Begini Cara Cek Pajak Kendaraan Riau Secara Online

cek pajak kendaraan riau
cek pajak kendaraan riau

Buat masyarakat di Riau yang kesulitan dalam mencari informasi nilai pajak kendaraannya tak perlu bingung. Kini ada cara cek jumlah pajak kendaraan Riau yang mudah dilakukan, hanya perlu lima menit saja. Beberapa caranya bisa dibaca dalam ulasan redaksi Ajaib di bawah ini.

Bagi para pemilik kendaraan bermotor, sudah jadi hal yang wajib untuk rutin membayar pajak kendaraannya baik roda dua ataupun roda empat. Tiap-tiap kendaraan memiliki tarif pajak yang berbeda tergantung dari jenis kendaraannya. kamu bisa melihat nominal pajak kendaraan yang harus dibayarkan pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Selain itu, cara cepat lainnya untuk mengecek pajak kendaraan adalah melalui website dan juga aplikasi.

Kebanyakan orang masih enggan untuk membayar pajak kendaraannya karena malas untuk melakukan pengecekan langsung ke kantor Samsat yang setidaknya memakan waktu cukup lama. Terlebih buat yang ingin tahu berapa denda pajak yang harus dibayar. Namun, dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini buat masyarakat Riau bisa cek pajak kendaraan bermotor tahunan Riau dengan mudah dan praktis.

Mengenal Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Sebelum kamu cek pajak kendaraan Riau, setiap kendaraan memiliki nominal pajak yang berbeda. Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang dikenakan kepada para pemilik kendaraan. Sementara besaran pajak kendaraan ditentukan oleh dua hal.

Pertama, dilihat dari nilai atau harga dari kendaraan yang bersangkutan. Lalu yang kedua berdasarkan bobot dan ukuran kendaraan, potensi menyebarkan pencemaran maupun potensi menyebabkan kerusakan jalan yang bisa terjadi. Seperti bus, truk, ataupun kendaraan roda lebih dari empat lainnya.

Pembayaran Pajak Kendaraan di Riau Belum Maksimal

Dilansir dari laman bisnis.com, pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Riau masih belum berjalan dengan semestinya. Setidaknya ada sekitar 1 juta pengendara yang belum membayarkan pajak kendaraannya, dimana 80% mayoritas adalah sepeda motor.

Permasalahan ini terjadi karena mudahnya masyarakat membeli motor dengan cara kredit, dengan hanya bermodalkan uang muka Rp 500 ribu, masyarakat di Riau sudah bisa memiliki sepeda motor yang diidamkan. Inilah sebabnnya mengapa realisasi pajak kendaraan di Riau masih terbilang rendah.

Maka dari itu, dengan hadirnya website dan juga aplikasi untuk cek pajak kendaraan Riau bisa jadi langkah yang mudah dan simpel. Apalagi buat kamu yang sibuk dengan pekerjaan di kantor, cek kendaraan bermotor melalui smartphone akan sangat menghemat waktu tanpa perlu datang langsung ke kantor Samsat.

Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu seluruh informasi terkait pajak kendaraan yang lebih praktis kapan pun dan dimana pun. Untuk kamu yang ingin tahu cara cek pajak kendaraan Riau, bisa mengikuti beberapa tahapnya di bawah ini.

Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor di Riau Secara Online

kamu bisa cek pajak kendaraan Riau lewat beberapa cara, yaitu melalui website dan aplikasi. Selain untuk mengetahui status pajak kendaraan kamu, pembayaran juga bisa dilakukan via online melalui situs dan aplikasi tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Website

Apabila kamu ingin cek pajak kendaraan Riau via website, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

a. Buka situs http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/

b. Isi formulir dengan lengkap (nomor polisi dan data kendaraan) Lalu klik menu atau tombol tampil

c. Selanjutkan akan muncul informasi status pajak kendaraan dan nominal tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkan.

Cara-cara di atas merupakan cara mudah dan cepat untuk cek pajak kendaraan Riau. Namun, jika cara tersebut masih dirasa kurang efektif untuk kamu, bisa mengeceknya melalui aplikasi Android.

Aplikasi

Buat kamu yang lebih sering menggunakan smartphone, bisa mengunduh aplikasi via Android yaitu e-Samsat Riau. Caranya juga sangat mudah:

a. Setelah diunduh, buka aplikasi tersebut

b. Pilih menu pajak kendaraan bermotor

c. Masukkan nomor polisi kendaraan, dan klik ‘Cari’

d. Kemudian akan tertera informasi tentang status pajak kendaraan kamu beserta nominal pajaknya, dan tanggal jatuh temponya

Cara cek informasi pajak kendaraan Riau baik melalui website atau aplikasi sama-sama memudahkan dan lebih cepat. Dengan adanya teknologi informasi tersebut, hal ini tentu sangat baik buat masyarakat Riau. Diharapkan mampu meningkatkan kesadaran pentingnya membayar pajak kendaraan bermotor dengan tepat waktu.

Penyebab Pemilik Kendaraan Enggan Bayar Pajak

Memiliki kendaraan baru bukan jadi satu-satunya hal yang jadi masalah kenapa para pemilik kendaraan tidak membayar pajak. Lalu apa yang jadi penyebab masyarakat Riau masih rendah kesadarannya dalam membayar pajak kendaraan?

Salah satu alasannya adalah maraknya pencurian kendaraan bermotor, khususnya roda dua. Selain itu, kebanyakan masyarakat Riau memiliki kendaraan yang sudah tidak aktif lagi digunakan. Tetapi justru banyak dijadikan alat untuk kegiatan berkebun dan sebagainya, sehingga mereka cenderung malas untuk mengurus pajak karena harus mendatangi kantor Samsat.

Pemerintah Provinsi Riau sendiri sebenarnya sudah berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakatnya agar taat membayar pajak kendaraan yaitu dengan mengadakan program pemutihan denda dan Bea Balik Nama Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB). Program pemutihan tersebut sudah berlaku sejak 15 Oktober sampai 14 Desember 2019 lalu.

Dengan program tersebut semakin memudahkan akses dalam membayar pajak kendaraan bermotornya dan menyadarkan masyarakatnya untuk melakukan kewajiban sebagai pemilik kendaraan.

Itulah tadi cara cek pajak kendaraan Riau yang bisa digunakan lebih cepat dan mudah tanpa perlu lagi repot-repot mengantre di kantor Samsat. Semoga bisa membantu kamu semua dalam mengecek status pajak kendaraan.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait