Tips Berinvestasi dengan Model Kalung Emas Terbaru

Tips Berinvestasi dengan Model Kalung Emas Terbaru
Tips Berinvestasi dengan Model Kalung Emas Terbaru

Menjadikan item fashion sebagai alat investasi sepertinya sedang menjadi tren saat ini. Sebut saja beberapa item fashion yang mulai ramai peminat antara lain adalah tas dan juga jam tangan bermerek. Sementara untuk berinvestasi pada barang-barang fashion bermerek tersebut, kamu memerlukan modal selangit. Maka lain halnya kalau kamu berminat investasi pada aksesoris yang satu ini, yaitu alung emas.

Kalung emas merupakan salah satu alat investasi yang bisa dibilang sangat konvensional. Kalangan menengah kerap kali memburu model kalung emas terbaru pada saat-saat tertentu, khususnya saat mendekati hari raya.

Perhiasan emas memang identik dengan kekayaan dan gengsi. Maka tidak heran banyak orang yang kerap berburu perhiasan emas pada saat memiliki penghasilan lebih.

Namun tidak semata-mata untuk dikenakan dan dipamerkan, kalung juga bisa dijadikan alat investasi yang dapat dicairkan sewaktu-waktu. Walaupun banyak yang menyarankan, sebaiknya jika membeli emas untuk investasi, pilihlah dalam bentuk koin atau batangan.

Alasan Emas Koin & Batangan Lebih Dipilih untuk Investasi

Ada alasan kenapa banyak anggapan bahwa perhiasan emas kurang tepat untuk dijadikan investasi ketimbang emas koin atau batangan. Kamu harus tahu bahwa saat jual beli emas koin atau batangan hanyalah kadar emas (karat) saja yang menjadi pertimbangan. Biasanya, sudah ada patokan harga jual beli emas yang digunakan secara standar.

Lain halnya dengan perhiasan emas, di mana pada saat pembelian model kalung emas terbaru, ada dua hal yang diperhitungkan. Yakni kadar karat serta ongkos pembuatan kalung. Tentu saja, semakin tinggi kadar karat, berarti semakin tinggi kandungan emas pada perhiasan dan semakin tinggi juga harganya.

Namun selain kadar emas, ada tambahan ongkos pembuatan pada perhiasan emas. Hal ini dikarenakan emas 24 karat tergolong lunak. Sehingga harus dicampur dengan bahan logam lain untuk meningkatkan kekerasan dan ketahanannya. Dengan tenaga dan kreativitas menciptakan model kalung terbaru, maka perhiasan emas juga dibebani ongkos pembuatan tersebut.

Sayangnya, pada saat hendak dijual kembali, umumnya hanya kadar karat dalam perhiasan yang dipertimbangkan. Terlebih lagi jika perhiasan emas tersebut sudah model keluaran lama.

Tips Memilih Perhiasan Emas Untuk Investasi

Namun jangan khawatir, buat kamu yang tetap ingin beli model kalung emas terbaru sekaligus berinvestasi. Kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan dengan investasi kalung emas selama memerhatikan beberapa hal berikut ini.

a. Pilihlah Emas 24 Karat

Perhiasan model kalung emas terbaru memang beragam, termasuk dilihat dari kandungan kadar emasnya. Keuntungannya, perhiasan emas bisa dipilih berdasarkan dana yang dimiliki. Akan tetapi, jika ingin menjadikan perhiasan emas kamu sebagai investasi, maka pilihlah perhiasan emas dengan kandungan emas 24 karat.

Selain sudah ada harga standar, perhiasan emas 24 karat juga memiliki banyak peminat sehingga lebih mudah dijual. Jangan lupa untuk selalu menyimpan surat pembelian yang menerangkan kadar emas dalam perhiasan tersebut agar lebih mudah menjualnya kembali.

b. Hindari Perhiasan Dengan Batu Imitasi

Sebisa mungkin pilihlah model kalung emas terbaru tanpa batu hiasan imitasi dan bukan emas putih. Karena hal tersebut, malah cenderung mengurangi harga jual cukup jauh. Lebih baik kalau ada dana lebih, pilih saja berlian sungguhan walaupun karatnya kecil.

c. Rencanakan untuk Investasi Jangka Panjang

Saat kamu membeli perhiasan model kalung emas terbaru, maka rencanakanlah perhiasan tersebut sebagai investasi jangka panjang. Karena dengan demikian harga emas akan naik cukup tinggi untuk menutupi ongkos pembuatan dan juga memberikan imbal balik yang menguntungkan.

Itulah beberapa tips investasi emas yang bisa kamu ikuti ketika ingin membeli kalung emas atau perhiasan emas lainnya. Jadi, jangan lupa pastikan seluruh tips di atas kamu lakukan ketika ingin mulai berinvestasi emas ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait