Asuransi & BPJS

Fungsi Asuransi Bukan Hanya Sekadar untuk Melindungi

fungsi asuransi

Ajaib.co.id – Tidak semua masyarakat Indonesia benar-benar memahami fungsi asuransi. Memang pengertian asuransi dan mekanismenya sendiri belum banyak diketahui orang. Tak heran jumlah pemegang polis asuransi di Indonesia amat rendah.

Hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh dengan risiko. Karena itulah kebanyakan orang mempersiapkan diri termasuk dengan memiliki dana untuk berbagai kebutuhan darurat. Sayangnya, kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Ada banyak risiko yang mungkin terjadi dan menimpa keluarga kita. Mulai dari persoalan kesehatan, pendidikan sampai dengan bencana alam. Karena itulah kita membutuhkan asuransi untuk membayar berbagai kebutuhan di masa depan yang tidak kita prediksi.

Perlindungan atas risiko kerugian di masa depan memang menjadi fungsi utama asuransi. Meski demikian, sebenarnya ada banyak manfaat dari asuransi lainnya. Bahkan, fungsinya bisa jadi jauh lebih banyak tergantung jenis asuransi yang kamu miliki.

Dalam UU No. 2 Tahun 1992, asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih di mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi untuk memberikan penggantian kepada tertanggung. Karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan atau tanggung jawab hukum pada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung, yang timbul dari suatu peristiwa tidak pasti.

Atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Obyek asuransi adalah benda dan jasa, jiwa dan raga, kesehatan manusia, tanggung jawab hukum, serta semua kepentingan lainnya yang dapat hilang, rusak, rugi dan atau berkurang nilainya.

Pemerintah Indonesia menetapkan Undang-undang Nomor 2 tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian. Perangkat peraturan dalam bentuk undang-undang ini diperlukan agar usaha asuransi mempunyai kekuatan hukum yang lebih kokoh.

UU tersebut merupakan landasan bagi gerak usaha dari perusahaan-perusahaan di bidang ini maupun bagi pemerintah dalam rangka melaksanakan pembinaan dan pengawasan. UU ini menganut azas spesialisasi usaha sebab usaha perasuransian merupakan usaha yang memerlukan keahlian serta keterampilan teknis khusus dalam penyelenggaraannya. UU No. 2 Tahun 1992 menegaskan adanya kebebasan pada tertanggung (masyarakat yang menjadi nasabah perusahaan asuransi) dalam memilih perusahan asuransi.

Fungsi asuransi yang mungkin secara umum diketahui orang-orang adalah melindungi para pemegang asuransi dari hal yang tidak diinginkan terjadi padanya. Sekarang sudah banyak perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai macam asuransi.

Asuransi-asuransi dengan berbagai macam produk itu memiliki keunikan tersendiri. Tapi sepertinya banyak orang yang masih beranggapan bahwa asuransi itu tidak penting, bahwa asuransi hanya diperuntukkan oleh mereka yang mapan.

Padahal fungsi asuransi sebenarnya sangat banyak dan orang-orang membutuhkannya karena asuransi akan membantu permasalahan hidup siapa saja jadi lebih mudah. Untuk menunjang kehidupan masyarakatnya, Indonesia sendiri sudah memiliki lembaga penyedia asuransi seperti BPJS Kesehatan yang mengcover semua masalah kesehatan. Perusahaan plat merah ini sekarang memang jadi favorit masyarakat.

Selain itu, ada banyak perusahaan swasta dengan produk asuransi yang juga layak dipertimbangkan. Kamu bisa mengambil salah satu asuransinya sebagai upaya pengalihan risiko yang mungkin kamu hadapi di masa mendatang. Pihak asuransi akan memberikan varianproduk untuk mengatur upayamu ini.

Produk asuransi kini juga bermacam-macam, yang umum misalnya asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi traveling, asuransi jiwa dan masih banyak lagi. Sekarang sudah bermunculan asuransi seperti asuransi untuk mereka yang hobi melakukan olahraga ekstrim, dan ada juga asuransi untuk kelancaran bisnis.

Berbagai Fungsi Asuransi yang Mungkin Tidak Kamu Sadari Sebelumnya

Fungsi asuransi pun sekarang jadi cukup banyak karena produknya pun sudah sangat banyak. Yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya dihindari jika kamu tidak memiliki kendaraan bermotor, tapi malah daftar di asuransi kendaraan bermotor, hasilnya pun tidak akan bisa kamu nikmati.

Asuransi yang sekarang bisa kamu ambil adalah asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi masa tua. Ketiga asuransi itu akan kamu rasakan manfaatnya ketika terjadi sesuatu secara mendadak. Namun, sebenarnya asuransi tidak hanya melindungi.

Banyak fungsi asuransi perlu kamu ketahui dan hal ini sesuai dengan jenis produk yang ditawarkannya. Inilah fungsi asuransi yang semuanya bermanfaat bagimu.

  • Mengurangi Risiko

Dalam kehidupan ini risiko adalah hal yang lumrah terjadi, tapi sebenarnya kita bisa berusaha untuk mengurangi risiko itu ada dengan mengandalkan asuransi. Tidak ada salahnya bersiap-siap untuk menjaga diri dari jauh hari, daripada nanti malah menyesal karena tidak melakukan apa-apa.

Di saat musibah itu kejadian, paling tidak kita tidak akan kebingungan lagi harus melakukan apa. Misalnya saja kita ambil contoh dari asuransi kendaraan bermotor. Ketika mobil yang kamu rusak karena terbawa arus banjir besar yang terjadi di kotamu, kamu pasti akan sedih melihat mobilmu hancur.

Yang perlu kamu ketahui, dengan asuransi kamu bisa mendapatkan mobil yang baru karena mobil tersebut sudah mendapatkan asuransi dan segala perbaikan dilakukan oleh asuransi. Atau yang mengganti kerugianmu itu dengan uang sehingga kamu bisa saja membeli mobil yang baru.

Poin ini bisa dikategorikan pula sebagai pengalihan risiko. Pengalihan risiko bukan berarti menghilangkan kemungkinan kerugian dari tertanggung atau nasabah asuransi, akan tetapi pengalihan risiko tersebut dimaksudkan untuk memberikan rasa tenang bagi nasabah terhadap kemungkinan-kemungkinan adanya peristiwa yang merugikan. Jika melihat imbalan yang akan didapatkan, mungkin nilai premi yang dibayarkan sangat sedikit ketimbang dengan risiko yang mungkin terjadi.

  • Investasi Masa Tua

Asuransi bisa dikatakan bisa menjadi investasi yang akan menguntungkan di kemudian hari. Jika kamu mendaftar di asuransi tertentu dan belum ada klaim asuransi tersebut, maka di waktu yang sudah menjadi batasnya, kamu bisa mengambil uang asuransi itu kembali.

Misalnya saja asuransi yang bisa diambil kembali nanti adalah BPJS Ketenagakerjaan. Uang tersebut tentunya bisa kamu gunakan untuk membuka bisnis, atau kegiatan lain yang membuatmu bahagia.

Asuransi bisa menjadi investasi yang menguntungkan, jadi meski tidak diklaim pun akan menguntungkan bagimu di kemudian hari. Jadi, jangan ragu memiliki asuransi yang kamu butuhkan.

  • Sarana Penghimpun Dana

Asuransi juga berfungsi untuk menghimpun dana dari nasabah atau pemegang polis. Dana yang terhimpun ketika nasabah membayar premi dapat digunakan dan dikembangkan oleh perusahaan asuransi melalui jalur investasi yang lebih menguntungkan. Karena tugas perusahaan asuransi salah satunya adalah menghimpun dana, maka investasi merupakan pilihan yang sering diambil agar uang yang terkumpul bisa lebih produktif.

Kegiatan investasi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dapat dilakukan di mana saja. Dan hasil dari investasi tersebut bisa juga digunakan sebagai strategi dalam menurunkan biaya premi. Toh nantinya premi tersebut juga akan digunakan bersama untuk menalangi risiko-risiko yang ditangguhkan oleh para pembayar premi atau nasabah.

  • Sarana Perencanaan Matang

Fungsi asuransi selanjutnya adalah kamu bisa merencanakan keinginan dengan cukup rapi. Tidak ada salahnya melakukan perencanaan matang. Hidup ini terkadang sering terjadi hal-hal yang di luar dugaan, jadi jangan ragu untuk melakukan perencanaan sejak awal.

Asuransi bisa membuat perencanaanmu jadi lebih matang dan jelas. Misalnya saja jika kamu sudah memiliki anak, kamu pun mendaftar untuk asuransi pendidikan yang berguna bagi anakmu kelak. Sebagai orangtua pastinya kamu ingin anakmu mendapatkan pendidikan yang maksimal.

Kita tidak tahu sampai kapan akan kuat bekerja, jadi memiliki asuransi pendidikan cukup penting. Karena tabungan asuransi cukup banyak, kamu pun tidak perlu mengkhawatirkan pendidikan anakmu hingga jenjang pendidikan tinggi karena persiapannya sudah jelas.

  • Menyelamatkan Bisnis

Tidak hanya kesehatan, pendidikan, asuransi juga ada yang berupa asuransi untuk bisnis. Asuransi itu akan melindungi kamu ketika mengalami kebangkrutan sehingga kerugian yang kamu dapat bisa dicover. Bukan rahasia lagi jika dunia bisnis penuh dengan risiko yang tak bisa diprediksi karena itu fungsi asuransi sangat dirasakan.

Berbisnis memang hanya diperuntukkan bagi mereka yang berani berhadapan dengan risiko, dan terkadang risiko itu bisa terjadi kapan saja dan sulit dikontrol. Namun dengan memiliki asuransi bisnis, setidaknya kamu akan bisa bangkit kembali dengan modal yang sudah disimpan melalui akuntansi.

Setelah mengalami kegagalan, pastinya kamu tidak ingin terpuruk berlama-lama. Memiliki asuransi bisnis juga bisa membuatmu lebih berani dalam mengambil risiko untuk kemajuan bisnismu sendiri. Jadi, asuransi bisnis ini penting dimiliki olehmu yang serius menjalankan bisnis.

  • Menstabilkan Ekonomi Negara

Pembangunan ekonomi memerlukan dukungan investasi dalam jumlah memadai yang pelaksanaannya harus berdasarkan kemampuan sendiri. Oleh karena itu diperlukan usaha sungguh-sungguh untuk mengerahkan dana investasi, khususnya bersumber dari tabungan masyarakat.

Usaha perasuransian sebagai salah satu lembaga keuangan menjadi penting peranannya karena dari kegiatan usaha ini diharapkan dapat semakin meningkat lagi pengerahan dana masyarakat untuk pembiayaan pembangunan.

Keberadaan asuransi tidak hanya berpengaruh pada hidup seseorang, tapi juga kestabilan ekonomi negara dan pertumbuhan ekonomi. Sekarang banyak sektor bisnis dan infrastruktur negara diasuransikan karena sedia payung sebelum hujan termasuk penting.

Di sisi lain, asuransi juga menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi. Karena dengan adanya asuransi pihak-pihak yang berkepentingan bisa memfokuskan dirinya terhadap langkah pembangunan dan tidak mengkhawatirkan terhadap risiko-risiko dari peristiwa yang merugikan.

Dengan banyaknya premi yang ditampung oleh perusahaan asuransi, secara otomatis itu juga memberikan aliran uang yang lancar di berbagai sektor investasi. Di mana pada akhirnya investasi tersebut juga ditujukan untuk kepentingan masyarakat luas.

Dengan memiliki asuransi, kehidupanmu akan lebih terarah dengan baik, dan itu juga memengaruhi perekonomian Indonesia. Memilih asuransi yang pas dan tentunya memilih perusahaan asuransi yang sudah memiliki izin dari OJK, maka kamu bisa membuat hidupmu jadi lebih mudah. 

  • Membuat Hidup Lebih Tenang

Fungsi asuransi selanjutnya adalah dapat membuat hidupmu jadi lebih tenang. Ketika terkena musibah pastinya kamu akan sedih dan merasa kehilangan. Namun, rasa sedihmu itu bisa terobati karena kamu sudah mempersiapkan asuransi dari jauh hari.

Asuransi bisa menjadi penolong ketika kamu mengalami masa yang buruk. Berbeda dari orang lain yang mengharapkan bantuan pihak lain, kamu sudah menciptakan pengamanmu sendiri dengan adanya asuransi. Kamu tidak akan memusingkan apa yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan musibah karena kamu sudah tahu akan melakukan apa dengan asuransi yang sudah didaftarkan.

 Pada dasarnya, fungsi asuransi memang menjadi perlindungan diri. Namun dalam aplikasinya sendiri, banyak aspek ikut terdampak dan merasakan manfaatnya. Jadi, apakah kamu sudah memiliki asuransi yang kamu butuhkan?

Artikel Terkait