Satu Lot Saham, Istilah & Cara Mulai Investasi Saham

Satu Lot Saham, Istilah & Cara Mulai Investasi Saham
Satu Lot Saham, Istilah & Cara Mulai Investasi Saham

Satu lot saham sebagai minimal investasi saham, sampai saat ini masih menjadi cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Saham sendiri adalah bukti atas kepemilikan suatu perusahaan, yang sahamnya bisa kamu beli di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dan merupakan investasi jangka panjang.

Investasi saham sendiri merujuk pada kegiatan penanaman modal, dengan cara membeli saham dari perusahaan terkait. Dengan membeli saham suatu perusahaan tertentu melalui BEI. Kamu memiliki sebagian kepemilikan dalam perusahaan tersebut.

Apa Itu Lot?

Setiap perusahaan yang sahamnya bisa dibeli publik melalui BEI, adalah perusahaan tercatat. Atau bisa disebut emiten. Dalam pembelian saham, digunakan istilah “lot” sebagai satuan resmi dari BEI untuk pembelian dan penjualan saham.

Sebagai satuan resmi transaksi saham. Maka minimal untuk pembelian dan penjualan adalah satu lot saham. Satu lot saham terdiri dari seratus lembar saham. Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari BEI terkait perubahan isi satu lot saham tersebut.

Apa Itu BEI?

Bursa Efek Indonesia yang disingkat BEI adalah tempat bagi para investor atau pelaku saham untuk melakukan transaksi saham. Seperti membeli saham dari suatu perusahaan atau menjual saham yang kamu miliki.

Siapa yang Bisa Investasi Saham?

Investasi saham bisa dilakukan oleh semua kalangan. Karena BEI mengeluarkan kebijakan terkait isi lembaran saham dalam satu lot saham untuk transaksi. Sebelumnya satu lot saham berisi 500 lembaran dan saat ini berisi 100 lembar saham. Kebijakan BEI tersebut tentunya menguntungkan banyak pihak. Karena tidak memerlukan dana yang sangat besar untuk berinvestasi saham.

Investasi Saham Atau Deposito Bank?

Dengan memiliki satu lot saham, maka akan menawarkan return atau hasil investasi yang lebih menjanjikan daripada deposito bank. Karena rata-rata return tahunan indeks harga saham gabungan (IHSG) bisa mencapai 16% sampai 24%.

Sedangkan rata-rata keuntungan yang diperoleh dari deposito bank pertahunnya sekitar 6% sampai 7%. Tentunya lebih menguntungkan investasi saham untuk rencana masa depan kamu.

Cara Menjadi Investor Saham

Setelah kamu mengetahui berbagai keuntungan yang didapat ketika menjadi investor saham dan memiliki satu lot saham. Kini saatnya kamu membuka tabungan saham dengan membuat rekening saham terlebih dulu.

Kamu bisa membuka rekening saham di perusahaan sekuritas seperti Ajaib.co.id, yang akan bertindak sebagai perantara transaksi saham antara kamu dengan BEI. Pastikan perusahaan sekuritas tersebut memiliki izin usaha dari badan pengawas pasar modal (Bapepam).

Dokumen-dokumen yang perlu kamu siapkan untuk membuka rekening saham cukup mudah dan tidak akan memakan banyak waktumu, seperti: fotokopi KTP, fotokopi NPWP, fotokopi halaman depan buku tabungan dan materai.

Dana yang perlu kamu siapkan untuk nabung saham cukup fleksibel. Bisa menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan kamu. Bisa dimulai Rp100.000 sampai Rp10.000.000. Yang terpenting adalah, nominal tersebut tidak mempengaruhi pengeluaran kamu.

Memilih Saham Perusahaan yang Tepat

Agar kamu tidak salah pilih perusahaan untuk kamu beli sahamnya. Terlebih dulu kamu melihat kinerja dan prospek perusahaan tersebut. Isi saldomu secara rutin, minimal cukup untuk membeli satu lot saham perusahaan yang kamu inginkan.

Kamu tidak perlu khawatir danamu disalahgunakan oleh perusahaan sekuritas seperti Ajaib.co.id. Karena semua transaksi saham dilakukan dengan izin nasabah. Jadi perusahaan sekuritas tersebut tidak bisa asal membeli saham.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait