Daftar Universitas Swasta Terbaik, Tak Kalah Saing Kok

universitas swasta terbaik
universitas swasta terbaik

Perguruan tinggi negeri masih menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Terbukti jumlah peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) setiap tahunnya selalu membludak. Namun sebenarnya ada banyak universitas swasta terbaik yang juga tempat yang pas untuk menuntut ilmu sebagai alternatif.

Umumnya para orang tua di Indonesia merasa jauh lebih berbangga hati ketika anak-anaknya berhasil mauk universitas negeri. Kampus seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Padjajaran (Unpad) masih menjadi tujuan banyak anak muda. Kampus tersebut dianggap bonafid dan dinilai menjadi jaminan akan adanya lapangan pekerjaan setelah lulus nanti.

Pekerjaan yang mapan di perusahaan maupun BUMN dianggap lebih mempertimbangkan lulusan kampur negeri dibandingkan universitas swasta. Selain itu faktor biaya juga menjadi hal yang menentukan. Pasalnya, perguruan tinggi swasta (PTS) identik dengan biaya kuliah yang mahal sehingga menjadi momok bagi sebagian orang.

Jurusan di kampus swasta juga tidak terlalu banyak umumnya hanya terbatas pada Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Psikologi saja. Sedangkan untuk bidang ilmu yang lebih jarang seperti teknik informatika atau teknik nuklir biasanya harus menyasar kampus negeri.

Karena itu, univeritas swasta biasanya hanya dijadika cadangan saja. Prioritas utamanya adalah masuk ke universitas negeri dan jika gagal barulah memilih kampus swasta. Padahal sebenarnya dengan sistem akreditasi seharusnya pandangan ini tak lagi relevan.

Pasalnya, banyak program studi di kampus swasta yang sudah memiliki akreditasi A, setara dengan kampus negeri. Penilaian yang dilakukan 5 tahun sekali ini tentu bukan hal yang main-main. Proses akreditasi setiap perguruan tinggi dan program studi harus melalui proses yang cukup panjang dan memakan waktu total 100 hari kerja.

Karena itu hasilnya pasti bisa dipertanggungjawabkan. Mengutip dari pemberitaan Tirto, ada beberapa hal yang menjadi variabel dalam membuat ranking perguruan tinggi, yaitu kualitas SDM, kualitas manajemen, kualitas kegiatan mahasiswa, dan kualitas penelitian dan publikasi.

Kualitas kampus negeri masih menjadi unggulan memang tidak bisa diragukan. Hal ini terbukti dari hasil klasterisasi yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia tahun 2019 lalu. Hasilnya memang ITB dan UGM masih menjadi peraih peringkat atas.

Hanya saja, meski PTS tidak ada yang masuk dalam kluster pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2015, tapi akreditasi di sejumlah program studinya banyak yang meraih nilai A. Pemerintah sendiri menyusun klasterisasi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang bersaing dan berkualits tanpa perbedaan status swasta maupun negeri.

Tak Masalah Bukan di Kampus Negeri Asal Kuliah di Universitas Swasta Terbaik

Kemenristekdikti mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi di Indonesia secara berkala. Tahun 2019 lalu, Univeristas Telkom menjadi universitas swasta terbaik yang memuncaki klaster kedua. Sedangkan klaster pertama seluruhnya diisi oleh univeritas negeri.

Tentunya hal ini bisa bermanfaat untuk mendorong para pelaku pendidikan tinggi di Indonesia agar dapat memaksimalkan kualitas pendidikan bagi generasi muda Indonesia. Meski demikan, klasterisasi universitas terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti ini menempatkan sekurangnya 17 universitas swasta terbaik.

Tentu saja ini menjadi satu lagi pembuktian bahwa universitas swasta ditopang dengan kualitas SDM yang unggul juga tak kalah berkualitasnya. Bahkan kampus Atma Jaya berhasil menempatkan dua cabangnya sekaligus yakni Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam daftar ini.

Kamu tak perlu takut sulit mencari pekerjaan jika kuliah di universitas swasta. Hal yang paling penting adalah skill yang dimiliki. Argumen yang sama juga bisa kamu sampaikan kepada orang tuamu jika mereka masih meragukan kualitas universitas swasta. Bahkan berkuliah di universitas swasta terbaik jelas adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk masa depan daripada di kampus negeri yang sekedarnya.

Mayoritas calon mahasiswa, memimpikan untuk berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri. Namun demikian, bukan berarti bahwa PTS bukan pilihan yang bagus. Faktanya, saat ini Indonesia memiliki banyak sekali Pergurutan Tinggi Swasta (PTS). Bahkan, beberapa di antaranya memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik, tidak kalah dengan Universitas Negeri.

Ada beberapa alasan untuk memilih Universitas Swasta. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Lokasi

Banyak yang memilih universitas negeri untuk berkuliah dikarenakan biaya kuliahnya yang relatif lebih murah. Namun demikian, tidak jarang untuk dapat berkuliah di universitas negeri seorang mahasiswa harus pergi keluar kota, provinsi bahkan keluar pulau.

Karena memang jumlah universitas negeri sangat terbatas dan lokasinya biasanya hanya ada di kota besar saja. Dengan demikian, tentu saja biaya hidupmu bisa jadi membengkak misalnya untuk kebutuhan makan, trasport dan biaya indekos.

Tak ada salahnya memilih universitas swasta terbaik yang ada di kotamu atau kota terdekat. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkann lebih terjangkau. Kamu juga bisa menambah ilmu dengan ikut kursus atau sejumlah seminar yang bisa mendukung kemampuanmu di dunia kerja nantinya.

Peluang Diterima Lebih Besar

Persaingan masuk universitas negeri memang bisa dikatakan sangat berat. Apalagi dengan jalur SBMPTN. Pada tahun 2019 lalu, dari 714.652 peserta SBMPTN hanya 168.742 yang diterima di kampus negeri. Angka ini menujukkna jika peluang rata-rata kelulusan SBMPTN adalah 1 : 6.

Persaingan jelas jauh lebih ketat untuk sejumlah jurusan favorit di universitas negeri unggulan misalnya saja fakultas hukum, ekonomi atau kedokteran. Perlu khusus agar bisa lolos SBMPTN dan juga keberuntungan. Bahkan mereka yang memiliki prestasi bagus di SMA, belum tentu bisa lolos SBMPTN.

Sementara itu, peluang untuk masuk universitas swasta jauh lebih besar daripada SBMPTN. Alokasi jumlah mahasiswa mereka jauh lebih banyak sehingga kesempatanmu juga lebih terbuka. Universitas swasta juga punya banyak pilihan jurusan yang menarik dan sesuai dengan dunia kerja sehingga tak ada salahnya memanfaatkan kesempatan itu.

Tidak Kalah Berkualitas

Siapa bilang kalau universitas swasta selalu memiliki kualitas lebih rendah dari universitas negeri? Faktanya, ada banyak jurusan di universitas swasta yang memiliki akreditasi A, sementara jurusan yang sama memiliki akreditasi lebih rendah di universitas negeri. Oleh karena itu, sangat tidak tepat jika lulusan universitas swasta dicap kurang bermutu.

Faktanya, banyak universitas swasta yang telah bekerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri. Selain itu, banyak juga universitas swasta yang lulusannya banyak dicari oleh perusahaan. Yang pasti, jangan sembarangan memilih perguruan tinggi. Pastikan kamu mendaftar di Universitas Swasta Terbaik yang terdaftar dan berkualitas.

Daftar 17 Universitas Swasta Terbaik 2019

Kalau kamu saat ini sedang bingung memilih kampus dan butuh masukan universitas swasta terbaik, beikut ini adalah daftar kampus swasta yang bisa kamu pertimbangkan. Ajaib sudah merangkum dari berbagai sumber 17 universitas swasta terbaik versi tahun 2019 antara lain:

  1. Universitas Telkom
  2. Universitas Islam Indonesia
  3. Universitas Bina Nusantara
  4. Universitas Katolik Parahyangan
  5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  6. Universitas Surabaya
  7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  8. Universitas Tarumanagara
  9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  10. Universitas Ahmad Dahlan
  11. Universitas Muhammadiyah Malang
  12. Universitas Sanata Dharma
  13. Universitas Trisakti
  14. Universitas Kristen Petra
  15. Universitas Islam Bandung
  16. Universitas Pancasila
  17. Universitas Katolik Soegijapranata

Pada dasarnya, dibandingkan asal universitas, hasil pendidikan dan kepribadian umumnya lebih diutamakan oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan hanya mensyaratkan minimal IPK. Ada sebagian perusahaan yang mengharapkan lulusan universitas berkualitas, baik negeri atau universitas swasta terbaik.

Namun yang paling penting lagi, adalah kualitas diri yang akan kamu presentasikan di depan HRD perusahaan. Itu yang akan menentukan peluang kerja tertinggi. Jika demikian, jangan kecil hati jika kamu kuliah di kampus swata, lulusan universitas swasta terbaik juga tak kalah saing dibandingkan lulusan PTN kok.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait