Langkah dan Metode dalam Analisa Laporan Keuangan

analisa laporan keuangan
analisa laporan keuangan

Apakah kamu pernah mendengar analisa laporan keuangan? Tentunya, setiap perusahaan harus memiliki kajian lebih lanjut mengenai laporan keuangan.

Analisa laporan keuangan merupakan poin paling penting dalam sebuah bisnis, terutama di dalam manajemen, investor, hingga calon investor.

Melalui analisa dari kinerja laporan keuangan, investor akan menemukan besaran dana investasi yang akan disetorkan. Selain investor, analisa laporan keuangan juga bermanfaat untuk pihak manajemen. Sebab, laporan tersebut berfungsi untuk menilai perkembangan bisnis dan penentuan proses pengambilan keputusan nantinya.

Pengertian

Analisa laporan keuangan adalah alat yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan berdasarkan data perbandingan keuangan dalam suatu periode tertentu.

Data keuangan yang digunakan adalah laporan keuangan laba dan rugi, laporan arus kas, dan neraca. Laporan keuangan tersebut digunakan untuk menyediakan informasi posisi keuangan dan kinerja perusahaan. Hal itu dilakukan agar dapat menentukan atau mengambil keputusan.

Tujuan

Sebelum membahas langkah dan metode analisa dari laporan keuangan, sebaiknya kamu mengetahui tujuannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Menilai kinerja perusahaan untuk membuat keputusan investasi.
  • Menggali informasi mengenai laporan keuangan dari suatu perusahaan.
  • Mengetahui kesalahan yang terdapat di laporan keuangan.
  • Membandingkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  • Memprediksi potensi yang dialami oleh perusahaan saat masa mendatang.
  • Menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh para pengambil keputusan dan lainnya.

Metode Analisa

Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan dan laporan keuangan perusahaan. Metode tersebut digunakan untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kondisi perusahaan, yakni:

  • Common Sizing
  • Trend
  • Crucial KPI (Key Performance Indicator)

Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini adalah penjelasan dari ketiga metode atau barometer menganalisa laporan keuangan.

Common Sizing

Analisa ini dilakukan dengan mengubah setiap baris data laporan keuangan menjadi angka persentase. Jika perbandingannya dilakukan tanpa mengubah menjadi persentase, maka akan sulit untuk melihat pergerakan trend nya.

Dengan melakukan analisa ini, kenaikan dan penurunan dari setiap bagian laporan keuangan akan sangat mudah diketahui.

Trend

Analisa ini dilakukan dengan membandingan dua atau tiga data laporan keuangan yang dimasukkan ke dalam chart, kemudian dilihat kenaikan dan penurunannya.

Crucial KPI (Key Performance Indicator)

Analisa crucial KPI merupakan indikator kunci dari kinerja suatu perusahaan. Bagian crucial KPI meliputi:

  • Laporan Keuangan Laba Rugi
  • Neraca
  • Laporan Arus Kas

Cara Melakukan Analisa

Untuk melakukan analisa dari laporan keuangan, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, seperti:

Memilih dan Memahami Latar Belakang Perusahaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih perusahaan. Jika kamu sudah memilih perusahaan, maka harus memahami latar belakangnya terlebih dahulu.

Kamu bisa memahami bidang usaha yang dijalani oleh perusahaan tersebut, dan berbagai kebijakan perusahaan yang diterapkan.

Memperhatikan Faktor

Langkah kedua adalah memperhatikan faktor atau kondisi yang berpengaruh terhadap perusahaan. Faktor atau kondisi tersebut adalah berkaitan dengan informasi tren dan kemajuan industri.

Misalnya, pendapatan per kapita, tingkat suku bunga, inflasi dan pajak, manajemen, dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap kondisi keuangan perusahaan saat tahun berjalan.

Cek Laporan Keuangan

Untuk menganalisa dari laporan keuangan, pastikan juga laporan keuangan perusahaan yang dipilih. Artinya, laporan keuangannya mendeskripsikan informasi keuangan yang lengkap dan benar.

Selain itu, pastikan juga laporan keuangannya dibuat sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku. Kamu juga bisa melakukan review laporan keuangan secara sederhana. Hal itu nantinya akan memudahkan kamu untuk melakukan langkah selanjutnya.

Bacaan menarik lainnya:

Fahmi, Irham. (2013).Analisis Laporan Keuangan. Bandung: ALFABETA.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait