6 Cara Kreatif untuk Mengurangi Utang Kartu Kredit Kamu

utang kartu kredit
utang kartu kredit

Utang kartu kredit kamu semakin tinggi. Dan, kamu pasti ingin melakukan sesuatu untuk segera melunasinya. Apalagi, kenaikan suku bunga biasanya berdampak pada bunga kartu kredit seiring waktu.

Dalam dunia yang sempurna, kita semua akan melunasi utang kartu kredit setiap bulan, mempertahankan skor kredit yang sempurna dan menyikat gigi lima kali sehari, juga makan empat sehat lima sempurna.

Tetapi hal-hal terjadi, dan perusahaan kartu kredit bergantung pada kartu kredit sebagai produknya sebagai lahan untuk mendapat untung. Jika kita semua membayar tepat waktu, setiap saat, mereka tidak akan mendapat untung yang besar. Dan, biaya keuangan kartu kredit dapat bertambah dalam jangka waktu tertentu.

Ketika suku bunga kredit mencapai rekor tertinggi, berikut adalah enam cara untuk menemukan uang ekstra untuk mengurangi utang kartu kredit kamu dan mengalahkan kenaikan biaya.

Cari Potongan Harga dan Hadiah

Jika kamu membayar harga penuh untuk apa pun, kamu mudah kehilangan diskon. Banyak kartu kredit menawarkan uang kembali (payback promo) pada setiap pembelian, dengan promo khusus untuk beli bensin, bahan makanan, dan banyak lagi. Meskipun kamu pasti ingin membayar utang kartu kredit kamu, kamu mungkin juga mendapatkan sedikit uang kembali dari pembelian yang harus kamu lakukan.

Jika kamu mengunjungi satu toko bahan makanan secara teratur, bergabunglah dengan program hadiahnya. Kamu akan menghemat uang melalui penawaran khusus anggota, dan kamu dapat menebus hadiah untuk pembelian di masa mendatang.

Carilah diskon kartu kredit sebagai peluangmu untuk mendspatkan barang lebih murah. Bukan sebagai alat berutang yang akan kamu bayarkan berbulan-bulan. Manfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran (bukan utang, ya!)

Negosiasikan Segalanya

Kita cenderung memandang hal-hal seperti tagihan listrik, pembayaran mobil, dan tagihan yang jatuh tempo sebagai jumlah tetap tanpa ruang untuk diskusi. Tapi semuanya bisa dinegosiasikan, dan kamu akan terkejut betapa banyak uang yang dapat kamu hemat dengan bernegosiasi dengan kreditor dan penyedia layanan kamu.

Hubungi penyedia layanan ponsel kamu dan beri tahu mereka bahwa kamu mempertimbangkan untuk beralih ke operator lain yang lebih murah. Untuk menghindari kehilangan bisnisnya, mereka mungkin memberi tahu kamu tentang diskon atau paket yang dapat memotong tagihan bulanan kamu.

Hal yang sama berlaku untuk asuransi mobil, gas dan listrik, penyedia internet, dan sebagainya. Jelajahi opsi kamu, negosiasikan dan simpan.

Saat kamu berada di sana, tanyakan apakah penerbit kartu kredit kamu akan menurunkan tarif kamu.

Jual Barang-barang Kamu

Sebagian besar dari kita memiliki hal-hal yang tidak kita butuhkan hanya dengan berbaring saja. Menjual barang-barang itu dapat membebaskan ruang di rumah atau garasi kamu, dan memberi kamu uang tambahan untuk digunakan untuk membayar utang kartu kredit kamu. Ambil inventaris setiap benda asing yang kamu miliki, dan lihat apa yang mungkin berharga bagi orang lain.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk menghubungkan kamu dengan pembeli untuk barang-barang kamu. Banyak aplikasi gratis yang secara langsung membeli elektronik, buku teks, CD, DVD, dan permainan yang kamu gunakan dengan lembut.

Gunakan aplikasi jual-beli yang memberi kamu perkiraan berapa banyak barang kamu yang bernilai, mengirimi kamu ongkos kirim gratis untuk mengirimkan barang kamu, dan membayar kamu pada hari berikutnya setelah pembeli menerima barang-barang kamu.

Ayo, dan ubah buku sekolah dan DVD kamu menjadi uang tunai. Dan gunakan uang tunai tersebut untuk membayar utang kartu kreditmu.

Otomatiskan Pembayaran Kamu

Sebagian besar perusahaan kartu kredit memungkinkan kamu mengatur rencana pembayaran otomatis. Kamu memilih jumlah yang kamu tahu dapat kamu pertanggungkan dan dikurangi dari akun rekening kamu secara otomatis setiap bulan.

Di sisi lain, kamu juga dapat mengotomatiskan tabungan kamu – dan minta uang diinvestasikan secara otomatis juga. Ini adalah bagaimana kamu dapat membangun dana untuk keadaan darurat dan banyak lagi.

Dengan dana darurat kamu tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk biaya tak terduga. Miliki jumlah yang dikurangi dari gaji kamu setiap minggu atau dari rekening koran kamu setiap bulan, dan saksikan tabungan kamu tumbuh. Tahan saja godaan untuk mengeluarkan uang sebelum kamu benar-benar membutuhkannya.

Perhatikan Kredit Kamu dengan Cermat

Sangat mudah untuk mendapatkan laporan kredit gratis dan skor kredit secara online, dan mengawasi kredit kamu dapat membantu kamu mengungkap masalah yang secara negatif mempengaruhi skor kamu, sehingga kamu dapat menghubungi agen pelaporan kredit yang sesuai dan memiliki kesalahan pada laporan kredit kamu untuk segera dihapus.

Skor kredit yang baik dapat membantu kamu menegosiasikan suku bunga yang lebih rendah jika kamu memilih untuk membiayai kembali atau mengkonsolidasikan utang kamu. Lihat apakah kamu memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit 0%, untuk mengkonsolidasikan saldo kamu tanpa bunga untuk sementara waktu.

Cari Kerja Sampingan

Konsolidasi, negosiasi, dan otomatisasi hanya dapat berjalan sejauh ini. Pada titik tertentu, kamu perlu mendapatkan lebih banyak uang. Selain berbicara tentang menyewakan ruang kosong di rumah kamu – jadi bagaimana kalau mendapat tambahan penggunaan dari kendaraan kamu?

Go-Jek dan Grab memungkinkan kamu untuk mengatur jadwal kamu sendiri dan mendapatkan uang di waktu luang kamu dengan membawa orang lain ke mana mereka harus pergi. Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri, dan kamu dapat bekerja untuk keduanya jika kamu menginginkannya.

Jika kamu tidak banyak mengemudi atau terlalu sibuk untuk kerja, mobilmu dapat bekerja untuk kamu. Mendaftarlah di situs-situs jasa sewa mobil dan menyewakan mobil kamu kepada orang lain ketika tidak digunakan.

Jika kamu tidak memiliki mobil atau kamu lebih suka bekerja dari rumah dengan piyama, pelajari tentang sisi terbaik yang bisa kamu lakukan dari rumah.

Dan jika kamu ingin keluar dari rumah, mendapatkan uang, dan berinteraksi dengan orang lain, ini adalah sisi terbaik yang akan membuat kamu keluar dari rumah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait