Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis

Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis
Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek paling apik, di mana banyak perusahaan yang membutuhkan lulusannya. Apakah kamu sudah lulus SMA dan ingin lanjut ke bangku perkuliahan? Lalu, apakah kamu berniat mengambil jurusan manajemen bisnis? Bagi kamu yang masih bingung, yuk ketahui dulu apa itu jurusan manajemen bisnis. 

Latar Belakang Manajemen

Ilmu manajemen bisa dikatakan sebagai jurusan tertua di dunia. Mengapa begitu? Semenjak manusia hidup berkelompok sudah banyak yang memulai manajemen, yakni merencanakan dan mengelola seluruh proses untuk mencapai sebuah tujuan. 

Meskipun terdengar biasa, manajemen dalam dunia bisnis perlu dipelajari dan praktiknya. Berbeda dengan zaman dahulu, kamu tidak hanya belajar teori tetapi juga memiliki kesempatan untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari di tempat kerja.

Apa yang Dipelajari dari Manajemen Bisnis?

Banyak sekali yang harus kamu pelajari dari kuliah manajemen bisnis. Pada tahun pertama, kamu akan mempelajari berbagai teori. Namun, tidak sulit jika kamu memahami garis besar pelajarannya terlebih dahulu.

  • Memahami dan mengetahui tujuan yang harus dicapai
  • Mengumpulkan dan menganalisa data serta informasi
  • Menyusun rencana atau strategi berdasarkan prinsip Efisien dan Efektif
  • Melaksanakan rencana
  • Mengevaluasi pekerjaan

Semua hal tersebut akan kamu pelajari dalam beberapa mata kuliah, seperti Pengantar Ekonomi, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Ekonomi Makro, Komunikasi Bisnis, dan masih banyak lainnya.

Prospek Kerja Manajemen Bisnis

Jika kamu kuliah di jurusan manajemen bisnis, maka peluang karirmu akan lebih luas. Umumnya, lulusan keuangan dan akuntansi bisa melanjutkan kuliahnya dengan mengambil kualifikasi profesional saat bekerja di lapangan. Misalnya, sertifikat yang diberikan oleh Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) dan Chartered Institute of Management Accountants (CIMA).

Selain itu, lulusan keuangan atau akuntansi bisa menjadi analis investasi, penasihat keuangan, manajer pajak, penjamin asuransi, pialang saham, konsultan bisnis atau manajer risiko. 

Dengan gelar manajemen bisnis, banyak lulusan yang melanjutkan karirnya di beberapa bidang, seperti pengembangan bisnis, pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM), rekrutmen, perbankan, dan hubungan industrial.

Peran atau jabatan tersebut ada di berbagai industri, seperti makanan, fashion, retail, manufaktur, kesehatan, pariwisata, dan lainnya. Dengan belajar bisnis, kamu akan mendapatkan pengalaman di bidang komunikasi, keuangan, strategi pasar, dan kebijakan bisnis.

Prospek Gaji Manajemen Bisnis

Prospek gaji di manajemen bisnis akan tumbuh secara stabil, para lulusan baru biasanya akan memulai dari tingkat rendah. Mereka yang sudah memiliki pengalaman dan pendidikan, berpeluang memperoleh profesi tingkat eksekutif dengan gaji yang besar.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prospek kerja dan gaji, termasuk dengan kondisi pasar, pengalaman, dan pendidikan terakhir.

Setelah mengetahui penjelasan di atas, setidaknya kamu harus mempersiapkan diri untuk bisa terjun ke manajemen bisnis. Tentunya, banyak perusahaan yang menawarkan peluang untuk studi lanjutan S-2. Sebab, kamu bisa memulai karir dari tingkat dasar dengan pendidikan sarjana dan meminta bantuan finansial dari perusahaan tempatmu bekerja untuk melanjutkan pendidikan S-2. Jadi, sudah yakin mau masuk jurusan manajemen bisnis?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait