Harga Emas Terus Merangkak, Saatnya Investasi Emas!

Harga Emas Terus Merangkak, Saatnya untuk Investasi Emas!
Harga Emas Terus Merangkak, Saatnya untuk Investasi Emas!

Di tahun 2019, harga emas sedang mengalami peningkatan yang terus menerus. Tentunya, ini menjadi hal yang menggiurkan bagi banyak orang, terutama para investor emas. Pertanyaannya sekarang, apakah ini memang waktu yang tepat untuk memulai investasi emas? Atau justru sebaiknya tunda dulu? Berikut ini ringkasan pergerakan harga emas di tahun 2019 secara keseluruhan buat salah satu pedoman memulai investasi emas.

Investasi Emas Diprediksi terus meningkat hingga akhir tahun

Harga emas diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir tahun. Ada banyak faktor yang mempengaruhi peningkatan harga emas 2019, beberapa diantaranya adalah perang dagang antara Amerika Serikat dan Cina

Hal ini berawal ketika Amerika Serikat membuat kebijakan baru dengan tarif baru impor Cina hingga total US$300 miliar. Devaluasi yuan terhadap dollar Amerika sebagai balas dendam pun akhirnya memengaruhi perang mata uang.

Inilah yang menjadikan para investor berlari ke investasi emas sebagai safe haven, yaitu aset yang tidak berisiko terpapar dampak pengaruh politik maupun lainnya. Nah, sayangnya, meningkatnya permintaan emas sebagai pelarian investasi justru yang membuat harga emas itu sendiri melesat naik. Itu kenapa pergerakan harga emas cenderung terus meningkat di tahun ini dan diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun.

Sempat menurun sejak September

Pergerakan harga emas sejak beberapa tahun memiliki pola yang menarik, dimana cenderung turun saat pertengahan tahun, khususnya di bulan September.

Penurunan harga emas juga terjadi pada September tahun ini. Per 19 September 2019, harga emas Comex terlihat merosot hingga US$1.503,10 per troy ounce. Harga emas Antam pun ikut menurun hingga Rp5.000 dari harga sebelumnya Rp708.000/gram. Nah, pola penurunan harga emas ini membuat banyak investor yang cenderung memilih untuk berinvestasi pada periode ini. Terutama karena harga emas sendiri cenderung kembali naik pada akhir tahun.

Tipsnya: Jangan gegabah!

Berinvestasi memang memerlukan banyak pemikiran, terutama bagi para investor pemula. Nah, jika kamu memang tertarik berinvestasi emas, tidak perlu terburu-buru! Termasuk dalam menjual kembali aset investasi emas ketika harga mulai naik.

Jika harga emas meningkat di akhir tahun setelah kamu membeli di periode September, sebaiknya jangan langsung tergesa-gesa untuk dijual kembali. Tunggu beberapa waktu, setidaknya satu tahun, agar selisih keuntungannya lebih terasa.

Selain itu, jika terlalu buru-buru menjual kembali aset emas ketika harga baru saja naik, bisa jadi harganya akan semakin naik setelah kamu menjual aset emasmu! Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan pergerakan harga emas itu sendiri, supaya semakin yakin kapan untuk memulai investasi. Jangan sampai kamu membeli ataupun menjual emas di waktu yang salah!

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk berinvestasi emas sekarang atau memilih untuk menunda dulu? Jangan pernah menunda untuk investasi ya, apapun investasimu, baik investasi saham, reksa dana, atau emas, harus kamu mulai sekarang juga! Semakin cepat kamu memulainya, semakin besar juga keuntungan yang kamu dapat! Yuk investasi di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait