Bisnis & Kerja Sampingan, Dunia Kerja

Fungsi Manajemen Pemasaran Bikin Omzet Bisnis Maksimal

Apakah strategi dan manajemen pemasaran dalam bisnis memang identik dengan modal besar yang perlu dikeluarkan? Jawabannya, bisa iya atau tidak. Semua strategi dan manajemen pemasaran di setiap bisnis memang memiliki nilai anggaran yang berbeda-beda.

Fungsi manajemen pemasaran juga tergantung dari segmentasi pasar yang ingin ditarget oleh bisnis kamu, dan perihal bagaimana cara melakukan pemasarannya. Hal itu, kembali lagi kepada pertimbangan dari penentuan segmentasi pasar yang ingin disasar.

Jika bisnis kamu menargetkan kaum anak muda, tentu saja saluran distribusi konten pemasaran kamu pasti tidak jauh-jauh dari tren dan kebudayaan di kalangan anak muda saat ini.

Seperti pemasaran melalui online, yang memang hal ini sangat mencerminkan budaya dan gaya hidup anak muda sekarang, yaitu mereka tidak lepas dari penggunaan gadget baik itu untuk komunikasi, browsing, dll.

Istilahnya anak saat ini, “anak muda tak bisa hidup tanpa gadget”. Memang sih, Ajaib rasa hal ini terdengar lebay untuk kamu, namun faktanya memang demikian. Coba saja kamu lihat, apakah anak muda saat ini bisa hidup tanpa gadget? Mereka tidak mengenal waktu ketika sedang asyik bermain dengan gadget kesayangannya.

Jadi, sebetulnya besar atau kecilnya biaya pemasaran yang dilakukan oleh kamu, tergantung dari produk yang kamu ingin jual dan target pasar yang ingin disasar. Sehingga kamu memang perlu memiliki manajemen pemasaran yang baik dalam mengelola keuangan atau anggaran untuk kampanye pemasaran bisnismu.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Secara sederhana, fungsi manajemen pemasaran hal ini menyangkut perencanaan pemasaran hingga eksekusi. Bahkan saking pentingnya, manajemen pemasaran sudah dilakukan sebelum adanya produk yang diproduksi dan dijual.

Yang mana, fungsi manajemen pemasaran meliputi lima proses pemasaran seperti merencanakan, penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan pengawasan. Selain itu, dalam manajemen pemasaran yang baik, kamu juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Produk

Agar manajemen pemasaran bisnismu bisa berjalan dengan lancar, kamu harus berorientasi terhadap kualitas, karena kualitas merupakan salah satu indikator dari sistem manajemen mutu yang baik.

Selain itu, produk yang kamu jual harus dilakukan perbaikan secara terus-menerus untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Harga produk juga demikian dimana kamu bisa melakukan manajemen yang baik dalam efisien proses yang berhubungan dengan produk tersebut seperti transportasi, mesin, dll.

Nilai

Buatlah produkmu memiliki nilai jual lebih, yaitu biasanya kamu bisa menambahkan garansi selama 1 tahun, kualitas barang terjamin, pengiriman cepat, dll.

Hal ini juga menjadi nilai lebih dari produk yang ingin kamu jual ke konsumen, dengan cara ini mereka tidak takut dan ragu untuk membeli produk kamu nantinya. Karena, mereka percaya bahwa bisnismu berorientasi terhadap kualitas.

Biaya

Harga produk yang kamu jual harus disesuaikan dengan segmentasi pasar yang sudah tentukan sebelumnya.

Kepuasaan

Produk yang kamu jual sesuai dengan harapan yang diinginkan oleh konsumen dari segi harga dan kualitasnya.

Pasar

Ingat! Pada dasarnya, semua produk yang ada di pasaran saat ini memiliki target pasarnya masing-masing seperti low end, mid end, high end. Tinggal kamu yang menentukan produkmu tersebut masuk ke dalam kategori yang mana untuk dipasarkan.

Demikianlah informasi yang Ajaib bisa berikan untuk kamu, itulah mengapa fungsi manajemen pemasaran itu sangat penting untuk meraup omzet dan cuan dalam bisnismu.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait