Investor Pemula

Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis? Ini Daftar Prospek Kerjanya

Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis

Apakah kamu sudah lulus SMA dan ingin lanjut ke bangku perkuliahan? Apakah kamu bingung jurusan yang menjanjikan untuk memberimu pekerjaan di masa depan nanti? Mungkin salah satu jurusan program studi yang memiliki prospek tinggi adalah jurusan manajemen bisnis.

Jurusan kuliah ini dianggap memberi kesempatan untuk mempelajari ilmu yang bisa diaplikasikan di berbagai bidang. Ibaratnya apapun bisnis baik itu perusahaan besar atau UMKM sekalipun, pasti membutuhkan lulusan manajemen di dalamnya. Kamu bisa bekerja baik di dalam maupun luar negeri jika memiliki gelar di bidang ini karena banyak perusahaan membutuhkannya.

Bahkan jika kamu lebih tertarik menjalankan bisnis sendiri maka akan sangat lebih baik bila mempelajari teori ini. Kamu akan mengerti seluk beluk yang harus dilakukan untuk memastikan pengaturan seluruh bisnis yang kamu jalankan tanpa harus mengandalkan orang lain.

Selama ini, prodi memang terbukti telah menjadi tujuan banyak anak muda untuk belajar di perguruan tinggi. Bahkan ibaratnya masuk ke jurusan ini sudah memberikan prestise tersendiri di kalangan anak muda. Prospek kerja jurusan ini dianggap terbuka lebar kapanpun dan di mana pun.

Bahkan banyak orang tua yang mendorong anaknya untuk mengambil prodi ini ketika kuliahh agar punya bekal untuk menghadapi masa depan nanti. Namun sebagaimana umumnya anak muda pasti masih banyak yang belum mengerti soal ilmu dan tanggung jawab ilmu perkuliahan ini.

Lalu, apakah kamu berniat mengambil jurusan manajemen bisnis? Bagi kamu yang masih bingung, yuk ketahui dulu apa itu jurusan manajemen bisnis. Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan memiliki karier yang menjanjikan ke depannya karena tidak paham soal prospek kerjanya.

#Latar Belakang Manajemen

Ilmu manajemen bisa dikatakan sebagai jurusan tertua di dunia. Mengapa begitu? Semenjak manusia hidup berkelompok sudah banyak yang memulai manajemen, yakni merencanakan dan mengelola seluruh proses untuk mencapai sebuah tujuan. 

Meskipun terdengar biasa, manajemen dalam dunia bisnis perlu dipelajari dan praktiknya. Berbeda dengan zaman dahulu, kamu tidak hanya belajar teori tetapi juga memiliki kesempatan untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari di tempat kerja.

#Apa yang Dipelajari dari Manajemen Bisnis?

Banyak sekali yang harus kamu pelajari dari kuliah manajemen bisnis. Pada tahun pertama, kamu akan mempelajari berbagai teori. Namun, tidak sulit jika kamu memahami garis besar pelajarannya terlebih dahulu.

  • Memahami dan mengetahui tujuan yang harus dicapai
  • Mengumpulkan dan menganalisa data serta informasi
  • Menyusun rencana atau strategi berdasarkan prinsip Efisien dan Efektif
  • Melaksanakan rencanaMengevaluasi pekerjaan

Semua hal tersebut akan kamu pelajari dalam beberapa mata kuliah, seperti Pengantar Ekonomi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Ekonomi Makro, Komunikasi Bisnis, dan masih banyak lainnya.

Setiap mata kuliah akan memberikan perspektif dan panduan terbaik untuk mewujudkan berbagai hal yang disebutkan sebelumnya. Misalnya manajemen pemasaran akan mengajarkan kamu caranya melakukan marketing yang sesuai dengan perkembangan dan kondisi pasar terkini.

Sedangkan komunikasi bisnis akan lebih mengulas soal cara penyampaina terbaik untuk mencapai tujuan bisnis yang kamu canangkan. Terlepas dari apapun komunikasi bisnis adalah hal yang sangat vital untuk memajukan usaha yang sedang kamu geluti. Terlebih lagi di era dengan persaingan tinggi saat ini, kemampuan komunikasi bisnis yang baik akan menjadi jurus ampuh kamu masuk ke dunia kerja.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis

Jika kamu kuliah di jurusan manajemen bisnis, maka peluang kariermu akan lebih luas. Umumnya, lulusan keuangan dan akuntansi bisa melanjutkan kuliahnya dengan mengambil kualifikasi profesional saat bekerja di lapangan. Misalnya, sertifikat yang diberikan oleh Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) dan Chartered Institute of Management Accountants (CIMA).

Selain itu, lulusan keuangan atau akuntansi bisa menjadi analis investasi, penasihat keuangan, manajer pajak, penjamin asuransi, pialang saham, konsultan bisnis atau manajer risiko. Jelas variasi profesi yang sangat banyak untuk satu jenis keilmuan saja.

Kamu bisa memilih ingin bekerja sebagai apa dengan memegang gelas sarjana manajemen bisnis. Misalnya kamu merasa berkompeten di akuntansi maka profesi menjadi akuntan akan terbuka lebar pula. Kamu bisa mengambil beberapa kursus akuntasi tambahan untuk menambah kompetensimu.

Sementara profesi sebagai penasihat keuangan juga merupakan salah satu yang semakin populer belakangan ini. Pasalnya orang mulai sadar bahwa mengatur keuangan adalah hal yang penting tapi sulit dilakukan. Untuk itulah banyak dari mereka yang merekrut konsultan keuangan pribadi termasuk untuk berinvestasi.

Dengan semakin tingginya minat investasi dari masyarakat umum tentunya menjadi kesempatan besar untuk pekerjaanmu nantinya. Jika tertarik terjun lebih dalam ke dunia investasi, kamu bisa menjadi pialah saham atau bergabung dengan perusahaan manajer investasi misalnya.

Dengan gelar manajemen bisnis, banyak lulusan yang melanjutkan karirnya di beberapa bidang, seperti pengembangan bisnis, pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM), rekrutmen, perbankan, dan hubungan industrial.

Peran atau jabatan tersebut ada di berbagai industri, seperti makanan, fashion, retail, manufaktur, kesehatan, pariwisata, dan lainnya. Dengan belajar bisnis, kamu akan mendapatkan pengalaman di bidang komunikasi, keuangan, strategi pasar, dan kebijakan bisnis.

Seperti dikatakan sebelumnya, semua sektor membutuhka orang dengan kemampuan manajemen bisnis yang memadai. Pastikan kamu salah satu diantaranya agar impian memiliki karier yang menjanjikan bisa kamu wujudkan segera.

#Prospek Gaji Manajemen Bisnis

Prospek gaji di manajemen bisnis akan tumbuh secara stabil, para lulusan baru biasanya akan memulai dari tingkat rendah. Meski demikian, gaji pertama para sarjana manajemen bisnis umumnya lebih tinggi dari keilmuan lainnya.

Bukan rahasia lagi bahwa ilmu ekonomi menjanjikan penghasilan yang besar, sebanding dengan tantangan dan risikonya. Apalagi jika kamu bisa bergabung dengan perusahaan multi nasional atau skala internasional maka pendapatanmu bisa jauh lebih banyak lagi.

Kamu bisa lebih cepat mewujudkan berbagai tujuan keuanganmu dan tentunya punya dana yang memadai untuk melakukan investasi. Kelebihan lainnya jika lebih tertarik pada dunia enterpreneurship, kamu juga bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah itu. Paling tidak modal yang kamu miliki lebih baik daripada pengusaha yang sepenuhnya otodidak itu.

Mereka yang sudah memiliki pengalaman dan pendidikan, berpeluang memperoleh profesi tingkat eksekutif dengan gaji yang besar. Tentunya kamu juga harus terus-terusan meningkatkan komptensi dan berprestasi di kantor nanti. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prospek kerja dan gaji, termasuk dengan kondisi pasar, pengalaman, dan pendidikan terakhir.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, setidaknya kamu harus mempersiapkan diri untuk bisa terjun ke manajemen bisnis. Ketahuilah bahwa ilmu manajemn bisnis adalah sesuatu yang tak lekang oleh waktu. Kamu akan selalu dibutuhkan jadi jangan khawatir tidak mendapatkan pekerjaan.

Selain itu, banyak perusahaan yang menawarkan peluang untuk studi lanjutan master pula apabila karyawannya berprestasi. Karena itu, kamu bisa memulai karir dari tingkat dasar dengan pendidikan sarjana dan meminta bantuan finansial dari perusahaan tempatmu bekerja untuk melanjutkan pendidikan S-2. Jadi, sudah yakin mau masuk jurusan manajemen bisnis?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait