Cara Menggunakan ATM Bersama untuk Transaksi Lebih Mudah

cara menggunakan atm bersama
cara menggunakan atm bersama

Masih bingung dalam cara menggunakan ATM Bersama? Jika iya, simak ulasan dari redaksi Ajaib berikut ini perihal cara menggunakan ATM Bersama.

ATM Bersama adalah jaringan ATM pertama yang beroperasi di Indonesia, yang awalnya menghubungkan dua puluh satu bank di Indonesia. Jaringan ini didirikan oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronis pada tahun 1990 dengan mengadopsi model dari MegaLink, yaitu sebuah jaringan ATM di Filipina. Saat ini jaringan ATM Bersama memiliki lebih dari 80 anggota yang terdiri dari bank dan lembaga selain bank.

ATM Bersama menyediakan banyak fasilitas termasuk cek saldo, penarikan tunai dan pemindahan dana secara online seketika ke rekening lain dari sedsama anggota jaringan ATM Bersama.

Pada tahun 2004 Artajasa membuat jaringan ATM Bersama lintas perbatasan dengan menggandeng rekanan jaringan ATM MEPS di Malaysia untuk melayani pekerja-pekerja dari Indonesia, pelajar yang tinggal disana juga para wisatawan. Singapura dan Thailand juga sudah terhubung dengan jaringan ATM bersama melalui NETS dan ITMX.

Sejarah ATM Bersama

Didirikan pada 10 Februari 2000 merupakan pelopor sistem pembayaran elektronis di Indonesia. Artajasa adalah prinsipal ATM Bersama yang merupakan jaringan Switching terbesar di Indonesia, yang telah terhubung dengan banyak institusi, baik Bank maupun lembaga non-Bank. ATM Bersama juga terhubung ke prinsipal lainnya seperti MEPS dari Malaysia dan AL-Rajhi dari Arab Saudi. Saat ini, 92 institusi telah tergabung dengan jaringan ATM Bersama dan terkoneksi dengan lebih dari 77.000 ATM di seluruh Indonesia.

Artajasa juga mengembangkan jaringan pembayaran tagihan untuk berbagai industri seperti telekomunikasi, listrik, transportasi, asuransi, multifinance dan pendidikan.

Dengan pengalaman selama lebih dari 18 tahun di sistem pembayaran, Artajasa memperluas layanannya dalam menyediakan solusi alat pembayaran yang terintegrasi seperti penyediaan delivery channel, uang elektronik, dan solusi alat pembayaran, dan sebagainya.

Artajasa berkomitmen untuk mendorong inovasi bagi mitra bisnis dengan dukungan sekitar 200 karyawan yang memiliki keahlian dalam bidang solusi teknologi informasi. Dengan menerapkan budaya perusahaan yaitu CITA (Customer-oriented, Innovation, Teamwork, dan Adaptability). Mereka membangun kehidupan yang lebih mudah untuk semua mitra.

Cara Menggunakan ATM Bersama

Bila kita telah menjadi nasabah sebuah bank, kita akan menerima buku tabungan, juga sebuah kartu yang biasanya disebut kartu debit. Dengan menggunakan kartu ini kamu dapat mengambil uang di ATM dimanapun dan kapanpun juga.

Bila kamu masih belum paham dan masih bingung, yuk simak saja langsung cara menggunakan ATM Bersama. Yakinkan kamu mengikuti petunjuk bagaimana cara mengambil uang di ATM sesuai dengan bank kamu.

Cara Mengambil Uang di ATM CIMB Niaga

Pastikan dan pilihlah lebih dulu, kamu menginginkan pecahan uang jenis apa, Rp50.000 atau Rp100.000. Kamu bisa menentukan jenis pecahan uang yang akan dikeluarkan oleh ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM

  • Masukkan kartu ATM CIMB Niaga kamu ke dalam ATM CIMB Niaga
  • Pastikan logo CIMB Niaga berada di posisi atas
  • Selanjutnya masukkan pin ATM kamu yang berjumlah 6 digit itu. Hati-hatilah memasukkannya supaya tidak sampai salah, bila melakukan kesalahan sebanyak 3 kali, maka kartu ATM kamu akan diblokir.
  • Kemudian akan muncul tampilan nominal angka yang akan kamu tarik dalam rupiah. Jika jumlah nominal telah sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan, maka kamu hanya perlu menekan tombolnya.
  • Jika tidak pilih transaksi lainnya kemudian masukkan nominalnya.
  • Lalu akan muncul konfirmasi pilihan nominal kamu. Jika sudah benar maka pilihlah Benar. Jika ternyata salah pilihlah Salah dan masukkan lagi nominalnya.
  • Kemudian muncul pertanyaan Pilih rekening yang kamu inginkan
  • Pilih Rekening tabungan
  • Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar.
  • Lalu akan muncul pertanyaan: Apakah Anda ingin mencetak resi?? Kamu memerlukannya jika menginginkan struk bukti transaksi. Jika Iya, maka jumlah saldo kamu akan muncul di struk, jika Tidak makan sisa uang Anda akan muncul di layar.
  • Dan akhirnya akan muncul tulisan, Apakah kamu ingin melanjutkan transaksi lain? bila kamu memilih Tidak, maka mesin ATM akan mengeluarkan kartu kamu.
  • Yakinkan bahwa semua hal telah berada di tempat yang aman sebelum kamu keluar meninggalkan ATM.
  • Pastikan uang dan juga kartu ATM sudah diambil dari mesin ATM, dan telah dimasukkan ke dalam dompet.

Cara Mengambil Uang di ATM Bersama

Tidak semua kartu ATM bisa digunakan pada mesin ATM bersama. Oleh karena itu cek kartu ATM kamu, apakah terdapat logo ATM Bersama. Jika ada berarti kamu bisa menikmati fasilitas ATM bersama.

Kemudian selanjutnya adalah dengan memastikan mesin ATM-nya. Pastikan terdapat logo ATM bersama pada mesin ATM. Jika ada, kamu bisa menggunakan mesin ATM tersebut.

Pastikan dan pilih lebih dulu jenis pecahan uang apa yang Anda inginkan, Rp50.000 atau Rp100.000. Kamu bisa memilih jenis pecahan uang yang akan dikeluarkan oleh mesin ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

  • Pastikan lebih dulu kamu menginginkan jenis pecahan uang apa. 50.000 atau 100.000. Kamu bisa pecahan uang yang dikeluarkan oleh ATM pada bagian pojok kanan atas mesin ATM.
  • Masukkan kartu ATM BRI kamu ke dalam ATM BRI
  • Pastikan logo BRI berada di posisi atas
  • Kemudian pilih bahasa yang kamu ingin gunakan selama proses mengambil uang.
  • Pada layar akan muncul pesan berupa tips aman bertransaksi di ATM, pilih lanjutkan
  • Selanjutnya adalah, masukkan pin ATM yang berjumlah 6 digit itu.
  • Usahakan agar tidak sampai salah, karena bila Anda salah memasukkannya sampai 3 kali maka secara otomatis kartu ATM kamu akan diblokir.
  • Kemudian akan ditampilkan jumlah nominal angka dalam rupiah yang akan kamu tarik. Bila jumlah nominal telah sesuai dengan yang Anda inginkan, maka kamu hanya perlu menekan tombolnya.
  • Jika tidak pilih transaksi lainnya lalu pilih penarikan tunai kemudian masukkan nominalnya.
  • Lalu pada layar akan muncul konfirmasi pilihan nominal Anda. Jika sudah benar maka pilihlah Benar. Jika ternyata salah maka pilihlah Salah dan masukkan lagi nominalnya.
  • Apabila transaksi berhasil, maka uang akan keluar beserta dengan resinya.
  • Ada beberapa ATM yang memang tidak mengeluarkan resi karena kehabisan kertas atau memang di setting agar saldo hanya keluar di layar saja.

Berlaku untuk Bank Lain

Pastikan semua hal sudah berada di tempat yang aman sebelum kamu keluar dari ATM. Pastikan uang dan kartu ATM sudah masuk ke dalam dompet.

Cara tersebut juga bisa kamu gunakan di Bank Mandiri, BNI, BCA, hingga bank lainnya. Semoga bermanfaat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait