Tidak Perlu Galau! Ini Dia Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

kuliah sambil bekerja
kuliah sambil bekerja

Kuliah sambil bekerja memang bukan perkara mudah. Bahkan banyak yang terhenti di tengah jalan. Bagi kamu yang butuh tips suksesnya agar tidak patah arang, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Memiliki pendidikan tinggi memang bukan satu-satunya faktor untuk mencapai kesuksesan. Akan tetapi, pendidikan memiliki dampak signifikan dalam cara bersosialisasi, berpikir dan membuka wawasan seseorang. Pendidikan juga bisa menjadi modal meningkatkan jenjang karir dan menambah pengetahuan sebagai fasilitas untuk mencapai kesuksesan.

Apalagi, jika kamu terjun di bidang yang membutuhkan gelar pendidikan formal untuk meningkatkan kredibiltas profesi yang kamu jalani. Seperti misalnya menjadi PNS, pengajar, trainer, pengacara, psikolog, atau profesi lain yang memang hanya bisa dicapai dengan adanya bukti pendidikan formal (ijazah).

Oleh karena itu, tidak jarang seseorang yang sudah bekerja, memutuskan untuk kembali kuliah untuk meningkatkan jenjang karir di masa depan. Tentunya hal ini bukan perkara mudah. Jangankan mereka yang kuliah sambil bekerja. Banyak mahasiswa yang hanya berkuliah, juga kesulitan menyelesaikan studinya, bahkan terpaksa berhenti di tengah jalan.

Tapi kamu jangan patah arang. Ada banyak cara agar kamu bisa tetap sukses menjalani kuliah sambil bekerja.

Sesuaikan Jurusan Yang Diambil Dengan Tujuan Kamu Kuliah

Mengambil kuliah saat telah bekerja bisa berarti dua hal:

  • Sesuai dengan profesi yang kamu jalani, sehingga bisa menjadi bekal meningkatkan jenjang karir
  • Berbeda dari bidang pekerjaan yang sedang kamu jalani. Biasanya, kuliah diambil untuk dijadikan bekal karir masa depan.

Tentukan sejak awal apa tujuan kamu menjalani kuliah sambil bekerja. Jika pekerjaan kamu saat ini hanya kamu rencanakan sebagai pekerjaan jangka pendek, maka kamu bisa mengambil kuliah agar nanti bisa meniti karir di bidang yang kamu minati.

Tetapi jika saat ini kamu memang bekerja sesuai dengan passion kamu, maka kuliah bisa dijadikan jalan untuk semakin ahli di bidang yang kamu tekuni. Sehingga dengan kuliah, bisa menjadi batu loncatan meraih karir yang lebih tinggi.

Pilih Jadwal Kuliah Sesuai Kemampuan Kamu

Banyak karyawan yang kuliah sambil bekerja berhenti di tengah jalan karena kelelahan dan kewalahan. Oleh karena itu, pastikan jadwal kuliah kamu sesuai dengan kemampuan kamu. Kamu bisa ambil kuliah jam sore atau kuliah di akhir pekan. Perhatikan jam kuliah dan jam kerja agar tidak bentrok.

Pertimbangan Jumlah SKS Mata Kuliah yang Diambil

Selain itu, jika kamu takut kewalahan, tidak ada salahnya ambil SKS tidak terlalu banyak. Lebih baik mengambil SKS sedikit dan bisa selesai dengan baik walau menambah waktu kuliah sedikit lama, daripada kamu ambil banyak SKS dan bermasalah di tengah jalan.

Akibat memaksakan mengambil jumlah SKS banyak bisa berbuntut panjang. Misal, tidak lulus mata kuliah sehingga harus mengulang di semester depan atau harus mengambil semester pendek. Akhirnya, waktu yang dihabiskan bahkan lebih lama ketimbang mencicil SKS sedikit demi sedikit, sementara energi yang kamu habiskan lebih banyak. Bahkan, harus mengorbankan masa istirahat jika sampai mengambil semester pendek. Karena itu ambil jumlah cicilan SKS mata kuliah dengan bijak sesuai kesanggupan.

Pertimbangan Sistem Belajar Jarak Jauh

Istilah dimana ada jalan, di situ ada kemauan memang benar adanya. Saat ini, ada banyak cara agar kuliah sambil bekerja bisa tetap berjalan dengan baik. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah dengan mengambil kuliah sistem pembelajaran jarak jauh.

Ada banyak universitas dan sekolah tinggi yang membuka sistem belajar jarak jauh. Sehingga kamu tidak harus pergi ke kampus untuk menjalani kuliah. Tentunya hal ini bisa menghemat uang transportasi, waktu dan juga energi kamu.

Kuliah sambil belajar dengan sistem jarak jauh seperti ini, membutuhkan motivasi kuat dalam diri sendiri. Sehingga kamu bisa tetap belajar dan menyelesaikan semua tugas kuliah. Ingat kembali apa harapan kamu untuk tetap kuliah, jangan sampai terbengkalai di tengah jalan.

Tapi bukan berarti semua proses kuliah jarak jauh semata-mata dilakukan dari jarak jauh. Ada kalanya tetap diadakan pertemuan pada waktu tertentu dengan dosen. Demikian juga untuk urusan administrasi dan khususnya bimbingan pada saat tugas akhir (skripsi/tesis), maka kamu tetap harus meluangkan waktu untuk menemui dosen atau pergi ke kampus.

Atur Keuangan Agar Kuliah Tetap Berjalan Lancar

Kuliah sambil bekerja berarti juga pengeluaran ekstra untuk semua kebutuhan kuliah. Kurangnya biaya seringkali jadi faktor seseorang putus kuliah. Oleh karena itu, pada saat kamu memutuskan untuk kuliah, kamu harus bisa mengatur penghasilan untuk setiap pos pos yang dibutuhkan.

Berikut ini adalah tips keuangan yang bisa kamu lakukan agar kuliah sambil bekerja bisa berjalan lancar.

Ada baiknya sebelum mulai kuliah, kamu membuka tabungan berjangka sebagai persiapan kuliah. Sesuaikan tempo tabungan berjangka dengan kapan rencana kamu akan mulai kuliah.

Bukalah tabungan berjangka dengan tempo simpanan selama 6 bulan selama kuliah berjalan. Uang tabungan tersebut bisa kamu gunakan untuk biaya heregistrasi ulang dan membayar SPP semesteran. Dengan persiapan maksimal, kamu bisa lebih ringan pada saat masa pembayaran SPP.

Beasiswa bisa menjadi salah satu solusi finansial. Baik beasiswa yang diberikan oleh pihak kantor, atau beasiswa dari yayasan dan perusahaan yang bekerja sama dengan kampus tempat kamu kuliah. Oleh karena itu, carilah informasi jenis-jenis beasiswa yang tersedia, serta apa saja persyaratan yang dibutuhkan.

Jaga Kesehatan dan Stamina Agar Kuliah Sambil Bekerja Bisa Sukses

Semua rencana bisa berantakan akibat kondisi kesehatan yang buruk. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melalaikan kesehatan akibat padatnya jadwal karena kuliah sambil bekerja. Jagalah kesehatan dan stamina dengan rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat dan vitamin jika dibutuhkan.

Ingatlah selalu prinsip di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Dengan memiliki kesehatan dan stamina prima, semua tantangan bisa kamu hadapi. Sehingga rencana kamu untuk sukses menjalankan kuliah sambil bekerja, bisa terealisasikan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait