Bisnis & Kerja Sampingan

Fungsi Manajemen Pemasaran Bikin Omzet Bisnis Maksimal

Ajaib.co.id – Fungsi manajemen pemasaran sangat dirasakan dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Namun ini bukan hanya prestasi sendiri namun bagian dari kerja kolektif dan efisiensi kerja secara tim. Hal yang menjadi bukti akan adanya fungsi pengorganisasian dalam pelaksanaan bisnis.

Perusahaan memiliki banyak divisi dengan fungsinya masing-masing. Untuk melakukan pengaturan itulah maka kemudian ada yang namanya proses manajemen. Fungsi manajemen amat terasa khususnya untuk memastikan semua Sumber Daya Manusia (SDM) maupun tenaga kerja bekerja secara efektif sesuai dengan pembagian tugas dan tanggung jawabnya.

Secara umum, terdapat 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (directing) dan pengendalian (controling). Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya:

1.Planning

Fungsi manajemen yang pertama adalah fungsi perencanaan.Aspek ini bertujuan untuk menyusun rencana dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi perencanaan merupakan yang terpenting, karena tanpa adanya perencanaan maka fungsi-fungsi lain tidak dapat dilaksanakan dan tentunya tujuan manajemen tidak akan tercapai.

2. Organizing

Fungsi organizing adalah fungsi manajemen dalam hal pembagian tugas dan kegiatan besar menjadi kecil untuk dibagikan pada para anggota sesuai keahlian dan bertanggung jawab terhadap tugas tersebut. Dalam arti manajemen memiliki fungsi untuk mengelompokkan orang, tugas, tanggung jawab dan wewenang sesuai porsi sehingga mencapai tujuan organisasi itu sendiri secara bersama-sama.

3. Directing

Pengarahan merupakan tindakan yang dilakukan agar semua anggota berusaha untuk mencapai cita-cita organisasi. Dalam fungsi pengarahan ini, fungsi manajemen adalah untuk meningkatkan efetivitas dan efisiensi kinerja para anggota secara optimal sesuai dengan unsur-unsur yang ada.

4. Controlling

Yang terakhir adalah fungsi pengendalian. Yang di maksud dengan fungsi ini adalah manajemen untuk menilai kinerja para anggota sesuai dengan standar yang telah dibuat kemudian melakukan perubahan dan perbaikan jika terdapat hasil penilaian yang kurang baik. Dalam hal ini perusahaan perlu menyiapkan rencana perusahaan agar fungsi ini dapat berjalan dengan baik dan efisien sehingga tidak menghabiskan banyak biaya.

Dalam aplikasi berbagai fungsi manajemen inilah kemudian hadir pula manajemen pemasaran yang sangat penting untuk memastikan kesuksesan bisnis. Saking pentingnya, setiap perusahaan berupaya menghasilkan teknik terbaik untuk melakukan pemasaran. Dalam hal ini maka fungsi manajemen perusahaan benar-benar diuji.

Apakah strategi dan manajemen pemasaran dalam bisnis memang identik dengan modal besar yang perlu dikeluarkan? Jawabannya, bisa iya atau tidak. Semua strategi dan manajemen pemasaran di setiap bisnis memang memiliki nilai anggaran yang berbeda-beda.

Fungsi manajemen pemasaran juga tergantung dari segmentasi pasar yang ingin ditarget oleh bisnis kamu, dan perihal bagaimana cara melakukan pemasarannya. Hal itu, kembali lagi kepada pertimbangan dari penentuan segmentasi pasar yang ingin disasar.

Jika bisnis kamu menargetkan kaum anak muda, tentu saja saluran distribusi konten pemasaran kamu pasti tidak jauh-jauh dari tren dan kebudayaan di kalangan anak muda saat ini.

Seperti pemasaran melalui online, yang memang hal ini sangat mencerminkan budaya dan gaya hidup anak muda sekarang, yaitu mereka tidak lepas dari penggunaan gadget baik itu untuk komunikasi, browsing, dll.

Istilahnya anak saat ini, “anak muda tak bisa hidup tanpa gadget”. Memang sih, Ajaib rasa hal ini terdengar lebay untuk kamu, namun faktanya memang demikian. Coba saja kamu lihat, apakah anak muda saat ini bisa hidup tanpa gadget? Mereka tidak mengenal waktu ketika sedang asyik bermain dengan gadget kesayangannya.

Jadi, sebetulnya besar atau kecilnya biaya pemasaran yang dilakukan oleh kamu, tergantung dari produk yang kamu ingin jual dan target pasar yang ingin disasar. Sehingga kamu memang perlu memiliki manajemen pemasaran yang baik dalam mengelola keuangan atau anggaran untuk kampanye pemasaran bisnismu.

Fungsi Manajemen Pemasaran Untuk Kesuksesan Bisnis

Secara sederhana, fungsi manajemen pemasaran hal ini menyangkut perencanaan pemasaran hingga eksekusi. Bahkan saking pentingnya, manajemen pemasaran sudah dilakukan sebelum adanya produk yang diproduksi dan dijual.

Yang mana, fungsi manajemen pemasaran meliputi lima proses pemasaran seperti merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan pengawasan. Selain itu, dalam manajemen pemasaran yang baik, kamu juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  • Produk

Agar manajemen pemasaran bisnismu bisa berjalan dengan lancar, kamu harus berorientasi terhadap kualitas, karena kualitas merupakan salah satu indikator dari sistem manajemen mutu yang baik.

Selain itu, produk yang kamu jual harus dilakukan perbaikan secara terus-menerus untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Harga produk juga demikian dimana kamu bisa melakukan manajemen yang baik dalam efisien proses yang berhubungan dengan produk tersebut seperti transportasi, mesin, dll.

  • Nilai

Buatlah produkmu memiliki nilai jual lebih, yaitu biasanya kamu bisa menambahkan garansi selama 1 tahun, kualitas barang terjamin, pengiriman cepat, dll.

Hal ini juga menjadi nilai lebih dari produk yang ingin kamu jual ke konsumen, dengan cara ini mereka tidak takut dan ragu untuk membeli produk kamu nantinya. Karena, mereka percaya bahwa bisnismu berorientasi terhadap kualitas.

  • Biaya

Harga produk yang kamu jual harus disesuaikan dengan segmentasi pasar yang sudah tentukan sebelumnya.

  • Kepuasaan

Produk yang kamu jual sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh konsumen dari segi harga dan kualitasnya.

  • Pasar

Ingat! Pada dasarnya, semua produk yang ada di pasaran saat ini memiliki target pasarnya masing-masing seperti low end, mid end, high end. Tinggal kamu yang menentukan produkmu tersebut masuk ke dalam kategori yang mana untuk dipasarkan.

Teknik Manajemen Pemasaran Terbaik Untuk Hadapi Era Digital

Fungsi manajemen pemasaran semakin terasa di masa ketika banyak perusahaan dan unit usaha bermunculan. Artinya, persaingan semakin ketat untuk meraih perhatian konsumen. Karena itulah, semua perusahaan berlomba-lomba menghasilkan teknik pemasaran terbaik.

Di masa ketika internet adalah segalanya, rasanya digital marketing adalah inovasi terbaik yang bisa dimunculkan. Terlebih lagi ketika pandemi Corona memberikan berbagai batasan untuk pelaksanaan bisnis.

Pemasar harus putar otak untuk bisa memasarkan produk atau jasa mereka ke konsumen, sebagai strategi brand bertahan di tengah pandemi virus corona. Para pelaku bisnis mengoptimalkan pemasaran online dan digital branding sebagai sarana komunikasi dengan target konsumennya.

Para pelaku brand harus bisa menyiasatinya. Mulai dari fokus ke pemasaran digital melalui website yang dijadikan e-commerce, social media, search engine, penjualan melalui marketplace, dan membentuk tim reseller untuk menjual produknya.

Selain itu, sejumlah teknik untuk mewujudkan fungsi manajemen pemasaran yang saat ini sedang banyak digunakan adalah dengan model SEO, advertorial, influencer dan content marketing. Misalnya saja dengan influencer karena dianggap seseorang yang mempunyai pengaruh cukup kuat dan mempunyai jumlah followers (pengikut) banyak.

Para influencer ini contohnya adalah selebgram, youtuber, food vlogger, public figure, dan sebagainya. Sedangkan, influencer marketing merupakan cara mempromosikan produk melalui para influencer dengan memanfaatkan beragam platform media sosial seperti Instagram, Blog, YouTube, Twitter, dan sebagainya.

Promosi dengan cara ini dianggap lebih tepat sasaran dan efektif karena banyak follower dari influencer yang akan tertarik dengan produk atau jasa yang mereka rekomendasikan. Sedangkan model SEO memiliki serangkaian strategi sistematis yang digunakan untuk membuat blog atau website muncul di halaman utama Search Engine Result Page (SERP). SEO bertujuan untuk meningkatkan pengunjung ke website dengan kata kunci yang sudah ditargetkan.

Sedangkan advertorial adalah gaya beriklan yang disajikan dengan gaya jurnalis, dimana pembaca akan dikenalkan dengan produk terkait melalui sebuah tulisan. Setiap pelaku usaha bisa memilih sendiri mana teknik terbaik untuk bisnisnya. Namun apapun teknik yang ditetapkan rasanya tak akan sukses tanpa peran manajemen yang efektif lagi efisien.

Demikianlah informasi yang Ajaib bisa berikan untuk kamu, itulah mengapa fungsi manajemen pemasaran itu sangat penting untuk meraup omzet dan cuan dalam bisnismu.

Artikel Terkait