Fungsi Asuransi Bukan Hanya Sekadar untuk Melindungi

fungsi asuransi
fungsi asuransi

Fungsi asuransi yang mungkin secara umum diketahui orang-orang adalah melindungi para pemegang asuransi dari hal yang tidak diinginkan terjadi padanya. Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai macam asuransi.

Asuransi-asuransi dengan berbagai macam produk itu memiliki keunikan tersendiri. Tapi sepertinya banyak orang yang masih beranggapan bahwa asuransi itu tidak penting, bahwa asuransi hanya diperuntukkan oleh mereka yang mapan.

Padahal fungsi asuransi sebenarnya sangat banyak dan orang-orang membutuhkannya karena asuransi akan membantu permasalahan hidup siapa saja jadi lebih mudah.

Untuk menunjang kehidupan masyarakatnya, Indonesia sendiri sudah memiliki lembaga penyedia asuransi seperti BPJS Kesehatan yang mengcover semua masalah kesehatan.

Produk asuransi kini juga bermacam-macam, yang umum misalnya asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi traveling, asuransi jiwa dan masih banyak lagi. Sekarang sudah bermunculan asuransi seperti asuransi untuk mereka yang hobi melakukan olahraga ekstrim, dan ada juga asuransi untuk kelancaran bisnis.

Fungsi asuransi pun sekarang jadi cukup banyak karena produknya pun sudah sangat banyak. Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya dihindari jika kamu tidak memiliki kendaraan bermotor, tapi malah daftar di asuransi kendaraan bermotor, hasilnya pun tidak akan bisa kamu nikmati. Asuransi yang sekarang bisa kamu ambil adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi masa tua. Ketiga asuransi itu akan kamu rasakan manfaatnya ketika terjadi sesuatu secara mendadak.

Namun, sebenarnya asuransi tidak hanya melindungi. Banyak fungsi asuransi perlu kamu ketahui dan hal ini sesuai dengan jenis produk yang ditawarkannya. Inilah fungsi asuransi yang semuanya bermanfaat bagimu.

Mengurangi Risiko

Dalam kehidupan ini risiko adalah hal yang lumrah terjadi, tapi sebenarnya kita bisa berusaha untuk mengurangi risiko itu ada dengan mengandalkan asuransi. Tidak ada salahnya bersiap-siap untuk menjaga diri dari jauh hari, daripada nanti malah menyesal karena tidak melakukan apa-apa.

Di saat musibah itu kejadian, paling tidak kita tidak akan kebingungan lagi harus melakukan apa. Misalnya saja kita ambil contoh dari asuransi kendaraan bermotor. Ketika mobil yang kamu rusak karena terbawa arus banjir besar yang terjadi di kotamu, kamu pasti akan sedih melihat mobilmu hancur.

Yang perlu kamu ketahui, dengan asuransi kamu bisa mendapatkan mobil yang baru karena mobil tersebut sudah mendapatkan asuransi dan segala perbaikan dilakukan oleh asuransi. Atau yang mengganti kerugianmu itu dengan uang sehingga kamu bisa saja membeli mobil yang baru.

Investasi Masa Tua

Asuransi bisa dikatakan bisa menjadi investasi yang akan menguntungkan di kemudian hari. Jika kamu mendaftar di asuransi tertentu dan belum ada klaim asuransi tersebut, maka di waktu yang sudah menjadi batasnya, kamu bisa mengambil uang asuransi itu kembali.

Misalnya saja asuransi yang bisa diambil kembali nanti adalah BPJS Ketenagakerjaan. Uang tersebut tentunya bisa kamu gunakan untuk membuka bisnis, atau kegiatan lain yang membuatmu bahagia.

Asuransi bisa menjadi investasi yang menguntungkan, jadi meski tidak diklaim pun akan menguntungkan bagimu di kemudian hari. Jadi, jangan ragu memiliki asuransi yang kamu butuhkan.

Sarana Perencanaan Matang

Fungsi asuransi selanjutnya adalah kamu bisa merencanakan keinginan dengan cukup rapi. Tidak ada salahnya melakukan perencanaan matang. Hidup ini terkadang sering terjadi hal-hal yang di luar dugaan, jadi jangan ragu untuk melakukan perencanaan sejak awal.

Asuransi bisa membuat perencanaanmu jadi lebih matang dan jelas. Misalnya saja jika kamu sudah memiliki anak, kamu pun mendaftar untuk asuransi pendidikan yang berguna bagi anakmu kelak. Sebagai orangtua pastinya kamu ingin anakmu mendapatkan pendidikan yang maksimal.

Kita tidak tahu sampai kapan akan kuat bekerja, jadi memiliki asuransi pendidikan cukup penting. Karena tabungan asuransi cukup banyak, kamu pun tidak perlu mengkhawatirkan pendidikan anakmu hingga jenjang pendidikan tinggi karena persiapannya sudah jelas.

Menyelamatkan Bisnis

Tidak hanya kesehatan, pendidikan, asuransi juga ada yang berupa asuransi untuk bisnis. Asuransi itu akan melindungi kamu ketika mengalami kebangkrutan sehingga kerugian yang kamu dapat bisa dicover.

Berbisnis memang hanya diperuntukkan bagi mereka yang berani berhadapan dengan risiko, dan terkadang risiko itu bisa terjadi kapan saja dan sulit dikontrol. Namun dengan memiliki asuransi bisnis, setidaknya kamu akan bisa bangkit kembali dengan modal yang sudah disimpan melalui akuntansi.

Setelah mengalami kegagalan, pastinya kamu tidak ingin terpuruk berlama-lama. Memiliki asuransi bisnis juga bisa membuatmu lebih berani dalam mengambil risiko untuk kemajuan bisnismu sendiri. Jadi, asuransi bisnis ini penting dimiliki olehmu yang serius menjalankan bisnis.

Menstabilkan Ekonomi Negara

Keberadaan asuransi tidak hanya berpengaruh pada hidup seseorang, tapi juga kestabilan ekonomi negara. Sekarang banyak sektor bisnis dan infrastruktur negara diasuransikan karena sedia payung sebelum hujan termasuk penting.

Dengan memiliki asuransi, kehidupanmu akan lebih terarah dengan baik, dan itu juga memengaruhi perekonomian Indonesia. Memilih asuransi yang pas dan tentunya memilih perusahaan asuransi yang sudah memiliki izin dari OJK, maka kamu bisa membuat hidupmu jadi lebih mudah. 

Membuat Hidup Lebih Tenang

Fungsi asuransi selanjutnya adalah dapat membuat hidupmu jadi lebih tenang. Ketika terkena musibah pastinya kamu akan sedih dan merasa kehilangan.

Namun, rasa sedihmu itu bisa terobati karena kamu sudah mempersiapkan asuransi dari jauh hari. Kamu tidak akan memusingkan apa yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan musibah karena kamu sudah tahu akan melakukan apa dengan asuransi yang sudah didaftarkan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait