Bisnis & Kerja Sampingan

E-Commerce Adalah Penyelamat Pemenuhan Kebutuhan Saat PSBB

e commerce adalah

Ajaib.co.id – Saat ini, e-commerce adalah alternatif pemenuhan kebutuan tanpa perlu berkerumun di tempat umum. Selain itu, kira-kira apa saja ya manfaat hadirnya e-commerce?

Kehadiran Covid-19 di Indonesia, memberikan dampak nyata bagi berbagai aspek kehidupan masyarakat. Khususnya setelah pemerintah menyerukan social distancing dan self quarantine serta melakukan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah. Aktivitas e-commerce adalah salah satu cara mengurangi kerumunan warga di tempat umum.

Terlebih lagi, setelah diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimana ruang gerak setiap warga semakin dibatasi dan dipersempit. Hanya beberapa usaha yang bergerak di bidang tertentu, berlaku kekhususan untuk bisa tetap beroperasi, yakni:

  • Bidang kesehatan
  • Bidang pangan (makanan dan minuman)
  • Energi (air, gas, listrik, pompa, bensin)
  • Komunikasi (Jasa komunikasi dan media komunikasi)
  • Keuangan dan perbankan, termasuk pasar modal
  • Kegiatan logistik distribusi barang
  • Kebutuhan ritel (warung, toko kelontong)
  • Industri strategis di kawasan Jakarta

Dengan semakin terbatasnya ruang gerak masyarakat di ruang publik, mendorong meningkatkan aktivitas yang dilakukan secara online. Salah satu fitur online yang bisa dimanfaatkan dalam situasi ini adalah e-commerce. Dengan keberadaan e-commerce, diharapkan warga bisa mulai beralih dari berbelanja secara konvensional menjadi belanja online. Demikian juga dengan para pedagang.

Lantas, apa sebetulnya yang dimaksud dengan e-commerce serta bagaimana memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.

Pengertian E-Commerce

E-commerce adalah singkatan dari electronic commerce atau perdagangan secara elektronik. Artinya, merupakan proses jual beli barang dan jasa yang dilakukan melalui perantara elektronik, atau lebih spesifiknya secara online dengan menggunakan internet.

Sama halnya dalam perdagangan e-commerce, juga terdapat proses promosi dan penawaran barang, pembelian, serta serah terima uang dan barang. Tempat berlangsungnya e-commerce umumnya terjadi pada marketplace berupa website marketplace, blog atau media sosial.

Hanya saja, karena proses ini terjadi secara tidak langsung, maka terdapat perantara antara penjual dan pembeli, yakni pemilik marketplace serta kurir pengantar barang.

Manfaat E-commerce bagi Konsumen

Keberadaan E-commerce bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sedang melakukan social distancing serta karantina diri karena tidak harus berinteraksi secara langsung dengan orang lain. Manfaat lainnya dari e-commerce adalah:

  • Hemat waktu karena bisa diakses dari mana saja, tidak harus keluar rumah atau ruangan
  • Meminimalisir resiko tertular covid-19 karena hampir tidak ada kontak langsung yang terjadi dengan penjual.
  • Bisa membandingkan harga dari berbagai merchant sekaligus
  • Saat ini apapun kebutuhan produk dan jasa, hampir semua tersedia secara online
  • Terhindar dari monopoli karena pembeli bisa memilih dari beberapa penjual.
  • Bisa mendapatkan barang yang bahkan belum masuk ke dalam negeri dengan membelinya dari ecommerce internasional
  • Harga cenderung lebih murah, ada banyak promosi yang diselenggarakan merchant mulai dari gratis ongkir, diskon hingga cashback
  • Pada beberapa platform marketplace, terdapat jaminan keamanan lebih serta garansi uang kembali jika produk tidak sesuai yang dipesan.

Manfaat E-commerce bagi Penjual

Manfaat e -ommerce tidak hanya dirasakan oleh pembeli atau konsumen saja. e-commerce juga bisa dimanfaatkan oleh penjual atau pemilik usaha. Khususnya pada masa PSBB seperti saat ini. e-commerce adalah salah satu cara menambah penghasilan. Bagi penjual, beberapa manfaat ecommerce adalah:

  • Dengan adanya himbauan work from home, penjual masih bisa memasarkan barang dan jasanya, sehingga usahanya tidak perlu ditutup atau dihentikan.
  • Transaksi jual beli dilakukan secara online, sehingga tidak perlu ada interaksi pada saat transaksi. Tentunya meminimalisir tertular covid-19 melalui sentuhan.
  • Dapat memasarkan barang secara lebih luas. Karena jangkauan ecommerce meliputi seluruh nusantara bahkan hingga luar negeri.
  • Tidak perlu terlalu pusing dengan konsep promosi. Karena biasanya pihak manajemen dari platform marketplace yang telah menyiapkan beragam event online untuk promosi. Penjual cukup memilih pada event promosi apa merchant akan ikut serta.
  • Sistem seller center pada marketplace memudahkan penjual untuk mengontrol keluar masuk barang, stok, serta laporan penjualan.
  • Jika barang yang disediakan sedang habis, penjual bisa segera memesan dari supplier dengan cara dropship (tanpa stok).
  • Tidak mengeluarkan modal untuk mencetak brosur, booklet atau media promosi fisik lainnya.
  • Dengan ikut serta dalam event promosi, toko online juga akan dipromosikan secara gratis oleh platform. Seperti misalnya dipajang di halaman pertama pencarian.
  • Tidak perlu repot mencari pembeli, karena pembeli yang akan diarahkan pada toko sesuai kata kunci barang yang dicarinya.

Situs E-commerce di Indonesia

Saat ini ecommerce adalah aktivitas yang sudah sangat memasyarakat. Selain menggunakan sosial media, berbelanja online merupakan aktivitas yang paling sering dilakukan seseorang saat mengakses internet. Di Indonesia sendiri, ada beberapa marketplace yang cukup populer. Di antaranya adalah:

Shopee

Marketplace asal Singapura ini terkenal dengan warna tema orange. Kelebihan Shopee selain berbagai variasi produk, juga ada toko-toko resmi dari berbagai produk. Seperti misalnya toko online Ramayana, Unilever, Wakai dan sebagainya.

Shopee juga menyediakan fitur paylater, dimana konsumen dapat berbelanja secara kredit dan membayarnya pada awal bulan berikutnya.

Lazada

Sempat menjadi marketplace terbesar dan paling populer, Lazada yang bertema biru, lebih dikenal dengan produk-produk elektronik murahnya. Selain itu, Lazada juga pelopor online preorder dan online launching produk elektronik dengan diskon besar. Ada banyak merchant lazada yang berbasis di luar negeri.

Bukalapak

Marketplace berwarna tema merah karya anak bangsa ini, merupakan salah satu marketplace yang menawarkan diversifikasi produk paling banyak.

Mulai dari e-commerce, games, promosi dan bazaar, menabung emas, kredit barang, pinjaman modal untuk penjual, bahkan hingga investasi reksa dana. Bukalapak bisa dianggap sebagai one stop solution untuk aktivitas ecommerce.

Tokopedia

E-commerce karya anak bangsa yang didominasi warna hijau ini sudah memiliki lebih dari 250 juta produk. Bisa dibilang bahwa Tokopedia merupakan salah satu e-commerce paling populer di Indonesia.

Seperti BukaLapak, Tokopedia juga menyediakan aneka produk, opsi pembayaran tagihan, hingga investasi.

Artikel Terkait