Milenial

Sering Digunakan di Media Sosial, Apa Itu Starter Pack?

Ajaib.co.id – Bagi kaum milenial mungkin istilah “starter pack” atau “starter kit” sudah tidak asing lagi di telinga. Istilah tersebut merupakan salah satu bahasa gaul yang sering banyak digunakan. Biasanya kalimat ini banyak bermunculan di meme media sosial atau online shop.

Starter Pack Itu Apa?

Kemunculan kalimat starter pack seringkali dalam bentuk meme atau gambar-gambar berupa sejumlah barang yang identik akan sesuatu hal. Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, starter pack berarti paket awal. Namun, jika dipakai ke dalam bahasa sehari-hari akan terasa aneh dan kurang tepat.

Istilah yang sering ada di meme dan media sosial ini mendefinisikan kebutuhan akan suatu peralatan/barang ketika ingin melakukan sesuatu atau untuk memulai suatu hal.

Misalnya saja ada yang bertanya starter pack untuk ke kampus apa saja? Maka jawabannya adalah tas gendong, buku, laptop, dan kemeja. Kemudian anak gunung beda lagi, yaitu tas kerrier, jaket gunung, tumbler, dan tenda.

Awal Mula Kemunculan Starter Pack?

Awal mula munculnya istilah ini berawal dari meme di media sosial Twitter pada tahun 2014. Adalah akun bernama @ItsLadinaPls yang menuliskan cuitan “I date black guys starter pack” disertai dengan 3 gambar ‘hair bun’.

Anting melingkar berukuran besar, serta bibir bergaya penyanyi Madonna yang digambarkan sebagai stereotipe wanita sedang mengencani pria berkulit hitam.

Sejak saat itu istilah ini mulai booming dan sering digunakan dalam meme hingga diliput oleh beberapa media ternama, seperti BuzzFeed, MTV, dan The Atlantic.

Starter Pack ala Generasi Milenial

Sekarang kamu sudah paham kan apa itu starter pack. Oleh generasi Z atau kaum milenial yang bahasa gaul ini sering digunakan dalam keseharian mereka. Maklum saja, generasi milenial dikenal karakternya yang individualis dan melek teknologi sehingga dengan mudah memberikan suatu nama atau istilah terhadap sesuatu yang berhubungan dengan keseharian mereka.

Contohnya adalah gaya fashion sehari-hari cewek-cewek milenial berikut ini:

1.   Starter Pack ke Sekolah

Cewek-cewek milenial sekarang sepertinya harus benar-benar mempersiapkan sesuatu selain buku sebelum pergi ke sekolah. Starter pack yang biasanya harus ada bagi anak sekolahan zaman now yaitu memiliki rambut badai atau memakai jedai alias jepit badai.

Tak cuma itu, rok sekolah pun harus yang model span. Tak ketinggalan handphone pastinya, karena begitu ada kesempata berfoto di sekolah langsung berpose.

2.   Starter Pack ke Kampus

Bagi mahasiswi saat ini, pergi ke kampus tidak perlu berdandan cetar ala princess syahrini. Yang penting style-nya terlihat sporty dan kekinian. Akan tetapi tetap saja cari spot yang ada wifi gratisannya.

Pengennya selalu nongkrong di Starbucks biar kelihatan gaul. Kalau uang jajan menipis, nongkrongnya di perpus kampus atau wifi corner.

3.   Starter Pack ke Mal

Nah, untuk urusan pergi mal generasi Z girls penampilannya harus girly pakai outfit yang sedang tren. Setelah itu mulai update insta story dengan outfit-nya pakai filter boomerang biar tetap eksis. Ke mal gak lengkap kalau tidak jajan. Belinya milk tea pakai toping buble atau jelly.

4.   Starter Pack untuk Kencan

Dari ketiga paket awal sebelumnya, cewek-cewek milenial ini bisa mendadak berubah saat diajak kencan atau ngedate. Tampilan bisa berubah menjadi feminism menggunakan dress. Biasanya sih ngedatenya di mal sambil ngopi atau makan di restoran cepat saji.

Keempatnya itu umumnya identik dengan generasi Z girls. Namun, di tahun 2020 ini semuanya mendadak berubah secara paksa akibat wabah virus Covid-19 yang mulai terjadi pada awal bulan Maret lalu.

Karena kondisi pandemi inilah yang membuat siapapun harus memperhatikan kesehatan. Masyarakat pun masih belum bisa melakukan kegiatan seperti semula, dimana tidak ada kegiatan belajar di sekolah, tidak ada acara nongkrong di kampus, hingga nonton konser,

Oleh karena itu, setiap orang diwajibkan membawanya khusus saat keluar rumah agar bisa beraktivitas dengan perasaan aman.

Starter Pack Hadapi New Normal

Menjalani new normal di tengah wabah virus Covid-19 ini masih menjadi kekhawatiran tersendiri. Masyarakat masih belum diperbolehkan melakukan kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan agar tidak terjadi penularan virus.

Untuk itu, demi kelancaran dalam beraktivitas di luar rumah kamu wajib membawanya yang bisa membuat aman dan nyaman. Apa itu starter pack khusus yang harus dibawa?

1.   Pakai Masker dan Bawa Cadangan

Usahakan jangan hanya memakai satu masker selama seharian di luar rumah. Ada baiknya kamu membawa masker cadangan supaya bakteri-bakteri yang menempel pada masker tidak malah masuk ke tubuhmu.

2.   Hand Sanitizer

Cairan antiseptik ini juga penting untuk dibawa. Pakai sebelum dan sesudah melakukan sesuatu hal. Jika ada kesempatan untuk mencuci tangan, itu lebih baik daripada memakai hand sanitizer.

3.   Peralatan Makan dan Minum Sendiri

Bagi yang bekerja di kantor atau mulai kembali beraktivitas di luar rumah, sebaiknya membawa perlengkapan makan dan minum sendiri. Persiapkan bekal makan siang dari rumah demi menjaga diri dari tertular virus.

4.   Multivitamin

Jangan lupa bawa multivitamin yang bisa dikonsumsi dengan mudah. Hal ini untuk menjaga daya tahan tubuh selama berkegiatan atau bekerja di luar rumah.

Artikel Terkait