Pelajaran Bisnis Dasar Ini Wajib Dipahami oleh Pengusaha

pelajaran bisnis dasar
pelajaran bisnis dasar

Ada banyak pelajaran bisnis dasar yang harus dipahami untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha. Apa saja pelajaran bisnis dasar itu? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Mungkin sebagian dari kamu berencana menjadi pengusaha, maka dari itu pastilah ada sebagian yang menekuni pelajaran bisnis, sebagian lainnya mungkin memahami bisnis dari pengalaman atau praktik langsung.

Meski kamu merupakan sarjana bisnis atau sarjana ekonomi, nyatanya ilmu pelajaran bisnis dasar akan kamu dapatkan saat kamu benar-benar terjun kedalam bisnis yang sesungguhnya dengan mendirikan sebuah bisnis dan mulai menjalani bisnis tersebut.

Disisi lainya, ada banyak orang yang terlalu percaya diri saat sudah mengikuti pelatihan atau training pelajaran bisnis. Padahal dengan menjadi lulusan fakultas bisnis sekalipun tidak menjamin bisnis kamu akan sukses dan memperoleh kemajuan yang besar.

Disisi lain, beberapa faktor yang bisa dikatakan paling menentukan kesuksesan bisnis tetunya tidak bisa diajarkan di dalam kelas pelajaran bisnis. Pengalaman ini harus didapatkan dengan mengalaminya dan menjalaninya secara langsung.

Satu hal yang perlu kamu tahu adalah ilmu bisnis hakikatnya bukanlah bentuk teori yang diajarkan didalam kelas. Namun jika kamu ingin sukses, maka ada banyak ilmu bisnis yang diperlukan dalam mendirikan dan mengelola bisnis ternyata tidak dapat diajarkan di kelas.

Apa saja pelajaran bisnis dasar yang tidak diajarkan di dalam kelas?

Pengorbanan dalam Bisnis

Pengorbanan dalam hal bisnis adalah sebuah hal yang terdengar klise. Namun pada dasarnya setiap orang yang memahami tentang kewirausahaan pasti mengatakan hal ini. Hal terpenting adalah tidak ada seorangpun yang bisa mempersiapkan seorang pengusaha dalam mengatasi masalah stres, baik secara mental, fisik, sosial, emosional, dan spiritual yang akan menimpa kamu ketika kamu memulai bisnis sendiri.

Disisi lain, dalam membangun sebuah bisnis, kamu akan diuji dengan cara yang tidak akan pernah kamu temui di pekerjaan kantoran. Bisnis bahkan mampu menguji dengan cara yang nyaris menghancurkan rumah tangga dan kehidupan pribadi kamu,

Kesuksesan Cepat Adalah Barang Langka

Saat ini ada banyak orang yang cenderung sangat disibukkan dalam membaca cerita tentang Facebook, Google, YouTube, LinkedIn, Amazon, dan kisah-kisah kesuksesan lain dari sebuah start-up yang diawali dengan bisnis kecil hingga menjadi sebuaah bisnis raksasa, kemudian kamu mungkin berpikir bahwa kesuksesan mungkin saja datang dengan cepat. Namun faktanya, hal seperti ini sangat langka terjadi, bahkan Amazon dan LinkedIn saja membutuhkan bertahun-tahun sebelum akhirnya mereka mampu mencetak keuntunga mereka.

Dalam era serba canggih dan serba instan seperti saat ini, orang-orang muda sudah terbiasa hidup dengan kemudahan yang cukup instan. Mereka memiliki DVR, iPads, Netflix dan teknologi lain sejenisnya yang dengan mudah memberikan apa saja yang kamu inginkan. Dalam membangun bisnis memang tidak pernah ada kata mudah.

Apabila kamu sangat menginginkan untuk memulai bisnis dan menjadikannya bermakna, maka kamu bisa mempersiapkan bisnis itu untuk menjadi bagian dari proses yang lambat. Dengan bentuk kondisi perekonomian yang tengah mengalami resesi, Agar kamu mendapatkan sumber daya, seperti misalnya manusia maupun modal, mungkin akan ini akan sedikit memakan waktu lebih lama dari yang kamu harapkan. Ini tidak berarti bisnis kamu tidak akan sukses, hal ini tentunya kamu harus memiliki cukup kesabaran untuk meraih kesuksesan tersebut.

kamu Harus Siap Antisipasi Sewaktu-waktu.

Ketika kamu mulai mendirikan perusahaan, maka kamu sudah tentu memiliki sebuah visi yang ingin kamu capai dengan perusahaan kamu. Sementara itu, hal yang harus yang kamu pikirkan adalah penurunan pasar industri secara keseluruhan.

Sebaliknya, dengan cepat kamu bisa beralih strategi dan mulai berpikir out of the box untuk menilai konsumen mana yang memiliki keinginan paling mendesak pada produk kami. Melalui strategi ini mempertemukan kamu dengan bisnis baru atau memperbaiki konsep bisnis kamu yang lama.

Rahasia Kesuksesan Dalam Menjual Tidak Diajarkan

Apapun hal yang nantinya akan kamu jual bisa berupa produk ataupun jasa, kemampuan kamu dalam melakukan closing penjualan adalah hal yang sangat penting jika kamu berhadapan dengan pelanggan, klien, atau konsumen.

Meski demikian kamu tidak bisa mengajarkan semua elemen penutupan penjualan tersebut bila hanya dengan ceramah di dalam kelas. Kemampuan dalam membaca target konsumen atau memancarkan nilai unggul produk tidak dapat diajarkan.

Kemampuan tersebut bersumber dari pengalaman dan gairah kamu pada bisnis. Para penjual top pastinya memiliki karakteristik tertentu yang tumbuh dan berkembang melampaui keterampilan yang diajarkan. Misalkan saja dengan melibatkan diri dan berinteraksi dengan orang, ini aka bisa menjadi sebuah pemecah masalah.

Apabila kamu tidak memiliki keterampilan tersebut bukan berarti kamu tidak bisa menjual dengan baik, ini artinya kemampuan kamu tersebut mungkin tidak datang secara alami kepada kamu. Apabila hal itu yang terjadi, ada baiknya jika kamu bermitra dengan seseorang yang memiliki keterampilan tersebut.

Think Big

Pada saaat kamu memulai sebuah bisnis, hal pertama yang kamu pikirkan adalah bagaimana caranya agar bisnis kamu bisa tumbuh dengan cepat. Dengan begini kamu mungkin akan lebih memilih untuk menerapkan awal distribusi secara nasional dan bukan dengan membangun cengkeraman yang solid dalam satu pasar.

Adapun permainan paling penting di awal kehidupan bisnis adalah berusaha menghasilkan arus kas yang mampu mendukung pertumbuhan bisnis. Bagi kamu pemilik bisnis yang menggunakan modal pribadi atau sejenisnya di mana pendiri memiliki peran yang signifikan dari perspektif keuangan, ini tentunya akan sangat menentukan panjang atau tidaknya umur bisnis kamu.

Jika kamu terus berusaha dalam menumbuhkan bisnis kamu secara cepat, maka kamu menempatkan bisnis dalam situasi di mana dibutuhkan investasi tambahan dan sumber daya untuk tumbuh yang mungkin tidak kamu miliki. Ini tentunya akan menyebabkan kamu bisa kehilangan kendali dalam bisnis kamu, seperti menggandeng mitra yang sebelumnya tidak pernah kamu miliki, akibatnya kamu akan melihat bisnis kamu dikelola cara yang tidak sesuai dengan visi kamu pada awal berdirinya bisnis kamu.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pelajaran bisnis yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait