Jurusan Administrasi Bisnis Sebagai Pilihan Studi Masa Depan

Jurusan Administrasi Bisnis Sebagai Pilihan Studi Masa Depan
Jurusan Administrasi Bisnis Sebagai Pilihan Studi Masa Depan

Apa yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis? Saat memilih jurusan yang tepat untuk kuliah, komplikasi pertimbangan antara minat dan strategi karir masa depan memang bikin galau. Bagaimana tidak, di satu sisi adalah keinginan untuk memiliki ilmu profesi yang “lekat di hati”, di sisi yang lain perlu memiliki ilmu profesi yang “laku” di pasaran.

Untuk pilihan pertama, masing-masing pribadilah yang tahu cara menentukannya, tapi untuk pilihan ke-2, mungkin inilah salah satu alternatif terbaiknya adalah mengambil jurusan Administrasi Bisnis. Sebuah program studi yang mempelajari kiat mengorganisasi dan mengatur diri sendiri dan orang lain, strategi komunikasi bisnis, serta teknik pengambilan keputusan demi memecahkan permasalahan bisnis perusahaan.

Potensialkah Jurusan Administrasi Bisnis Bagi Karir Masa Depan?

Dari zaman dahulu hingga nanti akhir zaman, semua individu di dunia perlu income/penghasilan, agar bisa melanjutkan hidupnya dan keluarganya. Penghasilan hanya bisa diperoleh dengan bekerja pada orang lain, atau berbisnis. Ketika bekerja pada orang lain, indikator penghasilan jelas, yaitu deliverability – kemampuan menyelesaikan tugas sesuai arahan atasan. Tapi saat berbisnis, indikator sukses- tidaknya bisnisnya adalah tingkat kemampuan mengaplikasikan ilmu-ilmu yang dipelajari dalam jurusan administrasi bisnis. Jadi, jika ada pertanyaan tentang potensi jurusan ini bagi karir masa depan, rasanya jawabannya sudah sangat jelas kan?

Universitas Luar Negeri yang Terkenal dengan Jurusan Administrasi Bisnis

Menurut hasil Times Higher Education’s World University Rankings data – October , 2018, inilah 5 pilihan terbaiknya:

1. Massachusetts Institute of Technology

2. Stanford University

3. University of Oxford

4. University of Cambridge

5. Duke University

Kelima universitas di atas berhasil menjadi top list untuk jurusan administrasi bisnis karena sangat selektif dalam menerima calon mahasiswa, selalu mengedepankan inovasi di tiap mata kuliah, menerapkan kelas realita problematika dunia bisnis dan pendekatan metodologi sains dalam pemecahannya, serta membebaskan mahasiswanya untuk mengkombinasikan kelas ilmu bisnis dengan disiplin ilmu lain, bagi program sarjana, maupun pasca sarjana. 

Universitas Indonesia yang Terkenal dengan Jurusan Administrasi Bisnis

Daftar ini berdasarkan akreditasi yang sudah didapatkan oleh jurusan atau prodinya. Yang masuh daftar sebagai jurusan terbaik adalah prodi yang sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Berikut daftar peringkat teratasnya:

1. Universitas Brawijaya (S1)

2. Institut Teknologi Bandung (S2)

3. Universitas Diponegoro (S1)

4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (S1)

5. Universitas Katolik Parahyangan (S1)

6. Universitas Lampung (S1)

7. Universita Muhammadiyah Sukabumi (S1)

Tantangan Bagi Implementasi Ilmu Jurusan Administrasi Bisnis

Ilmu-ilmu yang dipelajari dalam jurusan bidang studi ini sangat beragam, dari yang bersifat hitungan angka, komunikasi, hingga motivasi. Namun memang, umumnya bersifat praktikal dan implementatif, bukan sains. Hal itu dikarenakan para mahasiswa jurusan ini dipersiapkan menjadi seorang generalis (menguasai berbagai bidang terkait) hingga level implementator.

Dengan kata lain, memang dipersiapkan untuk siap bekerja di perusahaan orang lain maupun entrepreneurship, mampu mewujudkan kinerja produktif, hingga sukses mencapai tujuan bisnisnya. Tantangannya adalah: karena semua orang perlu penghasilan, lalu semua perlu berbisnis. Ilmu admisnistrasi bisnis menjadikan orang cakap berbisnis, sehingga banyak sekali orang yang ingin mempelajari ilmu ini, lulusannya pun akan terus dibutuhkan oleh dunia bisnis. Otomatis, persaingan di antara lulusannya super ketat, tapi kesempatan kerja pun pasti akan selalu tersedia.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait