Analisa Saham

Mengenal False Breakout pada Saham

ilustrasi untuk false breakout

Ajaib.co.id – Istilah false breakout sendiri yakni artinya suatu momentum teknikal yang memberikan sinyal penguatan dengan potensi harga saham tersebut akan membentuk tren naik yang berkelanjutan, namun ternyata kenaikan harga sahamnya tidak terjadi.

Bahkan sering kali, harga sahamnya justru turun dan merubah kenaikan tren tersebut menjadi tren penurunan. Tidak sedikit trader yang gagal dan terjebak pada momentum yang disebut false breakout.

Dalam melakukan Analisa teknikal, banyak sekali istilah dan sinyal teknikal yang terjadi dan pada kenyataan nya banyak sekali trader yang suka mengambil peluang Ketika saham tersebut breakout suatu level resistance atau level supportnya. Namun tidak jarang juga trader tertipu dari sinyal yang terbentuk tersebut.

Harga saham di pasar terbentuk tidak hanya dari sinyal ataupun momentum teknikal saja, namun juga kita tidak boleh mengabaikan sentiment pasar, peristiwa dari berita yang ada di pasar, psikologi pelaku pasar, fase dan siklus pasar, dan Analisa fundamental nya.

Jenis-jenis False Breakout

  1. Bull trap dan bear trap di level support resistance

False break sering kali terjadi setelah fase uptrend maupun downtrend nya suatu saham dan harga saham nya juga sudah mendekati kepada level support kuat maupun resistance kuat tersebut.

Ketika melihat sinyal tersebut, banyak sekali asumsi trader yang menyatakan bahwa level support dan resistance dapat tertembus dan tren penguatan atau penurunan juga sangat kuat dan agresif.

2. False Break pada fase konsolidasi

Ini merupakan jenis False break yang terjadi saat market konsolidasi atau sedang bergerak ranging. Trader sering terjebak Ketika level support ataupun resistance nya di tembus.

Tips Terhindar dan Mengatasi False Breakout

Untuk menghindari potensi kita terkena sinyal dari saham yang false breakout maka sebaiknya pertama kali kita harus melihat harga dalam time frame yang lebih luas lagi dan dengan sebuah konfirmasi dari volume, kita pun juga harus menggunakan indicator momentum lain nya untuk memastikan bahwa sinyal yang terjadi memang sudah terkofirmasi.

Level support ataupun level resistance suatu saham yang seringkali disentuh dan juga diuji akan lebih kuat sinyalnya jika dibandingkan dengan level support atau level resistance yang hanya beberapa kali dicapainya.

Namun, jika Anda telah mengalami hal tersebut, maka konsisten dengan trading plan lah jawaban nya. Sebaiknya sejak awal, sebagai seorang trader hendaknya kita mengetahui kapan waktu terbaik untuk entry dan waktu terbaik untuk exit suatu saham. Karena dengan trading plan yang baiklah hal ini bisa diatasi.

Strategi Trading yang Tepat

Untuk menghindari false breakout, kita sebagai seorang trader sebaiknya mengetahui strategi trading yang tepat agar terhindar dari risiko apapun. Berikut tips untuk trading saham yang tepat :

  1. Mengetahui tren kuat saham

Sebaiknya sebagai seorang trader, kita harus melihat major tren terlebih dahulu (tren besarnya), hal tersebut karena Ketika suatu saham sedang berada dalam tren yang kuatnya, maka potensi saham tersebut menembus harga sangatlah besar. Hal demikian karena tren juga memberikan probabilitas yang tinggi

2. Menunggu candle terbentuk untuk validasi

Jika kita melihat ada potensi suatu saham dapat breakout, sebaiknya kita harus menunggu dulu hingga breakout tersebut benar valid. Trader bisa menunggu hingga bentuk candle ketika penutupan pasar.

3. Perhatikan volume

Breakout yang diiringi dengan kenaikan volume, ada kemungkinan sinyal menguat tersebut tinggi. Karena volume trading juga merupakan salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengkonfirmasi kekuatan tren suatu saham.

4. Perhatikan level stop loss

Untuk mengantisipasi potensi kerugian sebaiknya seorang trader konsisten dengan trading plan yang dimilikinya. Konsisten juga terhadap level cut loss tersebut karena hal ini bisa membatasi potensi kita untuk mengalami kerugian yang terlalu besar nantinya.

Baca juga: Mengenal Istilah Breakout dalam Saham dan Strateginya!

Artikel Terkait