Mengenal Produk dan Manfaat Asuransi Syariah di Indonesia

asuransi syariah di Indonesia
asuransi syariah di Indonesia
A keyboard with a green button Insurance

Menurut Dewan Syariah Nasional (DSN) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), asuransi syariah di Indonesia merupakan sebuah usaha untuk saling melindungi di antara sejumlah orang melalui investasi. Investasi tersebut bisa berupa aset atau tabarru’ yang memberikan pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu.

Asuransi syariah adalah sistem di mana para peserta melakukan donasi sebagian atau seluruh premi yang dibayarkan untuk membayar klaim atas musibah yang dialami.

Dalam hal ini, perusahaan asuransi syariah di Indonesia bertanggung jawab untuk mengelola atau mengendalikan dana tabarru’ tersebut.

Dalam praktiknya, perusahaan asuransi syariah menggunakan prinsip syariah atau sesuai dengan aturan Islam, yaitu prinsip tolong menolong. Hal tersebut sangat berbeda dengan perusahaan asuransi konvensional yang menerapkan kontrak jual-beli.

Sama seperti asuransi lainnya, asuransi syariah di Indonesia juga memiliki beragam jenis produk, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kendaraan, dan lainnya.

Manfaat Asuransi Syariah

Dibandingkan dengan asuransi konvensional, ada beberapa manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh asuransi syariah. Kamu dapat mempertimbangkan jenis polis yang dimiliki oleh asuransi syariah.

  • Dana yang dikumpulkan dikelola secara syariah. Lalu, sesuai dengan fatwa sehingga tidak melanggar peraturan agama.
  • Denda atau dana yang didapatkan oleh asuransi syariah, dialokasikan untuk berbagai kegiatan sosial.
  • Biaya premi asuransi syariah lebih rendah dan terjangkau.

Keuntungan dari Asuransi Syariah

Asuransi syariah memberikan keuntungan yang bisa dinikmati oleh nasabahnya. Keuntungan yang ditawarkan tidak semuanya ada di asuransi konvensional. Berikut ini adalah keuntungan dari asuransi syariah:

Pembagian Keuntungan

Dana yang disetorkan ke dalam asuransi syariah nantinya akan menjadi hak semua pesertanya. Dana tersebut akan digunakan untuk membayar klaim dari para peserta.

Dalam konsepnya, keuntungan asuransi syariah terbagi menjadi:

  • 60 persen ditahan menjadi saldo tabarru’.
  • 30 persen dibagikan kepada para peserta asuransi.
  • 10 persen untuk pengelola.

Pembagian keuntungan tersebut dilakukan secara proporsional, yakni semakin besar nilai kontribusinya, maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan oleh peserta.

Jika terjadi defisit keuntungan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil dana tabarru’. Kalau dana tersebut tidak cukup, maka akan diajukan sejumlah pinjaman dengan menggunakan akad qardh kepada perusahaan asuransi.

Double Claim dan Polis Bersama

Berbeda dengan asuransi pada umumnya, asuransi syariah menggunakan satu polis untuk seluruh anggota keluarga. Penggunaan polis tersebut akan lebih menguntungkan, karena premi yang harus dibayarkan jadi lebih ringan.

Asuransi syariah juga memungkinkan pesertanya untuk melakukan double claim tanpa memperhatikan besaran klaim yang dibayarkan oleh asuransi lain atau BPJS.

Tips Memilih Asuransi Syariah

Memilih asuransi syariah memang tidak mudah dilakukan. Sebab, semua perusahaan asuransi menawarkan berbagai keunggulan produk asuransi agar mencari nasabah sebanyak-banyaknya.

Berikut ini adalah tips memilih asuransi syariah yang bisa kamu pertimbangkan:

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Peserta asuransi syariah harus mengetahui apa jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan. Asuransi sendiri memiliki banyak pilihan produk. Dari banyaknya pilihan produk asuransi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Ada Dewan Pengawas Syariah (DPS)

Seluruh asuransi syariah tentunya memiliki Dewan Pengawas Syariah (DPS). DPS memiliki beberapa orang anggota yang memahami soal ekonomi syariah. DPS bertugas untuk mengatur, mengawasi, dan menjamin produk asuransi syariah benar-benar halal dan sesuai dengan syariat Islam.

Mempelajari Akad Detail Asuransi Syariah

Akad asuransi syariah adalah bentuk kesepakatan dalam perjanjian yang ada. Kamu bisa mempelajari dan memahami akad yang akan digunakan perusahaan.

Dalam akad asuransi syariah, tidak ada dana yang hangus untuk asuransi jiwa. 

Bacaan menarik lainnya:

Arif Effendi.(2016).Asuransi Syariah di Indonesia (Studi Tentang Peluang ke Depan Industri Asuransi Syariah Vol. 3 No. 2. Wahana Akademika


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait