamu berada diluar kota dan masa jatuh tempo mu kendaraanmu akan segera habis, kamu bisa melakukan pembayaran online dengan aplikasi e-samsat. Namun kamu tetap harus datang ke samsat domisili mu sebelum 30 hari. Jika tidak maka dianggap hangus.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara cek pajak kendaraan DKI dan daerah lainnya. Kemajuan teknologi seperti saat ini memungkinkan semuanya bisa di cek secara online. Dengan begitu kelupaan untuk membayar pajak bisa di minimalisir.

Pembayaran pajak secara online merupakan alternatif untuk menghindari sanksi keterlambatan membayar pajak. Dengan batas maksimal 30 hari setelah membayar, kamu tetap harus datang ke kantor samsat daerah untuk mengganti STNK lama dengan yang baru.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait