Banking

Praktis! Ini Manfaat dan Cara Menggunakan M-BCA

cara menggunakan m-bca

Masih bingung dengan cara menggunakan M-BCA? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan mengulas cara menggunakan M-BCA secara lengkap dan mudah dipahami sebagai berikut ini.

BCA atau Bank Central Asia merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Sebagai salah satu bank terbesar, BCA menawarkan ragam berbagai kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan ragam transaksi keuangan. Salah satunya adalah dengan penggunaan M-BCA atau Mobile BCA yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.

M-BCA merupakan salah satu fitur mobile banking yang dimiliki oleh Bank BCA untuk memanjakan nasabahnya dalam melakukan kegiatan perbankan dan transaksi dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa dijalankan di berbagai macam jenis smarthone. Yang termasuk smartphone jenis Blackberry, Android, Windows Phone, iPhone, dan Nokia X.

Meskipun sudah pernah mendengar fasilitas ini, nyatanya masih banyak juga nasabah atau calon nasabah yang masih belum sepenuhnya paham secara teknis aktivasi dan fitur lengkap dari bentuk layanan M-BCA. Berikut adalah bentuk ulasan bagi kamu yang ingin lebih mengetahui tentang cara menggunakan M-BCA.

Nah, sebelum kita membahas fitur-fitur serta kemudahan apa yang ditawarkan melalui M-BCA, Ada baiknya jika kamu mengetahui secara singkat tentang layanan M-BCA. M-BCA merupakan layanan aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk transaksi perbankan. Ini bisa dilakukan baik melalui KlikBCA (internet banking) maupun M-BCA (mobile banking) selama terhubung dengan jaringan internet.

Meski demikian, sampai dengan saat ini ada aplikasi yang hanya dapat dioperasikan pada tipe smartphone dengan jaringan operator GSM dan tidak mendukung jaringan CDMA. Maka dari itu, sebelum kamu mengunduh aplikasi tersebut, kamu perlu pastikan bahwa smartphone kamu menggunakan jaringan GSM.

Dengan menggunakan layanan aplikasi ini maka transaksi perbankan kamu akan menjadi sangat mudah dan praktis. Untuk lebih mudah dalam menggunakan aplikasi ini, maka nasabah tidak perlu mengganti kartu SIM. kamu hanya cukup dengan memasang aplikasi tersebut di smartphone dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan aktivasi di Kantor Cabang BCA ataupun melalui ATM BCA terdekat.

Keuntungan Memiliki M-BCA

Banyak nasabah BCA yang memanfaatkan layanan M-BCA karena memiliki fitur lengkap dan sejumlah keuntungan. Aplikasi M-BCA juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan melalui menu M-BCA tanpa perlu mengganti kartu SIM. Selain itu, karena aplikasi ini memanfaatkan jaringan internet, transaksi melalui M-BCA tergolong sangat hemat. kamu bahkan tidak perlu keluar rumah.

Fitur Layanan yang Lengkap

Dengan adanya fasilitas daftar transfer, maka ini memungkinkan kamu untuk menyimpan nomor rekening tujuan transfer sehingga akan lebih mudah untuk melakukan transfer berikutnya. Selain itu, bentuk layout dan menu yang sangat user-friendly sangat mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun.

Para pengguna Android dan iPhone kini memiliki kemudahan untuk menikmati fitur-fitur baru.

M-BCA yang kini sudah dilengkapi dengan aplikasi Info BCA yang sangat membantu untuk mengetahui informasi terkini tentang promo BCA dan lain sebagainya.

Sementara itu pengguna kartu Flazz dapat langsung cek saldo serta cek informasi 10 transaksi terakhir. Adapun fitur-fitur dalam Menu M-BCA, antara lain :

M-BCA

  • MInfo digunakan melakukan cek info saldo,mutasi rekening, info Kartu Kredit, informasi kurs, dan lain sebagainya.
  • MTransfer digunakan dalam memuat daftar transfer, transfer antar rekening BCA, transfer antarbank dalam jaringan PRIMA dan inbox.
  • MPayment digunakan sebagai cara pembayaran telepon, listrik, internet, asuransi, pinjaman, handphone, kartu kredit, dan lain sebagainya.
  • MCommerce digunakan dalam pembelian saham, voucher isi ulang, dan sebagainya.
  • MAdmin digunakan dalam melakukan dan menghapus daftar pembayaran, ganti PIN, registrasi/hapus inquiry kartu kredit, dan hapus daftar transfer.

KlikBCA

  • Menu Pembelian untuk digunakan untuk membeli tiket, pulsa, saham, dan sebagainya.
  • Menu Pembayaran dapat digunakan untuk membayar berbagai macam tagihan, termasuk tagihan kartu kredit, tagihan internet, tagihan air, tagihan listrik, tagihan pinjaman, biaya pendidikan, dan sebagainya.
  • Menu Pembayaran e-Commerce seperti pada m-BCA.
  • Fitur Informasi Rekening yang bisa digunakan untuk mengetahui info saldo dan mutasi rekening.
  • Fitur Admin yang digunakan untuk mengganti PIN.

Info BCA

Info BCA adalah sebuah fitur baru yang sudah bisa diakses, baik melalui M-BCA maupun melalui aplikasi Info BCA yang dapat diunduh secara terpisah. Info BCA ini berbeda dengan aplikasi BCA Mobile. Para calon nasabah bank BCA bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Info BCA. Dimana ada banyak sekali keuntungan yang dapat diambil dengan aplikasi Info BCA ini, antara lain:

  • kamu bisa mengetahui promo BCA terkait Kartu Kredit, Kartu Debit, Kartu Flazz, dan sebagainya serta berbagai macam promo produk BCA lainnya.
  • Bagi kamu pengguna juga bisa melihat Mini Gallery yang isinya adalah katalog produk BCA.

Melalui Aplikasi Online ini akan sangat membantu bagi para calon nasabah BCA dimana mereka dapat mengajukan Kartu Kredit BCA secara online melalui smartphone. Kemudian nasabah atau pengguna bisa melengkapi data pada form aplikasi. Selanjutnya para pengguna akan langsung dihubungi Tim Marketing BCA untuk memproses Kartu Kredit lebih lanjut.

Dengan menggunakan Info BCA, nasabah dapat melihat lokasi cabang dan ATM BCA terdekat. Selain itu nasabah dapat dengan mudah dalam mencari lokasi cabang dan ATM BCA di lokasi yang diinginkan.

Dengan sambungan langsung ke Halo BCA melalui panggilan telepon untuk pengaduan ataupun informasi mengenai produk-produk BCA.

Menggunakan fasilitas Reward BCA bisa dengan mudah menginformasikan jumlah reward BCA dan tempat penukaran.

Info Flazz

Selanjutnya ada juga Info Flazz yang bisa dimanfaatkan pada smartphone Android yang memiliki fitur Near Field Communication (NFC). Apabila kamu memiliki perangkat tersebut, kamu bisa melihat informasi saldo dan informasi sepuluh transaksi terakhir melalui BCA Mobile.

Fitur Keamanan Lengkap

Saat kamu melakukan transaksi perbankan melalui M-BCA ataupun KlikBCA, kamu selanjutnya akan diberikan proteksi atau perlindungan atau security yang kuat. Dengan menggunakan M-BCA, maka kamu akan mendapatkan kode akses berupa 6 digit kode alfanumerik dan kode PIN berupa kombinasi 6 digit kode numerik.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai cara menggunakan M-BCA dan fasilitas Mobile Banking dari BCA. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait