Asuransi & BPJS

Cara Mengambil Antrean BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Sumber: BPJS Ketenagakerjaan

Ajaib.co.id – Mengurus BPJS Ketenagakerjaan kini semakin mudah dilakukan. Jika dulu kamu harus melakukan antrean BPJS Ketenagakerjaan sejak pagi-pagi, kini kamu bisa mengurus BPJS Ketenagakerjaan secara online. Kepengurusan yang melibatkan BPJS Ketenagakerjaan seperti melakukan klaim, cek saldo, dan masih banyak yang lainnya, semua bisa dilakukan dengan sistem online.

Apalagi kepengurusan yang kamu lakukan mungkin tidak terlalu penting seperti melihat saldo. Pastinya kamu tidak perlu repot-repot berada di baris antrean BPJS Kesehatan semenjak pagi hari. Ada beberapa tahapan dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurus BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan kebutuhan secara online.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan seperti melakukan antrean BPJS Ketenagakerjaan secara online, melihat saldo, mendaftar keanggotaan hingga mengklaim, yuk simak penjelasan berikut ini.

Cara Daftar Antrean BPJS Ketenagakerjaan secara Online

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan terutama secara online. Berikut beberapa cara dan langkah yang bisa dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

Mengunjungi Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Langkah awal yang bisa dilakukan untuk mendaftar secara online adalah dengan mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Nantinya kamu diharuskan untuk mendaftar antrean BPJS Ketenagakerjaan terlebih dulu.

Mengisi Data Diri

Masih berada di situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, kamu akan diminta untuk mengisi informasi dan data diri berupa:

  • NIK pada nomor e-KTP.
  • KPJ pada nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Nama lengkap sesuai dengan e-KTP.
  • Nomor ponsel.
  • Wilayah pelayanan yang terdekat dengan domisili atau tempat tinggal.
  • Pilih cabang pelayanan
  • Tanggal kedatangan
  • Jam kedatangan
  • Lalu klik simpan

Melakukan Konfirmasi

Setelah proses mengisi data diri selesai dilakukan, maka kamu diminta untuk menunggu konfirmasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan yang dikirim ke nomor ponsel. Pesan konfirmasi tersebut yang akan ditujukan kepada pihak dari BPJS Ketenagakerjaan melalui kantor cabang pelayanan. Dengan begitu, konfirmasi pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dapat diproses.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Daftar Online BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan kini menerapkan sistem antrean online untuk proses pendaftaran. Ini bertujuan untuk mengurai terjadinya antrean panjang. Selain itu, untuk mendapatkan nomor antrean dari pendaftaran secara online ini tidak serta-merta mudah dilakukan. Pasalnya, kamu akan bersaing dengan peserta lainnya yang juga mendaftar antrean BPJS Ketenagakerjaan secara online.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal berikut ini ketika kamu akan mendaftar antrean BPJS Ketenagakerjaan secara online:

Mengajukan Kedatangan Paling Pagi

Untuk menghindari kesulitan mengambil nomor antrean BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa memilih jam kedatangan paling pagi. Akan tetapi, kamu juga harus menyempatkan untuk datang sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Memastikan untuk Datang Minimal 30 Menit Sebelum Jam Kedatangan

Ada baiknya untuk datang lebih awal minimal 30 menit sebelum jam kedatangan. Pasalnya, jika terlambat sedikit saja maka nomor antrean BPJS Ketenagakerjaan yang sudah didaftarkan tidak akan berlaku sehingga kamu harus mengulang pendaftaran dan mendapatkan nomor antrean baru.

Memastikan Kelengkapan Data Diri

Ketika akan mendatangi kantor BPJS, pastinya kamu harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan isi data diri pada saat pendaftaran online. Jangan sampai pendaftaran harus terkendala karena dokumen yang tidak lengkap.

Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Bagi kamu yang belum memiliki BPJS Ketenagakerjaan dan ingin membuatnya, perhatikan beberapa hal sebelum melakukan pendaftaran. Hal ini karena keanggotaan dibagi menjadi empat jenis di antaranya yaitu:

  • Penerima Upah atau PU merupakan pekerja yang menerima upah, gaji, dan imbalan lainnya dari pemberi kerja.
  • Bukan Penerima Upah atau BPU merupakan pekerja yang menjalankan usaha ekonomi mandiri untuk mendapatkan penghasilan. 
  • Jasa Konstruksi merupakan pekerja yang menerima layanan jasa konsultansi pada perencanaan pekerjaan konstruksi dan pelaksanaan pekerjaan konstruksi. 
  • Pekerja migran merupakan WNI yang akan, sedang, dan telah bekerja dengan menerima upah dari pihak asing dan di luar wilayah Republik Indonesia.

Setelah mengetahui kategori mana, kamu bisa langsung mempersiapkan dokumen-dokumen yang menjadi syarat dan ketentuan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan seperti berikut ini:

Setelah mengetahui Anda masuk dalam kategori apa, hal selanjutnya yang mesti diperhatikan adalah persyaratan yang mesti Anda untuk mendapatkan kartu keanggotaan. Berikut adalah syarat dan ketentuan peserta BPJS Ketenagakerjaan:

  • Fotokopi beserta aslinya SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan.
  • Fotokopi beserta aslinya dari NPWP Perusahaan.
  • Fotokopi beserta aslinya dari Akta Perdagangan Perusahaan.
  • Fotokopi KTP setiap karyawan.
  • Fotokopi KK setiap karyawan.
  • Pas foto berwarna setiap karyawan dengan ukuran 2×3 sebanyak 1 Lembar.

Beberapa Produk BPJS Ketenagakerjaan

Tujuan dari pembuatan BPJS Ketenagakerjaan ini sebagai bentuk jaminan sosial dari pemerintah dalam melindungi setiap pekerja di Indonesia. Beberapa produk yang ada di dalam BPJS Ketenagakerjaan nantinya bisa dinikmati oleh setiap peserta. Berikut beberapa produk yang dimaksud:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja atau JKK merupakan perlindungan diri bagi setiap pekerja yang mengalami risiko kecelakaan kerja berdasarkan perjalanan pergi, pulang, perjalanan dinas, serta berada di tempat kerja.
  • Jaminan Kematian atau JKM merupakan manfaat yang diberikan berupa uang tunai bagi setiap ahli waris peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  • Jaminan Hari Tua atau JHT merupakan manfaat yang diberikan berupa uang tunai dengan besaran hasil akumulasi.
  • Jaminan Pensiun merupakan jaminan sosial yang diberikan bagi peserta ketika memasuki masa pensiun atau mengalami kecacatan saat bekerja.

Sedikit penjelasan mengenai cara daftar antrean BPJS Kesehatan, cara mendaftar BPJS secara online, hingga manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan cara bagi kamu untuk mendapatkan jaminan sosial untuk kebutuhan di masa mendatang. Jika kamu belum memiliki BPJS Ketenagakerjaan, ada baiknya untuk segera membuatnya.

Selain BPJS Ketenagakerjaan, kamu juga bisa membuat perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang atau bisa sebagai jaminan untuk hari tua dengan cara berinvestasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah investasi reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana semakin mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi di instrumen reksa dana. Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa menemukan jenis reksa dana yang cocok dengan kebutuhan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, dan jenis reksa dana lainnya.

Kini, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang dengan berinvestasi reksa dana melalui aplikasi Ajaib. Mulai dari biaya membuka usaha, biaya pernikahan, biaya membeli rumah, dan biaya kebutuhan lainnya. jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan mulai berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait