Ini Ragam Alasan Emas Antam Adalah Investasi Menjanjikan

emas antam adalah
emas antam adalah

Emas antam adalah produk emas batangan dengan produsen PT. Aneka Tambang. Emas antam sendiri menjadi instrumen investasi yang menjanjikan. Untuk alasannya, bisa disimak dalam ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Emas sudah lama menjadi salah satu instrumen investasi yang dipilih berbagai kalangan. Tidak saja kalangan atas tapi juga kalangan menengah bawah. Bahkan, untuk para milenial yang sebelumnya tidak pernah berinvestasi, emas antam menjadi daya tarik yang menggiurkan.

Tidak jarang, pada saat memiliki pendapatan lebih, banyak orang langsung menggunakannya untuk membeli emas.

Dua Jenis Investasi Emas

Ada dua jenis investasi emas yang bisa dipilih oleh investor. Yakni investasi dalam bentuk fisik (real asset) atau dalam bentuk paper asset yang tidak memiliki bentuk fisik.

Investasi Emas Fisik

Emas antam adalah salah satu jenis emas fisik yang tersedia dalam bentuk batangan. Berikut ini jenis-jenis emas dalam bentuk fisik:

  • Emas batangan
  • Koin emas
  • Emas perhiasan
  • Emas mata uang Dinar
  • Koleksi emas kuno
  • Kerajinan barang-barang emas.

Investasi Emas Non Fisik

Investasi emas dalam bentuk non fisik atau paper asset memang hanya dikenal oleh kalangan terbatas. Jenis investasi emas non fisik di antaranya adalah:

  • Sertifikat emas
  • Trading emas
  • Reksa dana emas

Investasi emas non fisik cenderung lebih aman karena tidak ada resiko hilang akibat pencurian atau terkena bencana alam. Namun demikian, masih banyak yang lebih memilih untuk berinvestasi emas fisik, karena lebih terlihat wujudnya dan bisa dipindahtangankan dengan mudah.

Kelebihan Investasi Emas Batangan

Dari banyaknya jenis pilihan investasi emas fisik, emas batangan memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan emas perhiasan. Diantaranya adalah :

Emas Batangan Disertai Sertifikat Keaslian

Setiap emas batangan sudah disertai sertifikat yang menyatakan keasliannya, serta berbagai keterangan terkait emas batangan tersebut. Termasuk tanggal cetak dan juga kadar emas. Sehingga pemilik emas batangan tidak perlu khawatir terkena tipuan.

Lain halnya dengan perhiasan emas yang masih sering dipalsukan. Tidak jarang juga banyak konsumen yang tertipu mengenai kadar emas pada perhiasan yang dibelinya, jika membeli di toko emas yang kurang bisa dipercaya.

Biaya Pembuatan Emas Batangan Lebih Rendah

Harga emas fisik yang diperjualbelikan tidak hanya murni harga emas berdasarkan kadar dan beratnya saja. Tapi, ada juga biaya pembuatan dan lain-lain yang dimasukkan ke dalam harga jual emas. Hal tersebut yang membuat harga emas bisa berbeda satu sama lain. karena itulah harga emas antam adalah berbeda dari emas lainnya.

Biaya pembuatan perhiasan emas sendiri lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pembuatan emas batangan. Belum lagi jika perhiasan emas tersebut didesain oleh desainer ternama atau dipesan di toko perhiasan mahal, tentunya akan berbeda dengan perhiasan emas dari toko emas biasa.

Harga Beli Kembali Emas Batangan Lebih Tinggi

Jika suatu saat kamu berniat melepas investasi emas kamu, biasanya harga beli kembali untuk emas batangan masih bertahan tinggi atau tidak jatuh banyak. Lain halnya dengan perhiasan emas, dimana harga beli kembalinya bisa turun cukup drastis.

Apalagi jika sampai ada kerusakan seperti misalnya batu hiasan lepas, rantai putus atau ada bagian yang telah hilang, bahkan model yang sudah dianggap jadul. Selain itu, seringkali banyak toko emas yang memberikan harga murah bahkan menolak membeli kembali emas yang tidak dibeli dari toko emasnya..

Perbedaan Emas Antam, UBS, King Halim dan HWT

Emas batangan atau dikenal juga dengan emas logam mulia yang ada di Indonesia terdiri dari Emas Antam, Emas UBS dan King Halim. Emas antam adalah produk emas batangan dengan produsen PT. Aneka Tambang. Sementara emas UBS diproduksi oleh PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Emas King Halim merupakan emas batangan yang diproduksi oleh PT. King Halim Jewelry. Satu lagi produsen emas di Indonesia adalah emas HWT yang diproduksi oleh PT. Hartono Wira Tanik (HWT). Hanya saja, walaupun menyediakan emas batangan, HWT lebih dikenal sebagai produsen perhiasan emas.

Jadi, perbedaan jenis logam emas terletak pada produsennya. Perbedaan produsen juga berdampak pada beberapa perbedaan berikut ini :

Harga Jual Emas

Hal ini dikarenakan perbedaan biaya produksi antara satu produsen dengan produsen lainnya. Emas Antam dikenal sebagai logam mulia dengan harga yang paling tinggi di Indonesia. Biasanya berbeda beberapa ribu rupiah dari emas UBS dan King Halim.

Ukuran Emas

Pada emas Antam dimulai dari 1 gram, sementara UBS dimulai dari ukuran 0,5 gram. Emas Antam tersedia dalam ukuran 2,5 gram, sementara emas UBS tidak. Emas King Halim dan HWT tersedia mulai ukuran 5 gram.

Sertifikasi

Setiap logam mulia akan dilengkapi dengan sertifikat masing-masing. Hal ini untuk menyatakan keasliannya. Bentuk sertifikat yang disertakan juga memiliki tipe yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Khusus untuk sertifikasi emas antam adalah diakui oleh LBMA (London Bullion Market Association). Sementara emas UBS bersertifikasi nasional yang dikeluarkan oleh PT. UBS sendiri, demikian juga dengan emas King Halim dan HWT.

Motif Emas Batangan

Emas batangan yang tercetak secara fisik, memiliki motifnya sendiri-sendiri antara satu perusahaan produsen emas dengan perusahaan lainnya. Emas Antam sendiri sempat mengeluarkan versi motif batik yang juga memiliki standar harga beberapa ribu lebih mahal dari motif standar.

Diantara produsen emas di Indonesia, PT. King Halim dikenal sebagai produsen emas batangan dengan motif emas yang lebih variatif. Ada belasan motif yang bisa dipilih oleh investor jika berminat mengoleksinya. Motif-motif tersebut antara lain: Taj Mahal, Masjidil Haram, Yesus, Tujuh Keajaiban Dunia, Naga, serta lain sebagainya.

Walaupun emas antam adalah yang paling populer diperjualbelikan dan dikoleksi oleh para investor logam mulia, tentunya kamu bebas menentukan logam mulia mana yang hendak kamu pilih. Pastikan kamu membelinya dari penjual terpercaya, dan pastikan keasliannya. Investasi emas juga memiliki resiko terbilang kecil.

Hanya saja, jika kamu mengharapkan mendapat keuntungan signifikan dari investasi logam mulia, kamu harus memproyeksikannya sebagai investasi jangka panjang.

Bacaan menarik lainnya:

Gerbino, K. (2012). Investing in Gold Producers as a Safeguard of Value. The Wall Street Transcript


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait