Saham

Yuk Intip! Ini Ragam Saham Ok dari Berbagai Sektor Industri

saham ok

Ajaib.co.id – Ingin beli ragam saham ok dari masing-masing klasifikasi industri yang sudah ditetapkan oleh BEI? Berikut daftar investasi saham terbaiknya.

Saat kamu berinvestasi saham di pasar modal, setiap perusahaan yang melantai di bursa saham pasti memiliki sektor industrinya masing-masing. Hal ini diatur Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai regulator untuk perdagangan di pasar modal. Setidaknya ada 9 klasifikasi dari sektor industri perusahaan berdasarkan BEI, istilah ini lebih dikenal dengan sebutan JASICA (Jakarta Stock Exchange Industrial Classification). Di mana, setiap sektor industri yang ditetapkan oleh BEI, pasti memiliki saham-saham ok yang terdapat dalam klasifikasi tersebut.

Oleh karenanya, pada artikel ini, Ajaib ingin membedah satu per satu dari klasifikasi industri tersebut, serta mengurutkan saham-saham terbaik berdasarkan nilai kapitalisasi pasarnya. Di mana, seperti yang sudah banyak diketahui dari pengalaman para investor saham, bahwa nilai kapitalisasi pasar yang semakin besar, hal ini dapat menjadi indikator bahwa saham tersebut termasuk “saham ok” atau familiar disebut blue chip. Berikut saham terbaik berdasarkan nilai kapitalisasi pasarnya dari masing-masing sektor klasifikasi industri:

Pertanian

Perusahaan yang memiliki aktivitas bisnisnya di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan, atau apapun yang masih berhubungan dengan pertanian. Saham-saham tersebut akan diklasifikasikan masuk ke dalam sektor pertanian.

Saham dengan nilai kapitalisasi terbesar di sektor pertanian adalah anak perusahaan milik Astra Group, yaitu PT. Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dengan nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp18,27 triliun.

Pertambangan

Sektor BEI lainnya adalah pertambangan, pada sektor ini terdapat beberapa perusahaan pertambangan kelas kakap di dalamnya. Namun, saham dengan kapitalisasi terbesar adalah PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp35,82 triliun.

Industri Dasar dan Kimia

Perusahaan yang termasuk ke dalam sektor ini seperti Japfa, INKP (Grup Sinarmas), dan lain sebagainya. Namun, kedua saham tersebut bukanlah yang memiliki kapitalisasi pasar terbesar, melainkan PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), dengan nilai market cap mencapai Rp140,88 triliun.

Aneka Industri

Saham terbaik berdasarkan kapitalisasi pasar di sektor aneka industri, ditempati oleh PT Astra International (ASII), yang memiliki aktivitas bisnis pada bidang distribusi, perakitan, hingga penjualan unit mobil dan spare part. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), Astra International memiliki nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp234,8 triliun.

Industri Barang Konsumsi

Perusahaan yang termasuk di sektor ini, kegiatan usahanya meliputi pembuatan bahan dasar atau setengah jadi menjadi produk-produk jadi yang digunakan untuk kebuhan rumah tangga.

Saham terbaik yang menghuni sektor ini adalah Unilever, perusahaan raksasa yang memiliki merk produk-produk anyarnya seperti Vixal, Ponds, Citra, Clear, dan lain sebagainya.

Di bursa saham, Unilever tercatat memiliki kode emiten UNVR, dan memiliki nilai kapitalisasi yang sangat besar yakni Rp267,05 triliun.

Properti, Real Estate, dan Pembangunan

Kalau sektor ini untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang pembangunan, properti, dan real estate. Mungkin kamu tidak asing lagi dengan Wika, Waskita, dan Lippo. Mereka merupakan bagian dari sektor saham ini. Tetapi ketiga perusahaan besar tersebut masih kalah dari PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL), dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp96,28 triliun.

PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) adalah pengembang properti di Indonesia, sebut saja salah satu proyek properti mereka, yaitu World Capital Tower.

Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi

Pernahkah kamu mendengar nama perusahaan Jasamarga, perusahaan ini adalah pihak pengelola jalan tol di Indonesia. Namun, dengan banyaknya jalan tol yang dikelola oleh perusahaan Jasamarga, apakah saham Jasamarga menjadi yang terbesar berdasarkan nilai kapitalisasi pasarnya? Sayangnya tidak, saham jasamarga hanya menempati urutan ketiga, untuk peringkat pertama diduduki oleh saham Telkom dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp346,71 triliun.

Finansial

Ajaib yakin kalau sektor investasi yang satu ini sudah pasti banyak yang tahu, sebab, mungkin kamu adalah salah satu nasabah dari bank-bank besar ini. Sebut saja BCA, BNI, BRI, bank Mandiri, dll. Jika dilihat dari skala bisnisnya bank-bank tersebut sama-sama memiliki layanan hingga ke pelosok-pelosok daerah.

Sebagai salah satu investasi terbaik sepanjang sejarah di Indonesia, saham BCA saat ini berada di level Rp30.000-an per sahamnya. Kapitalisasi pasar dari bank BCA juga mencapai Rp757,25 triliun dan menjadi yang tertinggi dibanding bank-bank lainnya.

Perdagangan, Jasa dan Investasi

Perusahaan yang berada di sektor ini seperti MAPI, MNC, Ace Hardware, dll. Namun, salah satu perusahaan milik Astra yang menempati peringkat pertama berdasarkan nilai kapitalisasi pasar, yaitu United Tractors.

Perusahaan ini bergerak pada bidang distributor alat-alat berat terkemuka dan terbesar di Indonesia. Dengan menyediakan merk-merk produknya seperti Komatsu, UD Trucks, Bomag, Scania, Komatsu Forest, dan Tadano. Salah satu merk-merk produknya yakni Scania, pasti sering kamu lihat ketika menggunakan transportasi Transjakarta. United Tracktor atau sering disebut UT ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp63,22 triliun.

#Bagaimana Cara Investasi Saham-saham Ok dari perusahaan-perusahaan di atas?

Kamu bisa berinvestasi melalui broker, namun perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya yakni uang deposit dan harus membeli ragam saham tersebut sebanyak 1 lot = 100 lembar Jika kamu ingin membeli saham BCA melalui broker, setidaknya kamu memerlukan modal awal investasi mencapai Rp4.000.000-an. Namun, jika kamu keberatan dengan modal investasi yang perlu dikeluarkan tersebut, kamu bisa memilih opsi lainnya untuk membeli investasi terbaik di atas lewat produk reksa dana yang ditawarkan oleh Ajaib. Kamu hanya perlu menyiapkan modal sebesar Rp10.000 saja, untuk bisa memiliki investasi terbaik dari berbagai sektor industri dengan hanya satu klik saja di ponsel pintar kamu.

Sebab, di aplikasi Ajaib, kamu tidak perlu membeli satu per satu, melainkan produk reksa dana yang berisikan berbagai macam investasi terbaik sudah dikemas secara baik melalui paket-paket investasi yang sudah diracik oleh ahli Ajaib. Agar hasil investasimu nanti bisa mendapatkan potensi return yang lebih besar.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, I., & Hadi, Y. L. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bandung: Alfabeta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait