Perbedaan Kartu Kredit Dan Debit dalam Penggunaannya

perbedaan kartu kredit dan debit
perbedaan kartu kredit dan debit

Prinsip Dasar Perbedaan Kartu Kredit Dan Debit

Meskipun keduanya sama-sama kartu plastik keluaran bank yang berfungsi melakukan pembayaran dan tarik tunai dengan mudah dan cepat, perbedaan kartu kredit dan debit yang paling mendasar adalah pada sumber dananya:

  • Dana pada kartu kredit bersumber dari pinjaman uang yang diberikan oleh bank penerbitnya kepada pemegang kartu.
  • Dana pada kartu debit bersumber dari dana tabungan milik si pemegang kartu sendiri.

Pengertian Kartu Kredit

kartu pembayaran bersistem elektronik yang diterbitkan bank, untuk melakukan pembayaran dan tarik tunai ATM, yang dananya bersumber dari pinjaman yang diberikan oleh bank penerbit kartu kepada pemegang kartu kredit, yang harus dikembalikan beserta bunga pinjaman dalam jangka waktu yang ditentukan.

Pengertian Kartu Kredit

Kartu pembayaran bersistem elektronik yang diterbitkan oleh bank untuk melakukan pembayaran dan tarik tunai ATM, yang dananya bersumber dari saldo tabungan si pemegang kartu sendiri, yang tersimpan di bank penerbit kartu tersebut.

Perbedaan Kartu Kredit dan Debit dari Segi Manfaat

Kartu Kredit

Mudah dan Praktis

Tidak perlu membawa banyak uang tunai dalam dompet, pun tidak harus repot mencari ATM untuk menarik uang tunai ketika hendak bertransaksi atau kehabisan uang tunai.

Menawarkan Fleksibilitas Daya Beli

Jika kebetulan tidak memiliki cukup uang untuk membeli suatu barang/jasa yang sedang sangat dibutuhkan atau diinginkan, kartu kredit memberikan keleluasaan pada pemegangnya untuk melakukan pembelanjaan.

Menawarkan Berbagai Manfaat Tambahan

Bank penerbit kartu kredit sering menawarkan berbagai program promo seperti cashback, diskon, gratis iuran tahunan, poin khusus, dlsb. yang tersedia untuk berbagai keperluan dan berbagai kalangan.

Relatif Lebih Aman

Meski tidak terbebas dari risiko penyalahgunaan, kartu kredit relatif lebih aman karena tidak bisa langsung digunakan oleh penyalahguna, karena ada sistem pemblokiran otomatis dari bank penerbit segera setelah pelaporan pemilik sahnya.

Memberi Proteksi pada Barang Belanjaan

Umumnya kartu kredit yang menyediakan garansi atau asuransi tambahan untuk keselamatan barang yang dibeli, melebihi periode garansi yang diberikan oleh penjual.

Membantu Keadaan Darurat

Kartu kredit membantu melakukan pembayaran dalam kondisi darurat/musibah, terutama jika kebetulan sulit memperoleh uang tunai. Jaga limit kartu kredit selalu mencukupi untuk segala situasi darurat.

Mempermudah Mengatur Anggaran Keuangan

Kartu kredit menawarkan cara pembayaran tagihan secara penuh atau mencicil. Fasilitas ini mempermudah perencanaan anggaran keuangan bulanan/tahunan (jika berpenghasilan tetap).

Pengeluaran Lebih Terlacak

Catatan transaksi lengkap dalam lembar tagihan bulanan membantu melacak pengeluaran bulanan.

Mempermudah Transaksi Online

Selain transfer tunai dan debit, kartu kredit juga dapat digunakan untuk berbelanja online karena hampir semua situs menerimanya sebagai alat pembayaran.

Dapat Digunakan di Seluruh Dunia

Sebagian besar kartu kredit diterima dan dapat digunakan di berbagai gerai di seluruh dunia. Jadi bagi yang sering bepergian ke luar negeri, kartu ini cukup menguntungkan.

Kartu Debit

Tabungan Bergerak Multifungsi

Kartu debit seperti rekening tabungan yang bisa dibawa ke mana pun, yang dapat digunakan untuk menabungkan dan menarik uang cash dari ATM, juga menggesekannya di mesin EDC di berbagai gerai untuk membayar transaksi.

Bebas Tagihan Cicilan Bunga ataupun Denda

Karena dana bersumber dari tabungan pribadi, maka tidak akan ada tagihan atau denda telat bayar. Biaya admin bulanan kartu debit pun umumnya hanya 20% dari admin kartu kredit.

Lebih Aman

Penggunaan kartu debit lebih aman dari potensi perampokan saat membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Praktis dan Nyaman

Tak perlu repot datang dan antri di bank. Tidak perlu berat “menggotong” uang cash dalam jumlah banyak.

Aktivitas Transaksi Yang Tepat Bagi Kartu Kredit

Karena sumber dananya yang bersifat pinjaman berbunga, berpotensi dikenakan denda keterlambatan pembayaran dan penagihan oleh debt collector, sebaiknya kartu kredit digunakan hanya untuk transaksi yang teramat sangat darurat, seperti:

  • Pengobatan dan perawatan ke dokter atau rumah sakit akibat kecelakaan atau serangan penyakit, terutama dalam mengatasi hambatan pelayanan akibat masalah BPJS akhir-akhir ini.
  • Penanggulangan kemalangan akibat bencana alam seperti angin puting beliung, kebanjiran, kebakaran, kerusuhan, dll.
  • Penanggulangan kerusakan kendaraan dan gadget (laptop/smartphone) pribadi, yang digunakan untuk bekerja sehari-hari.
  • Momen penting keluarga seperti perjalanan studi/dinas, perayaan ulang tahun, kelulusan, promosi jabatan, atau pemakaman.

Aktivitas Yang Tepat Bagi Penggunaan Kartu Debit

  • Belanja kebutuhan konsumsi harian pribadi & keluarga.
  • Pembayaran tagihan listrik, air, kebersihan & keamanan lingkungan
  • Pembelian bahan bakar kendaraan dan gas untuk memasak.
  • Servis rutin kendaraan.
  • Belanja pakaian dan kelengkapan rumah tangga seperti furnitur, kompor, mesin cuci, kulkas, tv, water heater, dll.
  • Hiburan dan wisata seperti nonton, clubbing, jalan-jalan kuliner, wisata dalam dan luar negri.

Kerugian Jika Tidak Menerapkan Perbedaan Kartu Kredit dan Debit dalam Penggunaannya

Karena perbedaan sumber dana dari keduanya, penggunaan yang tidak tepat dari masing-masing kartu berpotensi mengganggu kesehatan finansial, kekosongan investasi, bahkan penumpukan utang. Keduanya bermanfaat, JIKA, pemegang kartu BIJAK mengatur penggunaannya.

Namun jika tiba-tiba pemegang kartu mengalami kebangkrutan total yang sangat tidak disangka-sangka akibat kehilangan sumber mata pencaharian dan seluruh hartanya, kartu kreditnya pasti masih meninggalkan beban utang yang harus dibayar. Sedangkan kartu debitnya tidak membenani.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait