Ingin Melihat Hajar Aswad? Yuk bikin Tabungan Umrah

tabungan umrah
tabungan umrah

Bagi umat Muslim yang mampu, ibadah haji merupakan hal wajib. Tetapi untuk menunaikan haji, kamu memerlukan waktu cukup lama. Meski demikian hal itu tak bisa melemahkan niatmu untuk melihat Hajar Aswad. Karena kamu bisa bikin tabungan umrah.

Menjalankan ibadah haji merupakan Rukun Islam kelima yang wajib dijalankan umat Muslim yang mampu secara ekonomi, fisik, mental, spiritual, serta sosial. Dalam kegiatan ini, jemaah haji akan menunaikan ibadah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Di sana terdapat Ka’bah, bangunan suci persegi empat yang dijadikan titik dalam melaksanakan salat bagi seluruh Muslim.

Hajar Aswad atau black stone merupakan sebuah batu yang mampu menyinari seluruh tanah Arab. Batu yang ditemukan oleh Nabi Ibrahim ini tersimpan di dalam Ka’bah sebelah tenggara. Jemaah haji yang sedang menunaikan ibadah haji ingin melihat dan mencium Hajar Aswad.

Tetapi yang menjadi masalah adalah waktu. Ya, seseorang yang ingin menjalankan ibadah haji harus membutuhkan waktu tunggu cukup lama. Namun jangan berkecil hati. Jika prioritas utamamu dalam waktu dekat adalah pergi ke Tanah Suci, pilihannya yaitu umrah.

Kalau kamu sudah memiliki niat serta memiliki uang minimal Rp25 juta, tahun ini bisa berangkat umrah. Apabila danamu belum terkumpul, buka saja tabungan umrah.

Kiat Menyiapkan Biaya Umrah

Seseorang yang telah bertekad kuat untuk menjalankan umrah, ia akan berupaya menyiapkan biayanya. Jika ingin menyiapkan biaya umrah dari awal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini kiatnya.

Membuka tabungan umrah. Saat ini banyak bank yang memiliki produk tabungan khusus umrah. Baik bank konvensional maupun bank syariah. Buat kamu yang berencana umrah, ada baiknya menabung melalui tabungan umrah.

Pada umumnya, tabungan umrah di bank mensyaratkan setoran awal Rp100 ribu dan melakukan proses administrasi seperti layaknya membuka tabungan konvensional. Jika tabungan sudah mencukupi, nasabah bisa memutuskan, apakah ingin umrah menggunakan agen yang telah dipilih atau travel umrah rekanan pihak bank. Pastikan agen travel umrah tersebut terpercaya.

Sumber dana. Dalam menyiapkan biaya umrah, tak lepas dari sumber dana. Jika kamu memiliki gaji bulanan, sebaiknya menyetor uang setiap bulan pula. Misal biaya umrah Rp25 juta dan gajimu Rp7 juta juta. Kalau kamu menyisihkan Rp1 juta per bulan ke tabungan umrah, selama dua tahun lebih sebulan, hasil uang yang terkumpul lebih dari Rp25 juta, beserta bunganya.

Semakin banyak jumlah uang yang disetor per bulan akan makin cepat uang terkumpul. Kamu juga semakin cepat merealisasikan pergi ke tempat Hajar Aswad berada. Di sisi lain, sumber dana bisa kamu dapatkan dari side job. Jadi gaji utama untuk kebutuhan sehari-hari dan pendapatan dari side job untuk biaya umrah.

Pembiayaan umrah. Kalau kamu merasa lama dengan cara di atas, manfaatkan saja pembiayaan umrah. Banyak bank syariah telah memiliki produk ini, khususnya bagi nasabah yang ingin segera merealisasikan impiannya tetapi dana belum mencukupi.

Mekanisme pembiayaan umrah hampir sama seperti kredit tanpa agunan (KTA). sebelum menggunakan fasilitas ini, hitung secara saksama angsuran per bulan. Sehingga kamu bisa melihat Hajar Aswad sesuai rencanamu. Setelah itu, kamu harus melunasi biaya angsurannya setiap bulan.

Mencicil melalui travel umrah. Tak sedikit travel umrah yang mengizinkan calon jemaah untuk mencicil biaya umrah. Mekanisme ini seperti tabungan umrah. Jika jumlah cicilan telah sesuai dengan biaya umrah, calon jemaah bisa menuju Hajar Aswad berada.

Tetapi ingat, sebelum mencicil biaya umrah seperti ini, cek dulu reputasi perusahaan travelnya. Jangan sampai pemilik maupun perusahaannya pernah terlibat masalah hukum. Apalagi jika mereka menggunakan cicilan umrah untuk memperkaya diri sendiri.

Investasi syariah. Kita lainnya dalam menyiapkan baya umrah adalah investasi syariah. Instrumen investasi yang bisa kamu pilih adalah investasi logam mulia, obligasi syariah (sukuk), saham syariah, maupun reksa dana syariah.

Sebelum berinvestasi, ada baiknya mempelajari prospektusnya, hitung perkiraan imbal hasil per tahun, hingga dana investasi yang harus kamu keluarkan per bulan. Selanjutnya pilih instrumen yang sesuai kemampuan serta tujuan. Informasi mengenai investasi, khususnya reksa dana syariah, bisa didapatkan di Ajaib.

Sebagai contoh, kamu berinvestasi di logam mulia. Harga hari ini (16/01/2020) adalah Rp682,314. Jika setiap bulan kamu membeli logam mulia untuk mencapai biaya umrah (sebesar Rp25 juta), berarti dibutuhkan waktu 36-37 bulan. Hasil tersebut belum termasuk imbal hasil.

Jika berinvestasi di reksa dana, pilih portofolio pendapatan tetap atau syariah. Jika memungkinkan, investasi minimal Rp1 juta. Jika dana telah terkumpul, kamu bisa mencairkannya dalam beberapa hari.

Namun pastikan kamu berinvestasi di tempat aman. Maksudnya perusahaan, tempat berinvestasi, tersebut telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki rekam jejak positif.

Membatasi pengeluaran. Membatasi pengeluaran merupakan kiat menyiapkan biaya umrah lebih cepat terkumpul. Tetapi batasi pengeluaran yang tidak penting, misalnya kalau masih punya baju layak pakai, tak perlu membeli lagi hanya karena iming-iming cashback. Begitu pula ponsel. Jika ponselmu masih berfungsi dengan bagus, tetapi ada ponsel keluaran terbaru, sebaiknya urungkan niatmu untuk membelinya.

Beragam cara dalam merealisasikan ibadah ke Tanah Suci. Meski demikian kamu perlu merencanakan tabungan umrah dengan tepat. Pilih tabungan atau investasi sesuai tujuan. Pilih pula travel umrah yang kredibel. Jangan sampai cita-cita melihat Hajar Aswad rusak. Karena tertipu oleh investasi bodong berkedok umrah murah.

Bacaan menarik lainnya:

Andri Soemitra. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Medan : Prenada Media


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait