Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Datang ke Museum Bank indonesia

museum bank indonesia
museum bank indonesia

Museum Bank Indonesia yang terletak di kawasan kota tua Jakarta ini, merupakan destinasi wisata sejarah dan edukasi yang sangat menarik. Mengapa begitu? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Perbankan sudah menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dalam aktivitas perekonomian Indonesia. Walaupun hampir setiap hari berurusan dengan jasa perbankan dan produk-produknya, tapi tidak semua orang mengetahui bagaimana sejarah perbankan yang ada di Indonesia.

Museum memang tempat yang tepat untuk wisata sambil belajar. Demikian juga halnya dengan Museum bank indonesia. Museum yang terletak di kawasan kota tua Jakarta ini, merupakan destinasi wisata sejarah dan edukasi yang sangat menarik.

Namun, sebelum berkunjung ke sana, kamu harus tahu dulu, fakta-fakta menarik berkaitan dengan Museum tentang perbankan ini.

Bangunan Telah Berkali-kali Beralih Fungsi

Museum bank indonesia merupakan bangunan kolonial yang telah berdiri sejak jaman penjajahan dtepatnya di tahun 1625. Awal berdirinya, bangunan ini merupakan gereja protestan sederhana. Tiga tahun kemudian, yakni pada 1628 bangunan sempat beralihfungsi menjadi gudang meriam dikarenakan Belanda yang mendapat serangan besar pertama kali dari Sultan Agung.

Selanjutnya, gedung ini sempat digunakan sebagai rumah sakit bernama Binnen Hospital. Pertama kali digunakan untuk perbankan, gedung ini digunakan sebagai gedung operasional De Javasche Bank.

De Javasche Bank kemudian beralih nama menjadi Bank Sentral Indonesia, atau diresmikan sebagai Bank Indonesia pada 1853 hingga tahun 1962. Pada tahun tersebut, Bank Indonesia berpindah lokasi ke area Thamrin.

Bangunan ini cukup lama tidak digunakan, bahkan cenderung terbengkalai. Walaupun demikian, mengingat nilai sejarahnya yang tinggi, gedung ini tidak pernah dihancurkan dan termasuk ke dalam bangunan cagar budaya yang harus dilestarikan.

Hingga akhirnya, Dewan Bank Indonesia memutuskan untuk memberdayakan kembali bangunan bersejarah ini. Hal tersebut sejalan dengan Pemerintah DKI yang juga memiliki rencana memugar dan merevitalisasi bangunan-bangunan kuno peninggalan sejarah.

Musem Bank Indonesia kemudian diresmikan pada tahun 2006 sebagai soft opening, dan pada tahun 2009 diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam grand openingnya.

Museum bank indonesia Dikelilingi Museum Lainnya

Digunakan sebagai pelopor gedung-gedung peninggalan sejarah yang direvitalisasi, Museum bank indonesia bukan satu-satunya bangunan sejarah di kawasan kota lama. Masih berada di kawasan yang sama, kamu juga bisa menemukan museum-museum lainnya seperti Museum Wayang, Museum Fatahillah Jakarta dan Museum Keramik.

Mempelajari Perekonomian Indonesia Dengan Cara Yang Atraktif

Buat kamu yang ingin menambah wawasan mengenai perekonomian Indonesia sejak jaman penjajah, bisa belajar banyak di sini. Jangan takut merasa bosan, karena semuanya disajikan di runag informasi dengan perangkat multimedia yang modern dan sangat menarik.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas menarik yang dapat kamu nikmati selama berada di sini adalah :

  • Kumpulan pengetahuan mengenai sejarah pembangunan Bank Indonesia dan juga Museum bank indonesia. Juga terdapat informasi terkait kebijakan-kebijakan dari Bank Indonesia serta dampak-dampaknya bagi perekonomian Indonesia.
  • Disajikan dengan media pembelajaran dengan teknologi modern, seperti layar televisi plasma, display elektronik dan panel statik.
  • Terdapat diorama-diorama yang memberikan gambaran dan kondisi perekonomian bangsa sejak jaman sebelum pendudukan bangsa asing.
  • Pameran koleksi uang numismatik, atau alat pertukaran sejak jaman kuno.
  • Koleksi benda arsitektur bersejarah, berupa bagian-bagian bangunan museum sejak awal berdirinya.

Tentunya dengan mempelajari dalam bentuk multimedia, disertai bukti-bukti fisik yang nyata, dapat membuat pengunjung lebih cepat menyerap informasi dan menambah pengetahuan tentang Bank Indonesia.

Sajian Sejarah Memukau di Immersive Cinema

Ada satu wahana yang sebaiknya tidak kamu lewatkan jika berkunjung ke sini. Wahana tersebut bernama immersive cinema. Sesuai namanya, ini adalah sebuah teater dimana kamu bisa menonton tayangan film yang disajikan menawan dengan menggunakan 4D Mapping Projection. Film berdurasi 15 menit tersebut, menayangkan mengenai sejarah pembangunan dan arsitektur Museum bank indonesia.

Untuk dapat menikmati wahana Immersive Cinema, kamu bisa catat jadwal penayangannya , yaitu :

Hari : Selasa – Minggu

Jam : 11.00 WIB dan 14.00

Karena kapasitas yang terbatas, ada baiknya datang ke museum lebih cepat agar bisa menikmati wahana ini. Hanya 20 orang saja yang bisa menikmati film setiap jam pemutarannya.

Area Kebijakan Bank Indonesia Periode 2012 – 2016

Salah satu ruang pameran terbaru yang wajib kamu kunjungi adalah Area Kebijakan Bank Indonesia Periode 2012-2016. Di ruangan ini kamu bisa menemukan display interaktif, serta pengetahuan mengenai berbagai latar belakang dan dampak kebijakan yang diambil oleh Bank Indonesia pada periode tersebut. Kamu juga bisa melihat contoh-contoh desain uang, serta makna-makna yang terdapat pada desain uang Rupiah emisi 2016.

Museum bank indonesia Telah Meraih Segudang Prestasi

Selain berhasil mempertahankan bangunan cagar budaya, museum ini telah meraih segudang prestasi. Berikut ini adalah beberapa di antara prestasi yang pernah diraih:

  • Sebagai Museum Pemerintah Terbaik Dalam Museum Award 2014
  • Penghargaan Purwakalagrha untuk kategori Museum Pintar pada Museum Award 2014
  • Piala Bergilir Gubernur DKI Jakarta Sebagai Museum Terbaik 2014
  • Terpilih sebagai Museum Terbaik dalam Kategori Sejarah Versi Majalah National Geographic Traveler 2011

Tentunya gelar-gelar yang disematkan pada Museum bank indonesia bukan tanpa alasan. Museum ini telah berhasil menghadirkan perpaduan modernisasi teknologi informasi, dengan tetap mempertahankan arsitektur jaman kolonial dulu.

Jadi, jangan ragu untuk berwisata sejarah ke tempat ini. Kamu bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan mengenai perekonomian dan perbankan Indonesia. Jika ingin membawa kenang-kenangan dari sini, kamu bisa membeli beberapa cinderamata dari toko souvenir yang ada di dalam kawasan museum.

Bacaan menarik lainnya:

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Booklet Perbankan Indonesia 2016, Edisi 3, Maret 2016


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait