Dunia Kerja

Situs Freelance Indonesia Bisa Berikan Tambahan Pemasukan

Ajaib.co.id – Pada dasarnya, pekerjaan lepas atau biasa disebut freelance adalah pekerjaan di mana seseorang bekerja untuk dirinya sendiri, bukan untuk perusahaan. Sementara pekerja lepas memang mengambil pekerjaan kontrak untuk perusahaan dan organisasi, mereka pada akhirnya bekerja sendiri. Seorang freelancer pada dasarnya merupakan wiraswasta dan pekerjaan yang berasal dari seluruh sektor ketenagakerjaan.

Freelancer bertanggung jawab atas semua hal yang tidak dimiliki karyawan kantoran, seperti mengatur jam kerja, lalu melacak waktu yang dihabiskan untuk proyek yang berbeda, menagih klien dengan invoice, dan membayar pajak pekerjaan dan bisnis mereka sendiri. Freelancer tidak dianggap “karyawan” oleh perusahaan tempat mereka bekerja, melainkan “kontraktor.”

Dalam sejumlah besar perusahaan, mulai dari perusahaan kecil hingga sangat besar. Tahukah kamu, kalau organisasi, nirlaba, dan bahkan lembaga pemerintah sering mempekerjakan freelancer kontrak? Karena cakupan luas dari freelancer, ada pekerjaan yang pada dasarnya setiap bidang karir dapat bervariasi antara pekerjaan satu kali untuk proyek jangka panjang. Pekerjaan juga dapat ditawarkan langsung ke klien atau dapat fokus pada area umum seperti yang tercantum di atas atau dapat dipanggil ke industri tertentu yang memerlukan skill khusus.

Jika kamu seorang freelancer yang sedang mencari kerja, kamu mungkin tahu betapa melelahkannya pekerjaan tersebut. Namun, ada beberapa website freelance Indonesia untuk membantu pekerja profesional seperti kamu untuk mencari pekerjaan tambahan. Situs freelance merupakan platform, di mana pencari kerja dan pencari jasa mengunggah tawaran mereka.

Menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas adalah cara cerdas dalam mencari uang tambahan melalui hobi atau bakat kamu. Kamu memiliki kebebasan penuh untuk melamar pada proyek yang kamu mampu kerjakan atau sukai. Bisa dibilang, menggunakan website ini dapat membantu untuk membangun karir freelance kamu. Situs-situs ini dapat menuntun kamu dalam menemukan klien secara mudah dan mendapatkan kepercayaan dari pencari jasa.

Selain itu, kamu dapat mengasah skill dengan mengambil berbagai proyek berbeda dari berbagai pencari jasa yang berbeda juga. Pada akhirnya, dengan portofolio yang juga berkembang, kamu bisa mendapatkan banyak tawaran proyek-proyek lepas.

Pada artikel ini, Kami akan memberi daftar situs freelance Indonesia terbaik di internet.

Freelancer

Freelancer.com merupakan pasar freelancing dan crowdsourcing terbesar di dunia berdasarkan jumlah pengguna dan jumlah proyek. Freelancer menghubungkan lebih dari 45,906,117 para pemberi kerja dan freelancer secara global dari lebih 247 negara, daerah dan wilayah. Melalui pasar tersebut, para pemberi kerja dapat mempekerjakan freelancer untuk melakukan pekerjaan di berbagai bidang seperti pengembangan perangkat lunak, penulisan, entri data dan desain sampai ke teknik, ilmu-ilmu, penjualan dan pemasaran, akuntansi dan jasa hukum.

Freelancer mengklaim bahwa situsnya telah menghubungkan lebih dari 24 juta pencari jasa dengan banyak pekerja lepas dari 247 negara. Freelancer Limited diperdagangkan di Bursa Efek Australia dengan simbol ASX:FLN

Sribulancer

Situs freelance Indonesia selanjutnya adalah Sribu yang merupakan anak perusahaan dari Sribulancer berfokus pada pekerjaan lepas di dunia digital. Sribulancer membantu bisnis dan konsumer untuk mencari freelancer bertalenta dari seluruh dunia, mulai dari freelance programer, website desainer, desainer grafis, voice over, pembuat video, penulis artikel dan banyak lagi. Jasa yang diberikan fokus kepada kecepatan, akurasi dan kemudahan.

Jika kamu memiliki kemampuan mendesain, digital marketing, atau menulis yang mumpuni, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba situs yang satu ini.

Fiverr

Fiverr didirikan oleh Micha Kaufman dan Shai Wininger, diluncurkan pada Februari 2010. Para pendiri memunculkan konsep pasar yang akan menyediakan platform dua sisi bagi orang untuk membeli dan menjual dengan berbagai layanan digital yang biasanya ditawarkan oleh kontraktor lepas. Layanan yang ditawarkan oleh situs ini meliputi penulisan, terjemahan, desain grafis, pengeditan video dan pemrograman. Layanan Fiverr mulai dari US$5 atau Rp75.000, dan dapat mencapai hingga ribuan dolar atau jutaan rupiah dengan Gig Extras.

Setiap layanan yang ditawarkan disebut “Gig”. Freelancer di situs ini dapat menampilkan proyek yang telah diselesaikan pada publik agar calon pengguna jasa mereka dapat memilih siapapun yang menarik perhatiannya dengan mudah dan cepat. Fitur ini menjadi alternatif dari cara konvensional yang harus mengontak freelancer satu per satu. Terlebih lagi, Fiverr menyediakan pelatihan gratis untuk mengembangkan skill kamu dan mengajarkan bagaimana cara mendapatkan klien dengan efektif.

UpWork

UpWork adalah situs freelance berbasis cloud yang dikenal memiliki jumlah klien dan freelancer terbesar di kalangan freelance Indonesia. Website ini bisa digunakan oleh pebisnis dari berbagai ukuran dan freelancer dengan tingkat keterampilan yang berbeda-beda. UpWork memungkinkan kamu untuk menyaring daftar pekerjaan yang tersedia sesuai dengan keterampilan yang kamu miliki. Selain itu, UpWork juga memiliki fitur yang membantu mendeteksi apakah klien yang mendaftarkan pekerjaan itu jelas atau tidak. UpWork sering disebut sebagai website freelance terbaik karena mereka menyediakan layanan yang berkualitas sangat tinggi.

Melalui UpWork, bisnis semakin banyak dilakukan, terhubung dengan profesional yang telah terbukti untuk mengerjakan proyek-proyek mulai dari pengembangan web dan aplikasi seluler hingga SEO, media sosial marketing, penulisan konten, desain grafis, bantuan admin, dan ribuan proyek digital lainnya. UpWork menjadikan sistem cepat, sederhana, dan hemat biaya untuk menemukan, menyewa, bekerja sama, dan membayar profesional terbaik di mana saja, dan kapan saja.

CrowdSource

CrowdSource telah disebut sebagai salah satu website freelance terbesar yang tersedia di Indonesia. Bagi kamu yang lebih cocok untuk mencari pekerjaan dalam bidang pembuatan konten, editing, perusahaan media, dan penerbit. Yang unik adalah CrowdSource memecah tugas-tugas besar tersebut menjadi tugas-tugas yang lebih kecil untuk lebih mudah dikelola. Kalau kamu dianggap memenuhi syarat, kamu dapat mengerjakan pekerjaannya melalui platform terintegrasi tersebut. Jika hasilnya dianggap baik, mereka akan menerima kompensasi yang lebih besar dan mendapatkan akses ke pekerjaan lepas lainnya lebih banyak.

Itulah lima situs freelance di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk menambah penghasilan. Kelima website ini sudah terkenal dan terpercaya sebagai situs freelance Indonesia yang memberikan kamu berbagai pekerjaan. Jadi kamu boleh mencoba situs-situs tersebut, ya!

Artikel Terkait