Tabungan Haji BNI Syariah Jadi Jawaban Menabung Ibadah Haji

tabungan haji bni syariah
tabungan haji bni syariah

Selemah apapun seorang muslim, Insya Allah ia bisa mewujudkan kegigihan, kerinduan dan keiklhasan tak berbatasnya untuk bisa beribadah haji dengan Tabungan Haji BNI Syariah.

Apa Perbedaan Tabungan Haji Konvensional Dengan Tabungan Haji BNI Syariah?

Secara prinsip, jawabannya sama dengan jawaban dari Perbedaan bank syariah vs bank konvensional. Selain karena menerapkan prinsip syariah dalam pelaksanaannya, sebenarnya di samping berbagai istilah syariat Islam yang pada dasarnya tidak berbeda dengan terminologi perbankan konvensional, perbedaan terbesar antara perbankan konvensional dan syariah hanya terletak pada 2 aspek, yaitu:

Sistem Pembagian Keuntungan:

  • Pada perbankan konvensional: Prinsip Bunga Tetap.
  • Pada perbankan syariah: Prinsip Bagi Hasil yang dirundingkan kedua pihak di awal, dan bisa berubah-ubah tergantung kinerja usaha.

Prinsip Usaha:

  • Pada perbankan konvensional: Bebas Nilai
  • Pada perbankan syariah: Berinvestasi Pada Usaha Yang Halal (menurut syariat Islam)

Intinya, Perbankan syariah lebih menekankan keikhlasan dalam usaha mendapatkan keuntungan, karena berorientasi pada syariat agama, demi kemaslahatan akhirat.

Jadi, perbedaan Tabungan Haji BNI Syariah dari Tabungan Haji Konvensional adalah bahwa Tabungan Haji Syariah lebih berorientai pada kemaslahatan ibadah haji itu sendiri, jadi tidak terlalu mengandalkan keuntungan bunga tetap, melainkan bersifat penitipan dana (wadiah) dan perundingan bagi hasil (mudharabah).

Keunggulan Tabungan Haji BNI Syariah Baitullah iB Hasanah

  • Menggunakan akad Wadiah atau Mudharabah dalam bagi hasilnya.
  • Bisa digunakan sebagai tabungan untuk Umrah dengan sistem setoran bebas atau bulanan dalam Rupiah atau USD
  • Kartu Haji dan Umrah Indonesia
  • Buku Tabungan
  • Bisa Autokredit setoran bulanan dari rekening Tabungan iB Hasanah, Prima  Hasanah atau Bisnis Hasanah.
  • Didaftarkan menjadi calon jemaah haji melalui SISKOHAT
  • Fasilitas asuransi kecelakaan (saldo tabungan di atas Rp5.000.000,-)
  • Pembukaan rekening bisa secara online melalui situs resmi BNI atau e-channel BI Syariah

Pengertian & Perbedaan Akad Wadiah dan Mudharabah

Nasabah pada akad Wadiah tidak bisa memperoleh bagi hasil (nisbah), sedangkan akad Mudharabah bisa. Akad Wadiah hanya dapat bonus suka rela dari pihak bank. Pada akad Wadiah nasabah berperan sebagai muwadi (penitip uang/barang) sedangkan pada akad Mudharabah, nasabah berperan sebagai shahibul mal (pemilik modal).

Cerita Inspiratif Tabungan Haji BNI Syariah Baitullah iB Hasanah

Inilah cerita tentang tukang jahit yang akhirnya berhasil naik haji. Sutaryono, seorang tukang jahit yang tekun menabung berpuluh tahun, akhirnya melangkah pasti menuju Tanah Suci.

Kisahnya sangat menggugah, karena kakek 67 tahun ini cuma seorang tukang jahit biasa. Luar biasanya, ia akhirnya berhasil berangkat beribadah haji ke Tanah Suci setelah 27 tahun menabung tanpa henti.

Di kalangan pelanggannya, Sutaryono lebih akrab dipanggil dengan sebutan Pakde Yono. Biasanya ia menjahit di pinggir jalan di kawasan Matraman, Jakarta Timur bermodalkan hanya mesin jahit yang dibelinya sejak 1990. Namun sayangnya ia harus melayani pelanggannya dengan cara kucing-kucingan, takut tertangkap petugas penertiban.

Lokasi tempatnya bekerja memang masuk ke dalam kawasan terlarang bagi penggelaran lapak dagangan. Dengan upah Rp15.000,- hingga 30.000,-/hari, ia konsisten menabung, hingga pada 2014 mantap mendaftarkan diri untuk naik haji. Akhirnya, Pakde Yono berhasil mendapatkan nomor antrean dan berangkat haji pada 2019 ini!

Tekat, kegigihan dan kerinduan untuk melaksanakan 5 Rukun Haji Ihram, Wukuf, Tawaf, Sa’I, & Tahalul, dan mengafdolkannya dengan 6 wajib haji Mabit, 2x Lempar Jumrah, Mabit malam Tasyriq, Ihram, dan Tawaf Wada, adalah semangat keikhlasan tanpa batas untuk beribadah syariah kepadaNya, seperti dicontohkan Pakde Yono.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait