Pentingnya Asuransi Sebagai Tabungan di Masa Depan

pentingnya asuransi
pentingnya asuransi

Kebanyakan orang belum sadar pentingnya asuransi bagi kehidupan di masa depan. Karena itu, redaksi Ajaib akan mengulas pentingnya asuransi untuk menjamin kehidupan di masa depan sebagai berikut ini.

Jika mendengar kata asuransi, kebanyakan orang pasti akan menghindar atau tidak ingin tahu. Padahal jika kamu tahu pentingnya asuransi, maka akan ada manfaat besar yang bisa kamu dapatkan. Kita tidak tahu dan tidak bisa juga memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk risiko kehidupan yang akan dihadapi.

Risiko tersebut tidak bisa begitu saja dihilangkan tapi bisa diminimalisir, entah itu kesehatan maupun kematian yang dapat mengancam hilangnya kemampuan finansial seseorang.

Manfaat Asuransi

Salah satu cara memperkecil kerugian finansial adalah dengan membeli produk asuransi maupun asuransi jiwa. Ada begitu banyak alasan yang masuk akal pentingnya asuransi kesehatan dan jiwa, diantaranya adalah:

  • Musibah bisa datang secara tak terduga
  • Biaya kesehatan semakin mahal
  • Manusia pasti akan menghadapi kematian

Semua orang pasti akan menua dan di usia senja kemampuan untuk bekerja akan makin terkikis seiring bertambahnya umur. Pada saat itulah kamu perlu adanya jaminan keuangan agar anak-anak kamu tidak terbebani.

Setelah melihat kondisi tersebut, masih banyak orang yang bertanya bagaimana jika resiko itu tidak terjadi? Bukankah jadinya malah ‘membuang-buang uang’ terus menerus hanya membayar premi tiap bulannya? Pola pikir seperti itu harus dibenarkan.

Justru pada saat kamu tidak pernah mengklaim premi asuransi, disitu manfaat besar yang akan dirasakan untuk kamu dan keluarga. Asuransi akan terus bekerja melindungi kamu dari resiko dengan sejumlah manfaat dari pentingnya asuransi seperti ulasan di bawah ini:

Melindungi dari Masalah yang Tak Terduga

Ikut program asuransi berarti sama dengan kamu mendapatkan perlindungan dari resiko yang tidak terduga. Artinya jika kamu mengalami sakit atau amit-amitnya sampai meninggal dunia, pihak asuransi akan membiayai pengeluaran kamu berdasarkan kesepakatan yang ada di dalam polis asuransi.

Keuntungan lainnya adalah ada beberapa produk asuransi memberikan perlindungan di masa depan, misalnya program asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance). Jika kamu ikut program asuransi tersebut, jaminan perlindungan seumur hidup akan kamu terima. Ini akan memberikan keuntungan buat peserta program asuransi, termasuk keluarganya sehingga kehidupan lebih nyaman.

Asuransi sangat penting untuk berjaga-jaga jika suatu saat kamu sakit dan kondisi keuangan tidak stabil, pasti akan pusing memikirkan biaya untuk rumah sakit.

Lebih Matang dalam Merencanakan Keuangan

Pada saat kamu memiliki asuransi, secara tidak sadar kamu akan diajarkan untuk disiplin dalam mengatur keuangan yakni dengan menyisihkan sebagian uang untuk membayar premi secara rutin tiap bulan. Awal-awal memang akan terasa berat, namun selebihnya kamu akan terbiasa karena rutin dilakukan.

Selain itu apabila sewaktu-waktu terjadi resiko dan perlu dana yang besar, maka asuransi bisa membantu mengurangi resiko pengeluaran yang tak terduga tersebut. Jarang sekali orang memikirkan pentingnya asuransi bagi masa depannya. Tentu saja kerugian besar akan kamu hadapi jika tidak memiliki asuransi.

Perlindungan untuk Aset kamu

Selain proteksi untuk kamu dan keluarga, asuransi juga dapat melindungi aset yang kamu miliki. Dikatakan bahwa aset merupakan harta benda yang pastinya sangat berharga dari hasil jerih payah kamu selama bertahun-tahun. Untuk memproteksinya dari kerusakan bahkan kehilangan, kamu membutuhkan asuransi. Dengan begitu, jika suatu saat rusak atau hilang, sudah siap uang pertanggungannya guna meminimalkan kerugian tersebut.

Alternatif untuk Tabungan dan Investasi

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan investasi, produk asuransi kini sudah jauh lebih berkembang. Ya, kini kamu dan siapapun bisa mendapatkan proteksi diri sekaligus berinvestasi. Produk asuransi ini dinamakan unit link yang punya manfaat sebagai perlindungan sekaligus tabungan dan investasi, yang juga dapat menghasilkan imbal balik menguntungkan bagi kamu.

Dengan produk asuransi unit link ini, maka kamu tidak akan lagi mempunyai pikiran ‘buang-buang uang’, sebab kamu akan memperoleh imbal hasil investasi dari premi yang dibayarkan. Manfaatnya tentu saja sangat besar, bayangkan jika kamu tidak menyadari berapa dana yang sudah dikumpulkan dari angsuran premi perbulannya di masa depan nanti.

Untuk Milenial Asuransi Juga Penting

Pentingnya asuransi sangat bermanfaat bagi siapapun, termasuk milenial. Dengan memiliki asuransi, kaum milenial bisa belajar mengelola keuangan lebih bijak. Untungnya lagi, kamu para generasi milenial bisa memulai memiliki asuransi dengan premi rendah.

Sebab resiko dari hal-hal yang tak terduga di usia muda lebih kecil daripada mereka yang berusia di atas usia 40 tahun. Selain itu besar kecilnya biaya premi juga dipengaruhi dari usia, serta riwayat penyakit yang diderita.

Asuransi juga bisa membantu generasi milenial mempersiapkan masa depan yang bahagia. Terlebih dengan adanya jaminan dana di hari tua, kamu tetap bisa menjalankan gaya hidup atau hobi kamu seperti sekarang ini.

Jangan Tunda Lagi untuk Ikut Program Asuransi

Setelah kamu melihat ulasan di atas, apakah asuransi masih tidak penting untuk kamu? Pada intinya asuransi mempunyai tujuan yang sama dengan kebutuhan setiap orang, yaitu membantu mengatasi masalah yang terjadi akibat resiko hidup. Dalam hal ini untuk meminimalkan resiko dari sakit atau musibah yang datangnya tiba-tiba, sehingga masa depan finansial kamu dan keluarga tetap terjaga.

Ada pepatah mengatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Kini kamu tahu pentingnya asuransi yang akan memberikan manfaat besar. Maka dari itu, jangan tunda lagi untuk memiliki asuransi dari sekarang sebelum datangnya musibah itu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait