Dunia Kerja

Pekerjaan Freelance untuk Fresh Graduate, Bisa Jadi Trader

Ajaib.co.id – Secara umum, pekerjaan freelance didefinisikan sebagai suatu pekerjaan lepas atau pekerjaan bebas. Pekerjaan ini cukup populer di kalangan masyarakat, khususnya bagi kamu yang berdomisili di kota-kota besar. 

Meskipun terkadang pekerjaan ini sering dipandang sebelah mata karena tidak memiliki kontrak atau ikatan jangka panjang, namun pekerjaan sebagai freelancer juga memiliki banyak kelebihan, lho

Nah, apakah kamu baru saja lulus kuliah atau fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan saat ini? Yuk, simak pembahasan beberapa pekerjaan freelance yang mungkin cocok dan dapat kamu coba, namun sebelumnya kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai pekerjaan sebagai freelancer, ya.

Persyaratan untuk Menjadi Freelance

Semua orang bisa saja menjadi freelancer, namun karena sifat bebas yang melekat pada pekerjaan ini bukan berarti pekerjaan ini dapat kamu dapatkan dengan mudah dan tanpa persyaratan. 

Apa sih, syarat untuk mendapatkan pekerjaan freelance?

  • Profesional, Berkomitmen dan Memiliki Manajemen Waktu

Sebagai seorang freelancer, nantinya kamu akan sangat jarang bertemu atau bahkan bertatap muka secara langsung dengan klien. Di antara kamu dengan klien harus didasari dengan kepercayaan satu dengan lainnya, oleh karena itu komitmen dan profesionalitas kamu akan pekerjaan sangatlah penting untuk pekerjaan ini. 

Klien tentunya mengharapkan tercapainya komitmen waktu untuk penyelesaian pekerjaan dan profesionalisme kamu terhadap pekerjaan dapat memberikan kepuasan kepada klien. Jangan sampai terlambat dalam penyelesaian atau mengabaikan pekerjaan yang diberikan, ya. 

  • Memiliki Keahlian atau Pengalaman 

Sama halnya dengan bekerja full time di perusahaan pada umumnya, menjadi seorang pekerja freelance juga menuntut kamu untuk memiliki keahlian di jenis pekerjaan freelance yang kamu lamar. 

Jika kamu seorang lulusan baru, pengalaman kerja selama kuliah juga memberikan nilai tambah Ketika kamu ingin melamar pekerjaan freelance. 

Pekerjaan freelance bukanlah jenis pekerjaan yang bebas tanpa memperhatikan keahlian pelamarnya. Semakin banyak pengalaman yang kamu miliki, semakin besar peluang kamu untuk dapat menarik minat klien yang ingin mempekerjakan kamu. 

  • Memiliki Fasilitas yang dapat Mendukung Pekerjaan

Memilih pekerjaan freelance mengharuskan kamu mempersiapkan sendiri fasilitas untuk melaksanakan pekerjaan yang akan diberikan oleh klien. Contohnya jika kamu adalah penulis freelance, kamu harus memiliki laptop untuk dapat menulis atau mengerjakan tugas yang diberikan kepadamu dan mungkin jika pekerjaanmu membutuhkan internet, kamu harus dapat memfasilitasi dirimu sendiri. 

Diatas merupakan beberapa persyaratan untuk pekerjaan freelance. Nah, berikut ini beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu pilih jika kamu baru saja lulus kuliah. Untuk lowongan kerja sebagai pekerjaan freelance, kamu dapat temukan di website ataupun media sosial seperti sribulancer, projects.co.id, fastwork dan lainnya. 

Klien akan memposting pekerjaan serta penghasilan yang mereka tawarkan dan kamu dapat langsung melamar pekerjaan tersebut yang sesuai dengan portofolio saya

Pekerjaan Freelance untuk Fresh Graduate

  • Desainer Grafis

Jika kamu memiliki keahlian dalam bidang menggambar, pekerjaan freelance sebagai desain grafis ini sangat cocok untukmu. 

Untuk kamu yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang ini, maka ini kesempatan yang baik untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang telah kamu peroleh saat kuliah. 

Biasanya kamu dituntut untuk paham mengenai konsep-konsep desain. Mungkin saja kamu akan diminta untuk membuat desain logo perusahaan, logo produk atau barang seperti baju, sepatu. 

Apabila kamu sudah cukup ahli, mungkin kamu akan diminta untuk mendesain tampilan user dari sebuah aplikasi mobile base maupun web base. Pendapatan yang bisa kamu terima dari pekerjaan ini juga bisa sangat besar, tergantung dari kemampuan yang kamu miliki.

  • Full-Stack Developer

Dalam era digitalisasi dan industri 4.0 ini, permintaan digitalisasi sangatlah tinggi. Jika kamu lulusan IT dan menguasai bidang pemrograman seperti Java, HTML, dan lainnya pekerjaan jenis ini dapat menjadi pilihan kamu. 

Belakangan ini, pekerjaan jenis ini cukup populer karena meningkatnya pembuatan serta pengembangan software seperti sistem informasi manajemen maupun website dari banyak perusahaan pemerintahan maupun swasta. Penghasilan yang ditawarkan untuk pekerjaan ini juga biasanya cukup menggiurkan dan tidak harus on site. 

  • Translator

Salah satu pekerjaan freelance dengan bayaran yang cukup tinggi dan lumayan mudah adalah penerjemah atau translator. Namun kamu juga tentunya harus memiliki kemampuan menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lainnya. Pekerjaan ini akan cukup menjanjikan apabila kamu menguasai dan ahli dalam beberapa bahasa, lho. 

  • Penulis Konten

Menjadi penulis konten mungkin sudah sangat sering kamu dengar, cukup sederhana dan banyak diminati. Menjadi penulis konten, kamu dapat menulis seperti artikel di blog atau sejenis lainnya. Penghasilan yang mungkin kamu dapatkan dari menulis konten cukup beragam. Kamu dapat memilih konten yang akan kamu tulis. 

Contohnya jika kamu adalah lulusan ekonomi, artikel yang membahas mengenai ekonomi, keuangan dan investasi mungkin bukan hal yang baru lagi untuk kamu meskipun masih dalam tahap memulai. 

Kamu perlu untuk menulis artikel yang baik serta benar dan juga menarik minat para pembaca. 

  • Trader Saham

Apakah trader bisa dikategorikan sebagai pekerjaan freelance? Bisa saja, jika kamu memiliki waktu untuk mengamati analisis teknikal, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan menjadi trader saham.

Apalagi transaksi saham baru-baru ini sedang booming yang mengakibatkan banyak arus masuk dana masuk ke salah satu instrumen investasi ini. Tidak ada salah untuk mencoba menjadi day trader sembari menunggu pekerjaan yang tetap, kan?

Nah, demikian beberapa pekerjaan freelance yang dapat kamu pilih sesuai dengan passion dankemampuan yang kamu miliki. Meskipun mencari pekerjaan tetap di masa pandemi ini cukup sulit, kamu dapat mencoba pilihan berinvestasi sebagai bekal di masa depan.

Jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan freelance dan berpenghasilan jangan lupa untuk berinvestasi, ya. kamu dapat menggunakan aplikasi Ajaib yang sudah terdaftar di OJK dan terpercaya.

Sumber: Apa Itu Freelance? Pengertian, Syarat & Kelebihan di 2020, Arti Freelance: Cara Kerja, Syarat, dan Contoh Pekerjaan Freelance, Pekerjaan Freelance Termudah Cocok Untuk Pemula dan Fresh Graduate, 7 Jenis Pekerjaan Freelance Terpopuler, 7 Pekerjaan Freelance dengan Penghasilan Menjanjikan, dan 20-An Situs Lowongan Kerja Freelance Untuk Penulis, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait