Emas

Tips Berinvestasi dengan Model Kalung Emas Terbaru

Tips Berinvestasi dengan Model Kalung Emas Terbaru

Ajaib.co.id – Berinvestasi pada perhiasan emas khususnya kalung selalu memiliki daya tarik lebih bagi masyarakat. Jika kamu adalah salah satu yang melakukannya maka ada baiknya memilih model kalung emas terbaru. Pasalnya cara ini merupakan salah satu jurus efektif untuk menjaga nilai investasi yang kamu tanamkan.

Investasi berupa perhiasan emas sering dijadikan pilihan karena kemudahan. Instrumen ini bisa dijual kembali sewaktu-waktu ketika membutuhkan dana tunai. Prosesnya mudah dan cepat, hanya berbekal surat jual beli aslinya maka kamu sudah bisa mencairkannya.

Selain itu, perhiasan emas juga sangat mudah dibeli. Tinggal datang ke toko emas terdekat dan terpercaya untuk mencari model kalung emas yang diinginkan. Dibandingkan instrumen investasi lain seperti saham, reksa dana atau deposito, jelas perhiasan emas unggul dalam hal kepraktisan.

Hanya saja memang perhiasaan emas sebagai investasi memiliki kelemahan akan faktornya modelnya. Model kalung emas terbaru akan dihargai dengan nilai yang tinggi. Sebaliknya, kalung emas dengan design yang dianggap ketinggalan zaman akan mengalami penurunan nilai ketika dijual kembali.

Panduan Memilih Kalung Emas Terbaru Untuk Investasi

Menjadikan item fashion sebagai alat investasi sepertinya sedang menjadi tren saat ini. Sebut saja beberapa item fashion yang mulai ramai peminat antara lain adalah tas dan juga jam tangan bermerek. Sementara untuk berinvestasi pada barang-barang fashion bermerek tersebut, kamu memerlukan modal selangit. Maka lain halnya kalau kamu berminat investasi pada aksesoris yang satu ini, yaitu kalung emas.

Kalung emas merupakan salah satu alat investasi yang bisa dibilang sangat konvensional. Kalangan menengah kerap kali memburu model kalung emas terbaru pada saat-saat tertentu, khususnya saat mendekati hari raya. Momen spesial ini dijadikan kesempatan untuk menampilkan yang terbaik termasuk dalam hal perhiasan.

Perhiasan emas memang identik dengan kekayaan dan gengsi. Maka tidak heran banyak orang yang kerap berburu perhiasan emas pada saat memiliki penghasilan lebih.

Namun tidak semata-mata untuk dikenakan dan dipamerkan, kalung juga bisa dijadikan alat investasi yang dapat dicairkan sewaktu-waktu. Walaupun banyak yang menyarankan, sebaiknya jika membeli emas untuk investasi, pilihlah dalam bentuk koin atau batangan.

Meski demikian, toh berinvestasi pada kalung emas jauh lebih baik dibandingkan tidak berinvestasi sama sekali. Apalagi jika kamu masih memiliki dana yang terbatas untuk memilih instrumen investasi. Perhiasaan emas memungkinkan kamu berinvestasi dalam besaran dana yang fleksibel.

Hanya saja jika ingin berinvestasi kalung emas memang perlu dana lebih dibandingkan jenis lainnya. Ketika kamu datang ke toko emas biasanya akan diberikan pilihan ragam model kalung emas terbaru. Mulai dari bentuk rantainya sampai dengan mata kalung yang digunakan.

Umumnya orang hanya berpatokan pada selera pribadi saja atau mencari model kalung emas terbaru yang kekinian. Namun jika kamu ingin membeli model kalung emas terbaru sekaligus berinvestasi maka ada banyak aspek lain yang harus dipertimbangkan. Misalnya saja soal kadar emasnya, potongan batunya dan design kalung tersebut.

Jika asal memilih, bisa saja kalung emas yang kamu beli saat ini akan kalah nilai jualnya dibandingkan kalung emas terbaru di masa mendatang. Jangan sampai tujuanmu berinvestasi tidak terpenuhi karena salah pertimbangan saat pembelian. Bisa dikatakan akan lebih baik jika kamu membeli bukan model kalung emas terbaru namun dengan kadar maksimal dan potongan yang klasik.

Pasalnya, kalungmu itu akan laku dijual kembali kapan saja dan harganya tidak turun terlalu drastis. Kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan investasi kalung emas terbaru. selama memerhatikan beberapa hal berikut ini.

a. Pilihlah Emas 24 Karat

Perhiasan model kalung emas terbaru memang beragam, termasuk dilihat dari kandungan kadar emasnya. Keuntungannya, perhiasan emas bisa dipilih berdasarkan dana yang dimiliki. Akan tetapi, jika ingin menjadikan perhiasan emas kamu sebagai investasi, maka pilihlah perhiasan emas dengan kandungan emas paling tinngi.

Umumnya perhiasan dibuat dari emas dengan kadar maksimal 22 karat. Pasalnya emas 24 karat dinilai terlalu empuk untuk dijadikan perhiasan sehingga berisiko bisa mengubah bentuknya. Namun tak menutup kemungkinan kamu bisa menemukan perhiasan dengan kadar 24 karat di luar sana.

Selain sudah ada harga standar, perhiasan emas 24 karat juga memiliki banyak peminat sehingga lebih mudah dijual. Jangan lupa untuk selalu menyimpan surat pembelian yang menerangkan kadar emas dalam perhiasan tersebut agar lebih mudah menjualnya kembali.

Intinya, carilah model kalung emas terbaru dengan kadar tertinggi yang bisa kamu dapatkan dengan uangmu.

b. Hindari Perhiasan Dengan Batu Imitasi

Penggunaan perhiasan seperti batu imitasi kerapkali menjadi ornamen yang menarik pada kalung emas. Hanya saja dampaknya kurang baik bagi perhiasanmu sebagai instrumen investasi. Sebisa mungkin pilihlah model kalung emas terbaru tanpa batu hiasan imitasi dan bukan emas putih.

Karena hal tersebut, malah cenderung mengurangi harga jual cukup jauh. Lebih baik kalau ada dana lebih, pilih saja berlian sungguhan walaupun karatnya kecil. Jika dana yang kamu alokasikan tidak memadai maka sebaiknya pilih saja kalung emas terbaru tanpa batu imitasi.

Nantinya kamu harus merugi jika terlalu terpaku pada perhiasan imitasi tersebut. Pasalnya toko emas akan beralasan mereka harus melebur ulang kalungmu agar layak dijual kembali sehingga menekan harga jual kembalinya.

c. Rencanakan untuk Investasi Jangka Panjang

Saat kamu membeli perhiasan model kalung emas terbaru, maka rencanakanlah perhiasan tersebut sebagai investasi jangka panjang. Karena dengan demikian harga emas akan naik cukup tinggi untuk menutupi ongkos pembuatan dan juga memberikan imbal balik yang menguntungkan.

Emas memang bukan pilihan terbaik untuk investasi karena kenaikan harganya kurang progresif. Meski demikian, harga emas selalu stabil meningkat, pelan namun pasti. Bahkan ada momen ketika emas memberikan kejutan menyenangkan seperti periode tahun 2019 sampai 2020 ini.

Sifat emas sebagau safe haven menjadikannya lebih baik jika dimiliki dalam jangka panjang. Kamu bisa merasakan kenaikan harganya jika tidak buru-buru menjualnya kembali.

Itulah beberapa tips investasi emas yang bisa kamu ikuti ketika ingin membeli kalung emas terbaru atau perhiasan emas lainnya. Jadi, jangan lupa pastikan seluruh tips di atas kamu lakukan ketika ingin mulai berinvestasi emas ya!

Alasan Emas Koin & Batangan Lebih Dipilih untuk Investasi

Hal yang harus kamu pahami juga adalah perhiasan emas kurang efektif sebagai instrumen investasi meskipun kamu sudah memilih model kalung emas terbaru. Ada alasan kenapa banyak anggapan bahwa perhiasan emas kurang tepat untuk dijadikan investasi ketimbang emas koin atau batangan.

Kamu harus tahu bahwa saat jual beli emas koin atau batangan hanyalah kadar emas (karat) saja yang menjadi pertimbangan. Biasanya, sudah ada patokan harga jual beli emas yang digunakan secara standar.

Lain halnya dengan perhiasan emas, di mana pada saat pembelian model kalung emas terbaru, ada dua hal yang diperhitungkan. Yakni kadar karat serta ongkos pembuatan kalung. Tentu saja, semakin tinggi kadar karat, berarti semakin tinggi kandungan emas pada perhiasan dan semakin tinggi juga harganya.

Namun selain kadar emas, ada tambahan ongkos pembuatan pada perhiasan emas. Hal ini dikarenakan emas 24 karat tergolong lunak. Sehingga harus dicampur dengan bahan logam lain untuk meningkatkan kekerasan dan ketahanannya. Dengan tenaga dan kreativitas menciptakan model kalung terbaru, maka perhiasan emas juga dibebani ongkos pembuatan tersebut.

Sayangnya, pada saat hendak dijual kembali, umumnya hanya kadar karat dalam perhiasan yang dipertimbangkan. Terlebih lagi jika perhiasan emas tersebut sudah model keluaran lama. Akibatnya, kamu harus kecewa karena keuntungannya tidak maksimal.

Jika kamu ingin fokus berinvestasi maka pilihan koin emas atau emas batangan akan lebih baik. Namun jika masih ingin memanfaatkannya sebagai penghias diri maka kamu harus mencari model kalung emas terbaru ya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait