Banking

Bukti Transfer BCA Bisa Dicek dengan Mudah, Begini Caranya

Ajaib.co.id – Bukti transfer BCA merupakan salah satu komponen penting dalam setiap transaksi BCA. Entah itu transfer uang dari bank BCA yang sama hingga transfer ke rekening lain bank, atau transaksi lainnya, bukti transfer BCA akan memudahkanmu mencatat transaksi atau mempermudah hubungan dengan pihak-pihak lain.

Biar makin mudah memeriksa bukti transaksi rekening BCA milikmu, yuk cek macam-macam cara cek bukti transfer BCA berikut ini.

Cek Via Mobile Banking BCA

Kamu yang memiliki kesibukan tentu menginginkan cara cepat dalam bertransaksi. Agar transaksi yang kamu lakukan dapat berjalan lancar, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi mobile banking BCA. Begini caranya:

●       Buka aplikasi mobile BCA yang kamu miliki.

●       Tekan m-BCA dan masukkan kode akses yang sudah terdaftar melalui kantor cabang BCA.

●       Tekan m-Info.

●       Tekan mutasi rekening.

●       Setelah itu, masukkan waktu mutasi yang ingin kamu ketahui. Kamu bisa melihat mutasi per bulan maupun per tanggal. Setelah itu tekan kirim.

●       Muncullah riwayat mutasi transaksi kamu.

Jika kamu ingin menggunakannya sebagai bukti transfer BCA, kamu bisa langsung screen capture pada ponselmu.

Cek Via Mesin ATM BCA

Langkah selanjutnya, kamu juga bisa melakukan cek transfer BCA melalui mesin ATM BCA. Berikut langkah-langkah cara cek bukti transfer BCA via ATM:

●       Masukkan kartu ATM kamu ke dalam mesin ATM BCA.

●       Setelah itu, masukkan pin ATM kamu.

●       Tekan Transaksi lainnya.

●       Lalu tekan menu informasi.

●       Kemudian kamu akan melihat menu mutasi rekening, lalu klik.

●       Struk bukti transfer akan keluar melalui mesin ATM.

Cek Via SMS Banking

Berikutnya, kamu bisa cek bukti transfer atau mutasi yang kamu lakukan melalui SMS Banking. Berikut caranya:

●       Masukkan kartu ATM lalu masukkan pin kamu.

●       Tekan menu Daftar e-banking/autodebet.

●       Tekan SMS BCA lalu masukkan nomor ponsel kamu.

●       Kemudian masukkan 4 digit kode akses/PIN untuk SMS Banking kamu.

●       Masukkan 4 digit kode akses sekali lagi lalu tekan Benar.

●       Tekan Ya untuk konfirmasi nomor ponsel.

●       Tunggu struk tanda aktivasi SMS Banking keluar.

Setelah berhasil diaktivasi, kini kamu bisa menikmati layanan cek mutasi rekening kamu melalui SMS Banking. Jika kamu ingin mengecek riwayat mutasi rekeningmu, kamu bisa mengirim SMS dengan format MUTASI (SPASI) KODE AKSES kirim ke 69888. Setelah itu, kamu tinggal menunggu SMS balasan.

Cek Via Internet Banking (KlikBCA)

Selain mobile banking, kamu juga bisa menggunakan fasilitas internet banking atau KlikBCA. Ini dia caranya:

●       Login ke halaman KlikBCA.

●       Kemudian klik menu informasi rekening.

●       Klik menu mutasi rekening.

●       Silakan pilih periode waktu yang kamu inginkan, bisa per hari maupun per bulan.

●       Terakhir, klik lihat mutasi rekening.

Itu dia 4 cara cek bukti transfer BCA, mudah bukan? Bukti transfer memiliki beberapa fungsi di antaranya:

1.      Agar kamu dapat mengetahui riwayat transaksi yang kamu lakukan.

2.      Sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan transfer kepada pihak yang menerima transfer.

3.      Menghindari penipuan maupun penyalahgunaan rekening.

Setelah mengetahui fungsi bukti transfer BCA di atas, tentu kamu menyadari pentingnya sebuah bukti transfer saat kamu melakukan transaksi. Supaya bukti transfer yang kamu miliki aman, berikut tips menyimpannya yang bisa kamu coba:

●       Siapkan dompet khusus untuk kamu yang suka menyimpan struk bukti transfer. Letakkan bukti transfermu di dalam dompet tersebut supaya aman dan tidak tercampur dengan uang maupun struk belanjamu.

●       Fotokopi struk transfer yang kamu miliki, hal ini berfungsi agar bila struk transfer yang kamu miliki hilang maka kamu masih memiliki cadangannya. Selain itu, seiring berjalannya waktu, tulisan yang tercetak pada struk transfer kamu bisa menjadi kabur bahkan hilang.

●       Scan struk transfer yang kamu miliki ke dalam sebuah bentuk file foto. Lalu simpan secara khusus di folder ponsel maupun laptopmu.

●       Ambil foto struk transfer kamu dengan kamera ponsel, lalu simpan di folder khusus yang telah kamu siapkan di ponselmu. Membuat folder khusus akan memudahkanmu dalam pencarian file yang kamu butuhkan.

●       Kamu yang menggunakan mobile banking bisa screen capture layar ponsel kamu. Setelah itu, screen capture mutasi rekeningmu bisa kamu simpan di folder khusus di ponselmu.

●       Jika kamu menggunakan layanan SMS Banking, kamu bisa menyimpan pesan bukti mutasi atau bukti transfermu dalam folder khusus yang kamu arsipkan. Supaya lebih aman, kamu juga bisa melakukan screen capture pada riwayat mutasi rekening kamu.

●       Hampir sama dengan mobile banking, kamu yang menggunakan fasilitas internet banking (KlikBCA) dapat melakukan screen capture pada riwayat mutasi yang kamu lakukan. Setelah itu, buat folder khusus untuk menyimpan di ponsel maupun laptop yang kamu miliki.

●       Jangan lupa untuk tidak memublikasikan secara bebas bukti transfer yang kamu miliki. Hal ini akan melindungi kamu dari penyalahgunaan bukti transfermu untuk penipuan.

Setelah mengetahui cara cek bukti transfer BCA, bagaimana cara cek bukti transfer, dan lain-lain, tentu wawasanmu bertambah. Nah, sekarang saatnya untuk kamu meningkatkan kondisi keuanganmu.

Daripada hanya bekerja lalu menabung dan keuntungannya begitu-begitu saja, yuk investasi. Kamu bisa memulai investasi dengan berbagai macam instrumen investasi.

Enggak perlu ribet, sangat mudah kok caranya. Kamu bisa unduh aplikasi Ajaib. Apa itu Ajaib? Ajaib adalah aplikasi investasi yang ramah bagi pemula. Kamu yang tertarik terjun di dunia investasi bisa menggunakan Ajaib dengan mudah dalam genggaman.

Selain ramah untuk pemula, Ajaib juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu tidak perlu khawatir dengan penipuan. Yuk, coba sekarang!

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait