Kuliah Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Pasti Jadi Pebisnis?

jurusan ilmu administrasi bisnis

Banyak orang mempertimbangkan prospek pekerjaan ketika akan mengambil studi di perkuliahan. Harapannya dengan ilmu yang sesuai maka tidak akan kesulitan mencari pekerjaan. Karena itulah program studi ekonomi seperti jurusan ilmu administrasi bisnis, akuntansi dan manajemen kerap jadi favorit anak muda.

Perekonomian Indonesia saat ini bisa dikatakan masih dalam tahap berkembang. Karena itu, tenaga kerja dengan latar belakang ilmu ekonomi masih sangat dibutuhkan. Misalnya saja dalam dunia perbankan, perusahaan investasi atau menjadi konsultan bisnis. Baik di perusahaan-perusahaan besar maupun pemerintah memiliki peluang kerja untuk jurusan ini.

Namun diantara sejumlah jurusan ekonomi, program studi administrasi bisnis mungkin menjadi salah satu yang kurang familiar bagi masyarakat awam. Berbeda dengan lulusan akuntansi dan manajemen, banyak yang bertanya, lulus administrasi bisnis nantinya akan berprofesi sebagai apa?

Bidang administrasi termasuk dalam hal bisnis memang kerap dipandang sebelah mata. Anggapannya pekerjaan tersebut sangat mudah dan bisa dikerjakan siapa saja tanpa memiliki latar belakang ilmu yang memadai. Padahal administrasi bisnis adalah hal yang penting dalam mengelola bisnis.

Penerapannya menjadi nyawa dari kegiatan operasional bisnis dan perusahaan karena menyediakan catatan yang lengkap soal kegiatan ekonomi yang dilaksanakan. Hampir semua aspek tak luput dipeahari selama masa kuliah dalam prodi ini untuk bisa menyusun catatan administrasi yang layak.

Mata kuliah yang dipelajari misalnya saja pengelolaan keuangan, pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), produksi sampai dengan strategi promosi. Selain itu, kamu juga akan diajarkan soal membangun nilai bisnis dan bagaimana cara memasarkannya sehingga unggul dibandingkan pesaingnya.

Jurusan ilmu administrasi bisnis juga belajar soal pengelolaan kantor baik secara fisik maupun organisasi. Misalnya saja dengan optimalisasi sarana kantor, proses data untuk menjadi hal yang bermanfaat, dan mengelola informasi agar bisa menjadi daya tarik lebih dari bisnis tersebut.

Dengan materi yang komplit itu, lulusan administrasi bisnis tentunya bisa menjadi staf bisnis yang berkualitas. Bahkan lebih jauh lagi, lulusan jurusan ilmu administrasi bisnis menjadi seorang pebisnis handal bukan hanya sekedar menjadi karyawan. Alternatif ini cocok untuk yang merasa berbisnis menjadi panggilan hidupnya dibandingkan menjadi karyawan.

Memang banyak yang mengatakan jika tidak ada cara untuk mempelajari bisnis selain praktik secara langsung. Namun dengan mengambil studi ilmu administrasi bisnis paling tidak kamu akan mendapatkan pengetahuan dasar terlebih dahulu sehingga bisa menjadi bekal ketika merintis usaha sendiri dan menjadi seorang pebisnis.

Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Bukan Hanya Untuk Calon Enterpreneur

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar jurusan ilmu administrasi bisnis? Mungkin kamu membayangkan orang-orang yang kuliah di jurusan ini adalah calon pebisnis sukses. Bayangan ini tak sepenuhnya salah karena memang program studi ini dilengkapi dengan mata kuliah yang mendukung kebutuhan tersebut.

Mahasiswa jurusan ini akan belajar soal teori bisnis, cara pengambilan keputusan, wirausaha dan banyak lagi kebutuhan dalam operasional suatu bisnis. Jika tak berminat menjadi pengusaha, apakah prospek kerja ilmu administrasi bisnis cukup menjanjikan di dunia kerja dan di masa depan?

Kuliah bisnis pada dasarnya mempelajari segala hal yang berkaitan dengan seluk-beluk operasional bisnis atau perusahaan. Di sejumlah perguruan tinggi, jurusan ini juga biasa disebut administrasi niaga. Bahkan kamu juga bisa belajar membuat produk khas sendiri dengan memberikan nilai tambah. Tentu ini adalah poin utama jika kamu berniat menjadi pengusaha.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang tekun, teliti, senang melakukan analisis maupun riset, dan mampu bekerja sama dalam tim. Apalagi nantinya kamu akan sering berfokus pada perencanaan dan aktivitas bisnis yang detail.

Apa yang Dipelajari?

Materi perkuliahan jurusan administrasi bisnis meliputi berbagai fungsi dalam aktivitas bisnis, antara lain pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. Tak ketinggalan juga operasi bisnis, teori dan perilaku organisasi, kepemimpinan, kewirausahaan, perencanaan dan simulasi bisnis, serta pengambilan keputusan.

Di sebagian besar perguruan tinggi, kamu tetap akan dibekali dasar-dasar pengetahuan untuk mendukung studi administrasi bisnismu. Misalnya termasuk dasar akuntansi, bahasa Inggris bisnis, matematika untuk bisnis, statistika, hingga pengantar TI. Dasar-dasar pengetahuan ini baik untuk ke depannya saat kamu mulai memasuki materi keuangan, perpajakan, komunikasi bisnis, dan sistem informasi bisnis.

Di Indonesia, kamu bisa menemukan program studi bisnis dan manajemen dengan jurusan administrasi bisnis di berbagai universitas negeri maupun swasta dan politeknik. Beberapa di antaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Katolik Parahyangan, Telkom University, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Negeri Jakarta.

Prospek Kerja Beragam

Banyak anggapan keliru yang berkembang soal perkuliahan dan prospek kerja jurusan ilmu administrasi bisnis. Salah satunya seperti telah disebutkan di atas, jurusan ini hanyalah untuk mereka yang mau jadi pengusaha. Mitos ini tentu tidak benar. Banyak kesempatan kerja di luar sana yang menanti lulusan dengan bekal ilmu administrasi bisnis.

Setelah lulus, kamu bisa jadi PNS, konsultan bisnis, staf pemasaran, staf HRD, atau pegawai bank. Di perusahaan, kamu bisa memasuki jajaran manajemen perusahaan. Hampir semua industri membutuhkan tenaga kerja dengan latar belakang administrasi bisnis. Pasalnya, bisnis merupakan urat nadi dari keiatan yang dijalankan dan kamu memiliki ilmu yang tepat untuk itu.

Kalaupun kamu tak terlalu tertarik terjun ke dunia bisnis secara langsung, tak ada salahnya mengabdi untuk pendidikan dengan menjadi dosen. Menjadi dosen tentu saja membutuhkan kualifikasi yang lebih baik misalnya saja lulusan S2 atau S3.

Banyak juga anggapan bahwa ini jurusan ini kaku dan membosankan, lulusannya kurang diminati, karier terbatas, dan gaji kurang menjanjikan. Lagi-lagi itu semua tidak benar. Materi dalam ilmu ini sangat luas dan bervariasi.

Dengan dasar pengetahuan dan ilmu yang mumpuni tentang bisnis, justru lulusannya memiliki nilai plus. Otomatis, siapa pun yang berpengetahuan dan mampu berkontribusi untuk perusahaan akan memiliki jenjang karier baik dan kenaikan gaji pun mengikuti.

Jadi, jurusan ilmu administrasi bisnis bukan hanya untuk calon pengusaha, ya. Siapa pun yang berminat dengan dunia bisnis, bisa menuntut ilmu administrasi bisnis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait